Alat Musik Bali Ceng Ceng Cara Memainkan dan Penjelasanya

Alat Musik Bali Ceng Ceng - Beragam macam jenis alat musik indonesia yang berasal dari pulau dewata. Salah satunya adalah instrumen ini yang dimana cara memainkanya itu cuku dengan membenturkan kedua bilahan ceng ceng sehingga menghasilkan suara. Dengan mengikuti nada lain menjadikanya sebagai pelengkap alat laianya dalam perpaduan irama.

Alat musik ceng ceng ini sangat mudah dimainkan, oleh karena itu siapapun bisa menggunakanya baik itu anak anak ataupun dewasa dan orang tua. Ceng Ceng terbuat dari logam yang di bentuk lonjong sedikit bulat dan menonjol keatas. Ada yang menonjol dan ada juga lubang didalamnya, karena itu ceng ceng menghasilkan suara khasnya. Bisa dikatakan nada yang dihasilkan itu berbunyi seperti ceng ceng.

Alat Musik Bali Ceng Ceng

Mengenal lebih jauh Alat Musik Bali Ceng Ceng

Dalam pagelaran musik tradisional bali yang sering diadakan ceng ceng selalu hadir menjadi pelengkapnya. Tanpa alat musik ceng ceng ini terasa ada yang kurang dalam satuan nadanya. Bagi sobat yang pernah kebali tentu kalian sering mendengar bunyi ceng ceng ini pada saat jalan jalan. Menemukan pagelaran musik bali dala acara tertentu sangat mudah sekali kita dapatkan.

Sama seperti halnya kecrekan yang seolah olah memainkanya itu sangat mudah. Memang mudah memainkan tinggal bentur benturin saja keduanya. Menyelarasakan nada dan mengikuti alunan instrumen musik lainya itu yang cukup sulit. Jika salah memainkanya maka akan terdengar rancu karena tidak pas dengan iringan alat musik bali lainya.

Cara Memainkan Alat musik bali Ceng ceng

Cara atau metode memainkanya ya bisa dibilang sangat gampang sekali, meskipun seperti itu ceng ceng mempunyai tipe lainya contohnya yang bernama kopyak dalam memainkanya ada istilah istilah seperti cek besik dan cek lima. Coba deh sobat dengerin alat musik bali secara lengkap jika tidak ada ceng ceng mungkin terasa hampa. Bunyi ceng ceng dapat meraimakan suasna supaya lebih asik lagi.
setelah cek besik dan cek lima cara selanjutnya adalah
+ nah sob di ceng cengkan ada tali tuh sebelum kita memainkanya ikatkan dulu atau selipkan di jari jari tangan sobat agar pas tidak mudah lepas.
+ Kemudian adukan deh keduanya dengan tangan. Perlu diperhatikan jangan terlalu keras mengadunya, kamu harus bisa mengatur tenaga dan temponya.

Jika Belum terbayang ceng ceng itu bentuknya kayak gimana maka sobat tinggal memainkan video yang di atas tadi.

Fungsi Ceng ceng

Instrumen unik ini ada beberapa faktor kenapa dia harus selalu ada dalam pagelaran musik bali. Setiap acara musik tradisional maka kita akan selalu melihatnya. Karena fungsi dari ceng ceng ini sangat vital sekali diantaranya adalah

  1. Pelengkap alat musik lainya
  2. Mempunyai nada dan irma yang khas
  3. Menambah nada baru
  4. meraimakan suasana karena bunyinya yang cempreng
  5. Bagian dari budaya bali

Nah itu dia sob beberapa fungsinya dalam acara pentas kebudayaan. Terlepas itu semua tugas kita sebagai anak bangsa indonesia wajib melestarikan budaya leluhur yang positif. Sehingga instrument musik bali khususnya ceng ceng ini bisa dikenal oleh keturunan kita nantinya.

Terimakasih sob telah mampir dan membaca mengenai Alat Musik Bali Ceng Ceng. Mudah mudahan informasi yang didapat bisa membuka dan menambah wawasan kebudayaan indoneisa. Menjadi lebih kenal dengan negara kita sendiri, jika sudah kenal dengan indonesia maka kita akan sayang terhadap negera ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *