Alat Musik Bali Rindik Penjelasan lengkap dan Cara memainkanya

Alat Musik Bali Rindik – Memiliki sebuah kebuayaan yang banyak, beragam dan unik itula indonesia. Salah satunya alat musik tradisional nusantara yang berasal dari bali , ialah rindik. Warisan budaya ini harus tetap jaga agar konsistensi nya dapat dirasakan dan dilihat oleh keturunan kita nanti. Dalam pentas seni tentu rindik ini memiliki peranan yang cukup penting dalam nada irama yang di mainkan. Memainkannya agak sedikit susah banyak indikasi didalamnya.

Seperti kebanyakan instrumen Bali lainnya, rindik disetel berpasangan, yang satu disetel sedikit lebih tinggi dari yang lainnya. Inilah yang menghasilkan suara nada yang khas khas. Sebuah rindik dimainkan dengan dua atau tiga pemukul, satu dipegang di tangan kiri dan satu lagi d tangani kanan. Biasanya, tangan kiri membawa melodi dan tangan kanan memainkan pola yang menciptakan konfigurasi yang saling terkait antara dua bagian . Meskipun mungkin terlihat mudah, bermain rindik juga harus memiliki keterampilan yang mahir mungkin perlu membutuhkan bertahun-tahun untuk belajar.

Alat Musik bali rindik

Mengenal Alat Musik Bali Rindik

Ratusan komposisi telah disusun di dalamnya untuk rindik dari setiap daerah bahkan setiap desa di Bali. mengungkapkan gaya dan repertoar yang berbeda. Bahan utama pembuatannya adalah bambu yang disusun dan di potong sesuai dengan ukuran yang di butuhkan. Kenapa rindik bisa menghasilkan nada yang berbeda, yap karena potongan bambu dan susunanya berbeda beda. Hampir sama seperti angklung tapi memang agak sedikit berbeda.

Ratusan komposisi telah disusun di dalamnya untuk rindik dari setiap daerah bahkan setiap desa di Bali. mengungkapkan gaya dan repertoar yang berbeda. Bahan utama pembuatannya adalah bambu yang disusun dan di potong sesuai dengan ukuran yang di butuhkan. Kenapa rindik bisa menghasilkan nada yang berbeda, yap karena potongan bambu dan susunanya berbeda beda. Hampir sama seperti angklung tapi memang agak sedikit berbeda. Potongan bambu hingga 13 buah ini memiliki nada yang berbeda. Bambu yang besar akan menghasilkan nada yang rendah sedangkan bambu yang kecil itu akan mengeluarkan nada tinggi. Jadi Nada tersebut berbeda beda dari ke 13 bambu rindik.
ada istilah dari irama yang dikeluarkan dengan sebutan laras slendro dan pentatonic artinya memilki 5 nada utama. Cara memainkanya rindik dengan cara dipukul oleh kedua buah alat yang terbuat dari karet dengan ukuran berbeda. Di tangan kiri dipegang pemukul yang besar sedangkan dikanan pemukul kecil lalu di pukul bergantian ke rindik.

Pekembangan Alat Musik Bali Rindik

Alat Musik Bali dari zaman ke zaman pulau dewata masyarakatnya senantiasa menjaga kelestarian nya hingga pada saat ini masih terjaga dengan baik. Itu merupakan suatu hal yang sangat bagus, pagelaran musik baik itu di lokal indonesia maupun di luar negeri sering di adakan, dan ini merupakan perkembangan yang pesat untuk bangsa. Mungkin dulu para pemain rindik tradisional agak sedikit di remehkan dan di bedakan dengan pemain alat musik modern. Tapi pada saat ini kedudukan pemain rindik sudah lebih maju bahkan sama rata dengan pemain modern.

Misalkan dari segi bayaran dalam sebuah pementasan besar, mereka menerima uang yang cukup besar dan sama dengan pemain alat musik lanya. Tingkat kesusahan rindik jika kita tidak tahu itu sangat rumit sekali, bahkan perlu bertahun tahun untuk mendalaminya, jadi so jangan meremehkan pemain tradisonal.

Fungsi Alat musik rindik

Rindik merupakan alat musik yang terkenal, fungsinya dalam konser tradisonal khusus bali itu sangat vital sekali. Karena lakon utama atau pemeran utamnya adalah rindik ini. biasanya sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat dalam berbagai acar, seperti pernikahan, upacara adat, wisata, dan banyak lainya.

Demikian postingan kali ini mengenai Alat Musik Bali Rindik mudah mudah menjadi tambahan wawasan pengetahuan kalian.