Alat Musik Tradisional Bali Yang Mendunia dan Ngetrend

Alat Musik Tradisional Bali Yang Mendunia dan Ngetrend. Pulau dewata adalah salah satu kebanggaan indonesia karena berkat tempat wisata inilah dunia mengenal kita. Kita tahu siap sih yang tidak mengenal pulau bali ini. Bahkan ketika orang bule di tanya ” Apakah kamu tahu indonesia? ”  Sebagian orang bule itu tidak mengetahui. Tapi ketika di tanya ” Apakah kamu tahu bali? ” pasti jawabanya ya. Dari sanalah banyak yang mengenal negera kita indonesia.

Turis Mancanegara mereka berdatangan untuk liburan dan menikmati keindahan bali terutama pantainya. Tapi banyak juga turis yang ingin dan tertarik mempelajari budayanya. Contohnya tarian bali, makanan khas bali, kerajinan khas dan juga alat musik Tradisional bali. Sebelum membahas lebih lanjut perlu di ketahui tujuan para travelers datang ke bali diantaranya adalah :
Tujuan Turis datang ke bali

  • Berwisata / liburan
  • Berbisnis
  • Mengumpulkan barang antik Colector
  • Berburu Cindramata
  • Pertukaran pelajar
  • Mempelajari budaya
  • Mempelajari alat musik  bali

Nah itu dia sob saya kira orang luar datang ke kita.

Daftar 8 Alat Musik Tradisional Bali

Sebetulnya lebih dari sepuluh namun yang paling terkenal dan banyak diminati adalah ini. Banyak sekali orang orang kita memperkenalkanya hingga para touris menjadi tertarik dan ingin mendalami salah satu budaya nenek moyang bali terdahulu lewat instrument tradisional.

  1. Seruling
  2. Cengceng
  3. Rindik
  4. Gerantang
  5. Kendang
  6. Pereret
  7. Genggong
  8. Gamelan
  9. Saronen
  10. Tong-Tong

Penjelasan 8 Alat Musik Tradisional Bali

Berikut ini adalah penjelasan ke 10 alat musik mudah mudahan pengetahuan dan wawasan kalian mengenai indonesia khususnya bali bertambah. Cinta tanah air cinta budaya dan tradisi.

  • Seruling

    Setiap daerah di indonesia pasti memiliki seruling sebagai musik tradisionalnya. Perbedaanya dengan yang di bali adalah dari segi bentuk nya aja. Terbuat dari bambu dan memiliki 6 lubang suara untuk pengaturan nada.Untuk membuat nya menggunakan bahan dari bambu kuningan agar hasil nya maksimal. Diameter panjang ukuranya sekitar 33 – 40 cm. Memainkanya dengan cara di tiup dengan mengatur nada dari lubang serulingnya. Tentu dalam memainkanya harus memiliki pernafasan yang bagus.
    Alat musik tradisional bali seruling

  • Cengceng

    merupakan alat musik tradisional bali yang sangat penting sekali. Dalam suatu pagelaran adat musik cengceng ini selalu menjadi primadona dan dimainkan karena satu set dengan gamelan. Dalam musik modern mungkin disebut kecrek yang memiliki fungsi sama. 2 kepingan cengceng yang mirip dengan tempurung kura kura ini terbuat dari tembaga. Untuk hiasan luarnya biasa memakai seperti tali talian yang rumbai. Memainkanya terbilang mudah kita hanya menempakan cengceng di tangan kanan dan kiri lalu di pukulkan. Meskipun mudah tapi harus sesuai iringan nada yang lain dan masuk nadanya itu pas.
    Alat musik tradisional bali cengceng

  • Rindik

    mirip sekali dengan angklung karena terbuat bambu yang di jejerkan. Jika angklung dimainkan denga cara di goyang goyang hingga menghasilkan bunyi dan di pegang dengan tangan sambil berdiri. Sedangkan rindik itu bambu di letakkan terlentang di bawah dan disusun. Kemudian di pukul oleh alat khusus sehingga mengeluarkan nada nada salendro. Tiap bambu memiliki nada yang berbeda sehingga akan mengeluarkan lantunan suara yang khas dan berirama.
    Alat musik tradisional bali rindik

  • Gerantang

    hampir mirip dengan rindik bahkan jika di lihat sekilas dari kejauhan sama. Perbedaanya adalah pada bambu, jika rindik menggunakan bambu utuh yang bulat namun gerantang bambu nya itu di belah sehingga menjadi lempengan. Lempengan lempengan bambu inilah yang disusun rapi dengan masing masing berukuran berbeda. Ukuran berbeda berfungsi untuk menghasilkan nada yang berbeda pula. Cara memainkan nya sama dengan rindik di pukul dengan alat khusus.

    Alat musik tradisional bali gerantang

  • Kendang

    atau gendang kalau di jawa namanya sih gendang. Tapi entah mana yang bener ya penamaan itu kendang atau gendang. Ini merupakan bagian alat musik indonesia yang dimana rata rata di wilayah indonesia itu memilikinya. Bahkan salah satu musik tradisional yang paling exis dan sering digunakan. Dangdut tanpa kendang dan gendang bukan dangdut namanya. Jadi pada zaman modern ini kendang masih bertahan bahkan tidak punah. Terbuat dari kayu bambu yang di gambungkan membentuk lonjong dengan dua lubang yang besar dan kecil. Kemudian di tambahkan dengan kulit sapi, kerbau, domba atau kulit lainya. Cara memainkan di pukul pukul kedua bagian lubang kendang yang sudah dilapisi kulit. Kalau sudah di bunyikan dug tak dug tak rasanya ingin bergoyang.

    Alat musik tradisional bali kendang

  • Pereret

    Terbuat dari kayu yang di bentuk mirip dengan terompet dan seruling. Termasuk kepada jenis alat musik zaman dahulu atau kuno. Pusat pengrajinan atau pembuatannya berasal dari daerah jembrana di bali. Daerah tersebut merupakan centra pereret yang banyak sekali dicari oleh turis lokal maupun luar negeri. Cara memainkanya sama dengan terompet dan suling yaitu dengan di tiup. Peret ini sangat khas sekali dan unik, maka dari itu setiap pementasan seni budaya bali pereret ini selalu dimainkan.
    Alat musik tradisional bali pereret

  • Genggong

    Genggong merupakan warisan budaya indonesia khususnya daerah bali. Genggong memiliki suara sangat unik sekali dan khas banget. Bentuknya sangat sederhana sekali terbuat dari bahan kayu yang di bentuk persegi panjang yang tengahnya itu di iris hingga sedikit berlupang. Di bagian ujung depat dilubangi untuk kail alat membunyikanya. cara memainkan yaitu dengan di letakan di mulut tapi tidak di tiup. Sobat cukup gerakkan tali yang di ulur ke kiri, kanan, depan hingga bunyinya menyerupai katak. Sangat unik sekali dan legendaris.
    Alat musik tradisional bali genggong

  • Gamelan

    Kalo dalam pengucapan orang bali yaitu gambelan yang merupakan perwakilan ansambel dari beberapa alat instrumental bali. Terkait gamelan ini bahan pembuatnya dari beberapa macam bahan utama. Tapi yang paling lumrah yaitu dari perunggu yang dirakit oleh krawang yaitu seseorang ahli perunggu. Banyak juga gamelan yang terbuat dari bambu dan gamelan slonding. Nah slonding ini termasuk yang susah dicari dan langka sekali. Untuk mengenal lebih jauh lagi saya bahas nanti secara khusus.
    Alat musik tradisional bali gamelan

Nah itu di sob mengenai Alat Musik  Bali mudah mudahan wawasan kalian tentang budaya indonesia khususnya bali menjadi bertambah. Semua instrument musik bali biasa di pentaskan dalam pagelaran khusus atau acara acara budaya lainya. Namun untuk mengetahui nya kalian cukup datang ke bali karena banyak sekali disana setiap harinya pagelaran yang di selenggarakan.

Lestarikan Budaya Bali Indonesia

Sedikit kita selayang pandang mengenai budaya indonesia khususnya bali. Bali di mata dunia merupakan tempat yang sangat indah dan lokasi yang paling ingin di kunjungi oleh turis luar negeri. Rata rata orang luar itu kenal bali tapi tidak tahu indonesia. Oleh karena itu buruknya bali di mata internasional buruk juga indonesia di mata internasional. Oleh karena itu kita sebagai penerus bangsa harus melestarikan budaya sendiri agar tidak tergerus oleh budaya negara lain baik barat, timur atau lainya.

Budaya yang positif di pertahankan akan memperkuat bangsa ini, budaya asing masuk dan menggantikan budaya kita sendiri itu sangat berbahasa sekali. Baik secara norma norma adat budaya kita maupun secara agama tidak sesuai dengan tradisi kita. Hingga jadinya masyarakat kita lebih ingin bergaya menjadi orang barat dari pada bergaya budaya sendiri.

Terimakasih sobat sudah mengunjungi website ini dan artikelnya. Ada banyak sekali yang ingin penulis bahas khusunya mengenai bali dan budayanya. Muda mudahan nanti bisa melengkapi informasi yang belum lengkap. Saya mohon untuk kritik dan saran dari sobat semuanya agar penulisa dapat menjadi lebih baik dalam memberikan informasinya. Jika kalian ingin mengkrtik dan mengusulkan sesuatu bisa langsung hubungi kontak website ini. Saya berharap sangat kritikan sobat karena ini bisa membangun website ini menjadi berkualitas.

Budaya asing dimata kita itu keren dan modern banget tapi budaya kita sangat jadul dan primitif. Nah kita jangan sampai memiliki anggapan seperti itu. Karena budaya tidak terikat oleh waktu, jadul maupun modern. Budaya adalah norma norma dan kebiasaan masyarkat yang postif perlu di lestarikan. Termasuk Alat Musik Tradisional Bali. 

Tags: