Aturan Diet DEBM Bikin Cepat Kurus Tapi Boleh Makan Lemak

Aturan Diet DEBM - Penyakit degeneratif seperti obesitas sudah semakin marak terjadi. Pola hidup yang kurang sehat menyebabkan faktor risiko penyakit semakin meningkat. Penyakit kronis akibat degeneratif seperti kantung empedu, penyakit jantung hingga kelainan reproduktif juga sulit untuk dihindari. Salah upaya untuk menanganinya ialah dengan membiasakan pola hidup sehat termasuk pola makan yang baik.

Aturan Diet DEBM

DEBM, kependekan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan merupakan salah satu jenis diet yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan karena dianggap bisa menurunkan berat badan dengan hidangan yang enak. Cara diet yang cukup unik menjadikan DEBM semakin mengudara. Sebagai pemula, Anda juga bisa mencoba dengan melakukan beberapa aturan diet DEBM yang ada.

7Aturan Diet DEBMyang Perlu Diterapkan

Diet DEBM ini adalah program yang dimana ketika sedang menjalaninya, maka harus benar benar sesuai dengan aturan yang berlaku. Terjadi masalah dalam diet ini itu karena mungkin melanggar aturan dietnya. Oleh karena itu jangan sampai kita terkena Efek Samping diet DEBM yang salah. Ini dia aturan yang harus dipatuhi ketika kalian melakukan diet ini diantaranya adalah :

  1. Asupan Rendah Karbohidrat

Prinsip sebenarnya dari diet DEBM ialah diet yang rendah karbohidrat serta tinggi lemak. Pada dasarnya, diet yang rendah karbohidrat memang dinilai efektif untuk menurunkan berat badan yang berlebih, terutama pada beberapa orang yang menderita penyakit degeneratif obesitas. Karbohidrat dianggap sebagai penyebab utama dalam kenaikan berat badan hingga berlebih.

Mengkonsumsi karbohidrat sudah menjadi kebiasaan. Bahkan ada slogan “Belum makan kalau belum makan nasi”. Pola pikir demikian perlu dibuang jauh-jauh ketika menjalani diet DEBM. Jika sudah merasa lapar, maka sebaiknya segera memberi tubuh asupan berupa protein dan lemak.

Beberapa contoh makanan berkarbohidrat yang perlu dihindari untuk memenuhi aturan diet DEBM ialah nasi, segala macam jenis mie baik mie instan maupun mie dalam bentuk olahan, segala jenis tepung-tepungan, umbi-umbian, kentang, roti gandum, pasta, totilla, kue beras, dan beberapa makanan turunan dari bahan-bahan tersebut.

Contoh menu diet debm beberapa jenis buah juga tidak dianjurkan untuk di konsumsi ketika sedang menjalani diet ini. Buah-buah tersebut meliputi mangga, pisang, pepaya, semangka, melon dan lain sebagainya. Terkecuali, alpukat yang diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Beberapa jenis sayur yang mengandung karbohidrat atau lebih dikenal serat dalam sayuran diperbolehkan untuk dikonsumsi. Sayuran tersebut di antaranya adalah buncis, wortel, rebung, jenis sayuran daun, tomat, asparagus, brokoli, dan juga lobak.

  1. Tinggi Lemak dan Protein

Dalam aturan diet DEBM, dianjurkan untuk membiasakan pola makan dengan makanan yang tinggi akan lemak dan protein. Lemak dan protein dijadikan sebagai pengganti karbohidrat dalam penggunaan energi di kehidupan sehari-hari. Pembentukan hormon akan mengalami gangguan jika tubuh hanya mengonsumi buah dan sayur tanpa adanya asupan pembentuk energi lain.

Namun, beberapa sumber yang telah melakukan penelitian berhasil membuktikan bahwa asupan makanan yang berasal dari protein hewani serta penggunaan minyak yang terlampau banyak dalam sehari dapat meningkatkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein) atau lemak jahat dalam darah.

Karena itu, dalam melakukan diet enak bahagia dan menyenangkan juga perlu memperhatikan komposisi dan asal dari protein serta lemak yang akan dikonsumsi. Misalnya dengan menyeimbangkan konsumsi jenis protein. Penggunaan minyak juga sebaiknya tidak lebih dari 5 porsi dalam satu hari.

  1. Membatasi Makanan Mengandung Gula

Bagi diet debm pemula harus tahu tentang asupan gula pada tubuh. Gula merupakan salah satu komponen karbohidrat. Gula dapat berupa glukosa, fruktosa, hingga sukrosa yang kesemuanya merupakan komponen sederhana dari karbohidrat. Gula tidak lepas dari kehidupan sehari-hari seperti ketika membuat kopi dan teh, untuk memberikan rasa manis maka akan dibubuhkan gula. Penggunaan kecap dan gula saat memasak juga tidak dianjurkan.

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa jika terlalu sering mengonsumi makanan yang mengandung gula maka akan bisa memicu kegemukan. Kandungan gula dapat membuat sel dalam otak menjadi lebih aktif dan terangsang untuk memicu makan yang berlebih. Dengan demikian, maka otak akan memicu untuk makan terus menerus hingga menjadi gendut.

Hormon leptin dalam tubuh akan dihambat oleh adanya gula yang berlebih di mana hormon tersebut memiliki fungsi untuk memberikan sinyal bahwa tubuh sudah merasa kenyang. Karena itu, jangan heran jika Anda akan merasa terus lapar. Gula juga dinilai sebagai kalori yang hanya bersifat kosong.

Selain itu, gula juga memiliki sifat adiktif. Konsumsi gula yang berlebih dapat meningkatkan aktivitas hormon dopamine yang berfungsi memberikan perasaan senang dalam otak (memiliki mekanisme yang sama dengan orang yang kecanduan kokain dan nikotin). Efek tersebut akan menyebabkan makan menjadi berlebih hingga berat badan juga berlebih.

  1. Membiasakan Sarapan

Membiasakan sarapan merupakan salah satu aturan diet DEBM. Dengan melakukan sarapan maka Anda bisa memenuhi kebutuhan energi untuk mengawali hari dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan demikian, makan siang akan menjadi terkontrol dan secukupnya. Yang paling penting lagi ialah tidak ngemil berbagai macam makanan mengandung gula.

Jika Anda terbiasa sarapan menggunakan nasi putih, mie, atau buah maka bisa diganti dengan beberapa jenis sayur seperti buncis dan wortel. Sebagai pemula mungkin akan terasa lebih sulit. Tahapan ini bisa dilakukan secara bertahap mulai dari mengganti separuh porsi nasi dengan buncis. Sarapan dilakukan maksimal 1 jam setelah bangun.

Biasanya sudah terperogram dengan cara menu diet debm seminggu dan beberapa cara untuk membiasakan sarapan tanpa karbohidrat bagi pemula ialah dengan mengganti makanan pokok nasi menggunakan nasi merah atau juga bisa ubi. Pergantian dilakukan secara bertahap hingga berhasil mengganti nasi dan ubi menjadi buncis dan wortel serta beberapa protein hewani seperti telur, keju, dan susu.

  1. Membiasakan Minum Air Putih

Sudah bukan hal asing lagi jika meminum air putih merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Air putih dinilai dapat membantu dalam meningkatkan proses metabolisme serta menekan nafsu makan karena sudah merasa kenyang. Idealnya air putih yang perlu dikonsumsi dalam sehari ialah sebanyak 8 hingga 10 gelas.

Dalam aturan diet DEBM dianjurkan untuk meminum 3 gelas air ketika lapar pada pagi hari, 3 gelas air saat lapar pada siang hari dan juga 3 hingga 4 gelas air saat lapar pada malam hari (bagian ini merupakan yang terpenting karena tubuh seringkali merasa lapar pada malam hari).

  1. Syarat Memasak

Memasak dengan resep menu diet DEBM juga memerlukan beberapa cara hingga memenuhi syarat memasak yang sesuai. Yang pertama ialah tidak boleh memakai gula ketika memasak namun diperbolehkan untuk memakai garam sebagai penyedap rasa. Minyak yang dianjurkan untuk memasak ialah minyak kelapa.

Menu masakan juga tidak luput dari protein serta beberapa menu sayuran untuk melengkapi seperti telur, keju, tomat, dan buncis. Tujuan dari kombinasi masakan ini adalah untuk membuat tubuh merasakan kenyang lebih lama.

  1. Olahraga Secara Rutin

Agar terhindar dari bahaya diet debm selain pola makan yang baik, olahraga secara rutin juga merupakan bagian dari pola hidup sehat. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jasmani, berolahraga juga dinilai dapat memberikan manfaat untuk kesehatan rohani, terlebih jika dilakukan di pagi hari.

Beberapa olahraga yang bisa dilakukan ialah dengan memilih olahraga ringan terlebih dahulu atau juga bisa olahraga dengan tujuan mengencangkan otot perut seperti sit up, russian twist dan olahraga ringan lainnya yang secara bertahap akan menjadi kebiasaan.

Beberapa aturan diet DEBM di atas dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan menggunakan cara diet yang kini sedang digemari karena unik dan tetap bisa makan enak. Selamat mencoba!.

Sekian Pembahasan mengenai aturan diet DEBM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *