Backhand Tenis Meja (Penjelasan & Teknik Menggunakanya)

Backhand Tenis Meja

Backhand Tenis Meja adalah salah satu teknik memukul yang paling banyak digunakan oleh atlet profesional dan cara mengejutkan untuk mendapatkan poin. Teknik ini memang sangat ampuh sekali karena lawan akan susah memprediksi datangnya bola.

Pukulan backhand yaitu tepakan di mana pada saat memukul bola letak tapak tangan yg memegang bet menghadap ke belakang atau posisi punggung tangan yg memegang bet mengahadap ke depan. Dgn gambaran tersebut hendaknya pemain telah mampu membedakan jarak pukulan forehand dan backhand. Contohnya orang yg memukul dgn tangan kanan dan memakai shakehand grip dapat memukul bola dgn tepakan backhand seandainya bola berada di sebelah kirinya dan dapat melakukan forehand jikalau bola berada di sebelah kanannya.

Teknik Backhand Tenis Meja

Orang yg memegang bet dgn tangan kiri (kidal) dapat memukul bola dgn pukulan forehand apabila bola yg dipukul tersebut berada di sebelah kirinya dan akan menepak bola dengan pukulan bakchand bila bola yg dipukul berada di sebelah kanannya. Untuk melakukan tepakan dgn dorongan backhand sikap badan dan ke-2 kaki berdiri setara dgn meja, tungkai kanan berada di depan. Berikut ini penjelasan backhand dari harianriez:

1. Posisi Tangan Backhand Tenis Meja

Sikap pertama gerakan tangan yakni tangan tak terlalu lurus ke bawah tengah tak mengarah horizontal ke depan, tetapi menyerong. tangan bawah membentuk sudut kecil dgn tangan atas, letak bet terbuka selagi melakukan pukulan.

Jelas refleks merupakan komponen utama dalam mendukung pergerakan posisi tangan. Jadi kalian harus mampu membaca arah bola kemana dia akan jatuh. Posisi bola saat jatuh tersebut apakah di sebalah kiri atau kanan keputusan dalam memukulanya bisa dengan cara backhand dan tergantung pemaian menggunakan betnya. Apakah dengan tangan kiri atau dengan tangan kanan.

2. Pukulan Backhand

Gerakan memukul dilakukan dari belakang ke depan dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah dgn tangan direntangkan. Buat melakukan gerakan tepakan ini perhatian dipusatkan terutama buat tangan bawah. Teknik tersebut dilakukan buat orang yang memegang bet dengan tangan kanan. Untuk kidal berarti kebalikanya, pergerakan tersebut akan terasah jika sering bermain tenis meja. Dengan melihat sekilas saja kita sudah bisa menentukan caranya, karena itu merupakan gerakan alami seseorang. Hanya perlu membiasakan agar kecepatan tangana meningkat dan mampu melakukan backhand dengan baik.

3. Setelah Melakukan Backhand

Langkah akhir gerakan tangan ialah, sesudah bet mengenai bola, gerakn diteruskan dengan cara rileks maka bet atau racket berada di depan badan. Perkenaan bet dgn bola ini tergantung kepada kecekatan permainan yg dilakukan. Bola yg datangnya pelan dipukul disaat mencapai titik paling tinggi, sekalipun bila datangnya bola cepat dipukul sebelum menjangkau titik tertinggi.

Posisi tangan ini sangat penting sekali, apabila lawan berhasil membalas kembali pukulan kita maka kita harus bersiap siap lagi. Ketika melakukan backhand setelahnya pergerakan lengan dan tangan harus berada cepat di depan badan. Jika tidak dilakukanya maka rata rata pemain tidak mampu mengembalikan bola disaat kecepatan dari lawan bertambah.

Teknik backhand ini bisa dibilang merupakan hal dasar dalam bermain pingpong, jadi penerimaan bola tidak mesti dengan forehand terus atau cara biasa. Keputusan tindakan yang cepat dalam menentukan apakah forehand atau backhand akan menentukan tindakan selanjutnya. Jangan sampai bola ke arah kanan di balas dengan pukulan backhand bagi penggguna bet kanan sebaliknya dengan kidal.

Cukup sekian terimakasih mengenai pembahasan kali ini tentang Backhand Tenis Meja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *