Bahaya Diet DEBM ( Waspadai Efek Samping Untuk Kesehatan )

Bahaya diet DEBM merupakan salah satu hal yang menakutkan. Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang rela diet ekstra demi mendapatkan berat badan yang ideal. Berat badan ideal bukan hanya menambah percaya diri. Lebih dari itu, berat badan yang ideal akan membuat tubuh tetap sehat nantinya.

Bahaya Diet DEBM

Salah satu cara yang banyak dilakukan untuk menurunkan berat badan yaitu dengan melakukan diet. Metode dietnya ternyata juga banyak. Akhir-akhir ini sedang ngetren yang namanya diet DEBM. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk melakukannya, perlu diwaspadai terlebih dahulu mengenai bahayanya. Berikut bahaya diet  diet DEBM yang perlu diwaspadai.

Bahaya Diet DEBMyang Perlu Diwaspadai

Karbohidrat adalah salah satu jenis kebutuhan utama yang diperlukan oleh tubuh. Dengan asupan karbohidrat yang cukup, maka seseorang bisa melakukan beragam aktivitas di kehidupan sehari-hari. Selain itu, jika diimbangi dengan asupan vitamin, mineral serta beberapa serta lainnya maka akan semakin membuat tubuh semakin sehat.

Akan tetapi, jika Anda memutuskan untuk menerapkan metode diet ini, jangan lupa juga untuk memperhatikan bahaya diet DEBM berikut ini.

  1. Mudah Merasa Pusing Serta Lelah

Karbohidrat merupakan sumber utama yang diperlukan oleh tubuh. Sebagai sumber utama, maka karbohidrat memiliki peranan penting dalam melancarkan metabolisme di dalam tubuh.

Akan tetapi, ketika asupannya berkurang, maka Anda bisa merasa pusing serta mudah kelelahan. Untuk itu, sebaiknya Anda tetap mencukupi kebutuhan energi yang ada di dalam tubuh. Sebaiknya, Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat tinggi. Makanan yang kaya akan serat ini bisa membuat tubuh tetap sehat.

  1. Menjadikan Daya Ingat Menurun

Ketika jumlah porsi makanan yang kaya akan karbohirat tinggi berkurang, maka bisa membuat daya ingat menurun. Hal tersebut dikarenakan karbohidrat merupakan salah satu hal penting yang mampu membuat kinerja otak selalu baik.

Ketika perut kenyang dengan karbohidrat dan beberapa nutrisi lain, tentu kita juga akan semakin fokus. Akan tetapi, Anda masih bisa menerapkan diet DEBM ini dan mengetahui bahayanya.

Untuk mengurangi bahayanya, maka bisa diimbangi dengan konsumsi air putih dalam jumlah cukup untuk setiap harinya. Jumlah asupan air yang cukup akan menjadikan Anda tetap fokus.

  1. Bisa Menimbulkan Bau Mulut

Diet tanpa karbohidrat merupakan jenis diet yang sama sekali tidak memasukkan jumlah karbohidrat dalam makanan. Hal tersebut dikarenakan karbohidrat dipercaya bisa membuat berat badan tubuh semakin naik.

Akan tetapi, perlu sekali untuk digarisbawahi, jika karbohidrat adalah salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh. Dengan demikian, maka akan memberikan dampak bagi tubuh seperti bau mulut.

Efek Samping Diet DEBM Lainya

  1. Susah Untuk Buang Air Besar

Ketika jumlah asupan makanan yang kaya karbihudrat menurun, maka Anda juga kehilangan beberapa serta dan lainnya. Adapun hal yang bisa terjadi yaitu pencernaan akan sulit dalam mencerna makanan. Bahaya diet DEBM ini bisa membuat pencernaan sulit mencerna makanan. Sehingga akan susah  buang air besar.

Adapun hal yang harus Anda lakukan yaitu dengan membuat seimbang nutrisi yang masuk dalam tubuh. Selain itu, juga perbanyak konsumsi air putih.

  1. Membuat Fungsi Ginjal Terganggu

Kita semua sangat paham jika ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk menyerap racun yang masuk. Ginjal akan bekerja untuk mengeluarkan racun dalam tubuh melalui urine.

Ketika Anda menerapkan pola diet DEBM ini, Anda akan mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan jumlah protein. Protein juga memiliki fungsi sebagai  cadangan di dalam tubuh. Jadi, ketika Anda akan menerapkan pola diet tanpa karbohidrat ini maka Anda akan semakin menambah jumlah protein di dalam tubuh.

Adapun hal yang bisa terjadi yaitu ginjal akan bekerja semakin berat dibandingkan biasanya untuk mengolah jumlah protein yang berlebih tersebut.

  1. Bisa Menimbulkan Osteoporosis atau Pengeroposan Tulang

Penerapan diet tanpa karbohidrat secara terus menerus dapat membuat pengeroposan tulang. Hal tersebut dikarenakan Anda akan mengganti jumlah karbohidrat dengan protein. Dalam jangka waktu yang lama, maka akan terjadi penumpukan protein dalam tubuh. Penumpukan protein akan membuat tubuh mengeluarkan zat asam lebih banyak.

Zat asam inilah yang nantinya akan membuat tulang keluar serta menyebabkan kekurangan kalsium. Perlu diketahui, jika kalsium memiliki fungsi dalam membuat tulang semakin kuat. Ketika asupan kalsium berkurang, maka berpotensi terkena pengeroposan tulang.

Bahaya Diet DEBM Selanjutnya

  1. Kadar Kolesterol Akan Meningkat

Diet yang berfoks dalam pengurangan jumlah karbohidrat ini bisa membuat kolesterol meningkat. Hal tersebut dikarenakan jumlah karbohidrat berkurang, sehingga energi dalam tubuh berkurang.

Hal yang terjadi ketika asupan karbohidrat berkurang dan diganti dengan protein yaitu kadar kolesterol akan meningkat. Kadar kolesterol yang meningkat ini berpotensi menimbulkan serangan jantung. Untuk itu selalu imbangi dengan mengosumsi vitamin serta mineral yang cukup.

  1. Susah Untuk Tidur atau Insomnia

Insomnia bisa muncul ketika kandungan karbohidrat berkurang. Kandungan karbohidrat yang berkurang ini bisa membuat kita selalu merasa kelaparan. Ketika Anda hanya makan malam dengan sereal maka perut Anda belum kenyang, dan dampaknya susah untuk tidur.

  1. Membuat Sakit Kepala

Diet DEBM ini lebih menekankan untuk sama sekali tidak mengkonsumsi karbohidrat setiap harinya dengan hal tersebut, maka asupan karbohidrat otomatis berkurang. Kurangnya asupan karbohidrat akan menjadikan Anda terlihat lemas serta sakit kepala. Untuk itu, sebelum memutuskan diet DEBM, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui bahaya diet DEBM.

  1. Bisa Membuat Dehidrasi

Bahaya diet DEBM yang terakhir yaitu bisa membuat Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena saat tubuh mengalami metabolisme, maka air juga akan ikut keluar melalui seni dan keringat.

Metode diet ini memang berbeda, biasanya orang akan mengurangi asupan lemak. Namun diet DEBM lebih menggunakan metode pengurangan karbohidrat. Ketika jumlah air sering keluar, maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

Daftar Makanan yang Memiliki Kandungan Karbohidrat Tinggi

  1. Gula

Gula perlu dihindari ketika  melakukan diet tanpa makan karbohidrat, karena gula memiliki kandungan sekitar 26,67% setiap 100 gram.

  1. Tepung sagu

Tepung sagu memiliki kandungan sekitar 20,67% setiap 76 gram. Kandungan tersebut dapat mencukupi asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

  1. Sereal

Sereal juga bisa  mencukupi asupan karbohidrat yang diperlukan tubuh, karena sereal mengandung 20% setiap 75 gram.

Testimoni diet DEBM

“Saya merupakan seorang mahasiswi yang memiliki keinginan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Beragam metode diet saya lakukan, termasuk diet DEBM ini. Diet DEBM bisa saya katakan berhasil membuat berat badan saya menurun.

Baca Juga Konten Lainya Tentang :

Akan tetapi, selang beberapa waktu saya mengalami beberapa efek dari diet tersebut. Setelah saya konsultasikan dengan dokter, efek tersebut timbul karena saya memangkas habis karbohidrat dalam tubuh, sehingga tubuh akan bekerja ekstra untuk mengolah protein. Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti melakukan diet DEBM ini.

Diet DEBM memang membuat penurunan berat badan dengan mudah, namun  jika Anda memutuskan untuk melakukannya, sebaiknya kenali terlebih dahulu bahaya diet DEBM tersebut.”