Bahaya Diet GM Menurut Dokter, Pakar Gizi & Testimoni

Bahaya diet GM - Tubuh yang ramping dan sehat seringkali menjadi obsesi semua orang. Tidak sedikit orang yang melakukan berbagai macam cara untuk memiliki tubuh yang ramping dan menawan. Seringkali mereka rela melakukan berbagai macam jenis diet, baik yang terstruktur maupun diet asal – asalan. Salah satu diet yang sedang marak akhir – akhir ini adalah diet GM. Banyak orang yang melakukan diet tersebut, tanpa tau Resiko diet GM yang dapat memengaruhi kesehatan mereka.

Diet GM merupakan diet yang sangat populer di Amerika Serikat karena beberapa orang berhasil menurunkan lima hingga tujuh kilo dalam waktu seminggu. Diet GM atau General Motors ini sebenarnya sudah ada dari tahun 1980-an, dikembangkan oleh para karyawan General Motors untuk menurunkan berat badan mereka. Diet ini baru marak lagi akhir – akhir ini karena tersebar luas di internet.

Banyak peneliti yang telah meneliti diet ini, salah satunya adalah Ashvini Mashru, R. D., seorang ahli gizi yang berasal dari Amerika. Beliau mengatakan bahwa diet GM ini memegang prinsip mengkonsumsi makanan yang telah direncanakan sebelumnya. Hal tersebut akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori apabila dibandingkan dengan kalori yang masuk.

Walaupun diet GM sangat digemari oleh banyak orang karena caranya yang dapat terbilang mudah, anda harus mempelajari diet ini terlebih dahulu. Ternyata terdapat beberapa bahaya diet GM yang harus anda ketahui, Berikut ini adalah bahaya – bahaya yang dapat terjadi bila anda melakukan diet GM tanpa mempelajarinya dengan benar.

Baca Juga : Cara Cepat Kurus Dalam 3 Hari Secara Alami dan Sehat

Beberapa Bahaya Diet GM

  1. Gangguan Pencernaan

Bahaya yang pertama adalah gangguan pencernaan. Sebelum melakukan diet, anda harus mengetahui kondisi tubuh anda dengan baik. Kenali lah tubuh anda, sehingga anda dapat memilih diet apa yang cocok untuk kondisi tubuh anda sendiri.

Gangguan pencernaan yang dapat ditimbulkan oleh diet GM ini terjadi akibat adanya perubahan pola makan yang tiba – tiba sehingga memengaruhi metabolisme tubuh anda. Bagi anda memiliki pencernaan yang sensitive, lebih baik anda tidak menerapkan diet GM. Atau anda dapat melakukannya secara bertahap, sehingga pencernaan anda dapat beradaptasi dengan pola makan yang baru.

  1. Anemia

Anemia atau tekanan darah rendah juga merupakan salah satu bahaya diet GM. Anemia dapat terjadi bila tubuh kita kekurangan sel darah merah atau jumlah hemoglobin berada di bawah batas normal. Penyakit anemia dapat terjadi ketika tubuh kekurangan nutrisi, hal tersebut dapat terjadi ketika anda melakukan diet GM secara tiba – tiba, apalagi untuk anda yang memang memiliki penyakit anemia sebelumnya.

  1.  Turunnya Kadar Gula Darah

Apabila anda melakukan diet, tentunya tubuh akan beradaptasi dengan pola makan anda yang baru. Adaptasi tubuh terhadap diet anda tersebut, dapat menyebabkan hipoglikemia. Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan di mana kadar gula yang terdapat dalam darah berada di bawah batas normal.

Hipoglikemia ini dapat menyebabkan beberapa dampak negatif. Di antaranya adalah dapat menyebabkan sulitnya konsentrasi, cepat Lelah, gangguan tidur, tidak normalnya detak jantung, hingga dapat menimbulkan kecemasan.

  1. Kulit Kering

Beberapa orang yang menjalani diet ini, mengalami masalah kulit kering ketika menjalani diet GM ini. Kandungan makanan yang anda konsumsi sangat memengaruhi kondisi kulit anda. Bila anda melakukan diet GM, tentunya nutrisi yang tubuh anda butuhkan akan berkurang dari biasanya. Hal tersebut dapat membuat kulit anda menjadi kering, bahkan dapat membuat kulit anda terlihat kusam.

Indikasi Bahaya Diet GM

  1. Rambut Rontok

Rambut yang sehat mencerminkan pola hidup yang sehat pula. Rambut rontok dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi saat anda menjalani diet GM akibat pola makan yang berubah dan pembatasan porsi makan. Misalnya, pada orang yang vegan atau vegetarian, risiko kekurangan zat besi cukup besar sehingga dapat membuat rambut mudah rontok.

Untuk dapat mempertahankan rambut yang sehat dan kuat pada saat diet, lebih baik anda juga memperhatikan makanan yang dapat anda makan pada saat diet GM. Pastikan rambut anda tetap ternutrisi walaupun anda sedang melakukan diet.

  1. Menyusutnya otot

Pada saat menjalani diet GM, pakar gizi mengatakan bahwa tubuh akan melalui proses ketosis. Proses ini merupakan pembakaran lemak yang akan digunakan sebagai energi. Ketosis dapat menyebabkan hilangnya jaringan lemak dan penyusun otot apabila kalori pada tubuh anda tidak tercukupi.

Peneliti dan ahli gizi mengatakan bahwa karbohidrat memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan otot dalam tubuh anda. Bukan hanya karbohidrat, namun protein juga dapat membantu untuk memulihkan sel – sel otot yang rusak tersebut. Pola makan anda akan sangat berpengaruh, sehingga anda harus lebih waspada terhadap diet yang anda jalani.

  1. Bau Mulut

Siapa sangka bahwa bau mulut dapat menjadi salah satu bahaya diet GM? Bau mulut dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah diet. Apabila anda melakukan pola diet yang salah, bau mulut memang dapat menjadi salah satu bahaya, terlebih lagi bila anda kekurangan karbohidrat terlalu banyak.

Diet rendah karbohidrat akan menyebabkan asam lambung naik dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap untuk dihirup. Bila karbohidrat anda terpenuhi, anda dapat terhindar dari bau mulut. Bila anda memang bersikeras untuk melakukan diet ini, anda lebih baik mengantisipasi kemungkinan terjadinya bau mulut.

Resiko Diet GM Berikutnya

  1. Migrain

Selain anemia, migrain juga dapat menjadi dampak buruk ketika anda melakukan diet GM. Migrain merupakan nyeri pada kepala dengan rasa berdenyut yang umumnya hanya pada satu sisi kepala. Pola makan yang berubah secara tiba – tiba, serta istirahat yang tidak teratur dapat menyebabkan migrain, begitu pola diet GM ini.

  1. Memperburuk Penyakit

Bahaya Diet GM  yang ini apabila anda memiliki penyakit yang kronis, lebih baik anda menghindari diet ini. Dietlah dengan konsultasi dan pengawasan dokter. Orang yang memiliki penyakit kronis tidak boleh asal melakukan diet. Bla anda memiliki penyakit kronis seperti ginjal, jantung, dan sebagainya, lalu melakukan diet GM, aka nada kemungkinan penyakit anda memburuk.

Pastikanlah anda dalam keadaan sehat saat akan melakukan diet GM. Untuk orang yang sehat saja, bisa saja terkena dampak buruknya. Apa lagi orang yang sebelumnya sedang mengidap penyakit kronis, tentunya kemungkinan memburuknya penyakit anda akan lebih tinggi bila diet tidak di bawah pegawasan dokter.

  1. Tidak Teraturnya Menstruasi Bagi Wanita

Bagi wanita, ternyata bahaya diet GM juga dapat berdampak pada siklus menstruasi. Tidak sedikit wanita yang siklus menstruasinya jadi tidak teratur ketika mereka menerapkan diet GM. Hal ini dapat menimbulkan kecemasan, serta masalah bagi kesehatan wanita karena hormone menjadi tidak stabil.

  1. Berat Badan Naik Drastis

Bila diet hanya dijalankan selama tujuuh hari dan tidak diiringi dengan olahraga, maka berat badan dapat kembali bahkan naik secara drastis. Diet GM tidak dapat dilakukan hanya selama tujuh hari. Setelah hari ketujuh tersebut, pastikan anda tetap melakukan olahraga dan mengatur pola makan bila tidak ingin perjuangan anda selama tujuh hari terbuang sia – sia.

Terimakasih banyak tela berkunjung ke website ini mudah mudahn informasi yang didapatkan bisa bermanfaat. Demikian pembahasan kali ini mengenai beberapa bahaya diet GM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *