Bahaya Diet Ketogenik Perlu di Perhatikan dan di Ketahui

Bahaya diet ketogenik atau diet keto sudah menjadi sangat populer dikalang masyarakat. Terutama bagi mereka yang menderita diabetes dan obesitas. Ya, diet keto menawarkan penurunan berat badan secara cepat dalam kurun waktu yang tidak lama pula. Di samping itu diet keto menawarkan kadar gula darah yang terkontrol, sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Bahaya diet ketogenik

Diet keto sebenarnya perubahan sistem energi dalam tubuh yang biasanya menggunakan karbohidrat sebagai aspuan energi, diet keto menawarkan lemak hewani sebagai sumber energi baru. Sayangnya banyak yang masih belum paham soal bahaya diet ketogenik ini. perubahan keadaan ini membuat tubuh dalam keadaan ketosis yang ternyata memiliki efek panjang yang negatif.

Pada awalnya  anda akan merasakan manfaatnya. Namun dalam penggunaan jangka  panjang diet keto memiliki beberapa hal negatif yang justru merusak tubuh anda. Anda mungkin akan merasakan manfaat di beberapa bagian tubuh anda, namun bagian lainnya malah rusak. Oleh karenanya ada baiknya bila anda mengenali bahaya diet ketogenik ini sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan program keto ini, berikut pemaparannya:

Bahaya diet ketogenikbagi tubuh

Bahaya jika kalian menyalahi aturan kedokteran dalam diet. Tapi pada dasarnya jika sobat sudah sesuai dengan aturan. Sobat coba deh bertanya ke orang yang sudah memiliki pengalaman diet keto yang sukses agar terhindar dari berbagai maca bahaya. diantara nya adalah :

  1. Berat badan turun drastis

Banyak orang pada awalnya memang menjalani diet ketogenik ini dengan berbagai alasan, ada yang untuk penurunan berat badan, ada juga untuk urusan pengobatan. Namun yang paling banyak adalah urusan diet alias penurunan berat badan. Ya, sudah menjadi rahasia umum bahwa diet keto adalah berguna untuk menurunkan berat badan dengan cepat, dan memang hasilnya cukup memuaskan.

Jangan senang dulu, awalnya anda akan merasa berat badan anda menyusut dengan cepat, saat anda timbang badan, anda akan melihat berkilo – kilo lemak berkurang. Sayangnya hal ini tidak akan bertahan lama. Hal ini disebabkan sumber energi tubuh yang awalnya menggunakan karbohidrat kini berubah menjadi lemak protein hewani yang anda konsumsi melalui makanan diet keto yang anda jalani.

dalam diet keto anda akan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak protein hewani sebagai sumber tenaga, sebagai gantinya anda hampir tidak mengonsumsi makanan yang ber karbohidrat sama sekali. Di sinilah titik kelemahan diet keto, yang mana tumpukan lemak hewani akan selalu masuk dalam tubuh anda sehingga berat badan anda nantinya akan naik dengan cepat pula, tanpa anda sadari.

  1. Merasa tidak enak badan

Dalam menjalani diet keto tak akan anda sangka pada awalnya anda akan merasa sakit flu. Hal ini biasa disebut dengan flu ketogenik. flu ini akan berlangsung selama berhari – hari di tubuh anda, yang mana membuat anda merasa tidak nyaman.  Nantinya anda mungkin juga akan merasakan beberapa keluhan seperti sakit kepala, mual, pilek, dan kelelahan.

Bahaya diet ketogenik juga harus anda waspadai sebenarnya. Karena diet keto membuat sumber energi utama yaitu karbohidrat terganti dengan lemak hewani. Oleh karenanya tubuh akan menyesuaikan sistem baru yang anda terapkan dan sebagai reaksi anda mungkin akan merasakan gejala – gejala yang tidak enak. bahkan otak anda kehilangan sumber tenaga utamanya yaitu gula. Dengan begitu diet ini akan membuat anda merasakan lelah, sakit kepala, dan  badan tidak merasa enak.

  1. Otot menyusut

Saat tubuh dalam keadaan ketosis yaitu keadaan dimana lemak diubah menjadi energi. Yang mana biasanya tubuh melakukan hal ini pada karbohidat. Tahukah anda bila hal tersebut tak hanya membuat penurunan berat badan namun anda bisa kehilngan jaringan lemak dalam tubuh bahkan terjadi penyusutan otot. Menurut seorang pakar diet, Victori Linday, mengatakan bahwa karbohodart berperan penting dalam pembentukan sel – sel otot.

Sel – sel otot yang rusak ini sebenarnya bisa diperbaiki dengan pemberian asupan protein yang tinggi, yang didukung dengan karbohidrat sebagai sumber tenaga. Melakukan diet keto dapat membuat otot anda menyusut dan bahkan pecah, bila asupan kalori dalam tubuh tidak tercukupi.

  1. Kadar gula darah turun

Selain itu, bahaya diet ketogenik lainnya adalah ketika tubuh berusaha beradaptasi dengan lemak sebagai sumber energi utama adalah tubuh mengalami hipoglikemia. Ini adalah gangguan kesehatan saat kadar gula dalam darah berada di bawah batas normal. Tahukah anda bahwa hipoglikemia dapat membuat seseorang mengalami kesulitan dalam konsentrasi, detak jantung yang tidak normal, cepat merasa lelah, gangguan tidur, hingga mengalami sindrom kecemasan

  1. Kram pada kaki

Hal lain yang ditimbulkan dari diet keto adalah kram pada kaki. Jangan menyepelekan kram, karena walaupun sederhana, hal ini merupakan salah satu gangguan dalam tubuh. Kram ini sering dihubungkan dengan dehidrasi dan kurangnya mineral dalam tubuh, salah satunya natrium. Saat anda menjalani diet keto, anda akan merasakan kadar insulin yang sangat rendah sehingga tubuh tidak bisa merangsang  ginjal untuk mempertahankan natrium  dalam tubuh. Kram mungkin hal sederhana namun sangat mengganggu aktivitas anda.

  1. Gangguan pencernaan

Bahaya diet keto lainnya yang mungkin timbul adalah gangguan pencernaan. Hal yang umum terjadi adalah seperti, perut kembung, sering buang gas, dan sembelit. Hal ini dikarenakan tubuh tidak mendapat cukup serat dari buah – buahan, biji – bijian dan sayuran tertentu. Bahkan pada beberapa kasus sampai mengalami diare. Hal – hal ini terjadi memang karena aturan diet keto yang mengharuskan anda untuk boleh mengonsumsi makanan tertentu dan melarang anda untuk mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Hal ini memang ditujukan demi penurunan berat badan. Oleh sebab itu sobat harus tahu menu diet keto indonesia yang benar agar tidak terjadi hal seperti ini.

  1. Bau mulut

Saat tubuh dalam keadaaan ketosis dan menghasilkan keton, yang mana merupakan hasil dari pembakaran lemak menjadi energi. Hal ini menyebabkan meningkatnya aseton dalam darah, keringat, urin, dan juga melalui nafas anda. Hal ini dapat menyebabkan bau mulut yang tidak enak saat anda berbicara.

Bahaya diet ketogenikbagi penderita diabetes

Diet menggunakan lemak sebagai pengganti karbohidrat dalam proses sumber utama energi tubuh anda. Mengurangi karbohidrat memang dapat membuat kadar gula dalam darah menurun. Kemudian tubuh mulai memecah lemak dan menghasilkan keton, hal ini disebut dengan ketosis.

Dalam jangka pendek diet keto memang tidak menghasilkan hal negatif, bahkan cenderung hal – hal bermanfaat yang anda rasakan. Namun dalam jangka panjang keton yang meningkat dalam tubuh. Dapat membuat keasaman dalam darah menjadi naik secara drastis, yang sering ditandai dengan tubuh merasa mual.

Walau kadar gula dalam darah bisa turun namun bila produksi keton meningkat, hal ini justru dapat merusak organ tubuh. Padahal seperti yang anda ketahui  bahwa target pengobatan diabetes tidak hanya tentang menurunkan kadar gula dalam darah. Namun juga perlu mencegah komplikasi jangka panjang. Karena bisa – bisa nantinya kadar gula darah rendah namun malah merusak jantung dan ginjal.

Diet keto memang masih dalam masa perdebatan antar ahli nutrisi dunia. Bagi mereka yang pro, diet keto sangatlah bagus untuk menurunkan berat badan secara cepat bagi penderita obesitas. Namun bagi yang kontra, diet keto tidak baik untuk penderita diabetes. Para ahli mengatakan bahwa masih banyak cara untuk menurunkan kadar gula darah secara aman dalam jangka panjang. Demikian sob bahasa kali ini tentang bahaya diet ketogenik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *