Baju Adat Sunda Modern Unik Serta Pakaian Tradisional

Baju Adat Sunda Modern - Jawa barat tepatnya di kota bandung berlokasi di ujung pulau Jawa. Seperti yang kita tahu di wilayah ini telah lama ditempati suku Sunda dengan bahasa Sunda yang kebanyakan hanya orang Jawa Barat saja yang memahaminya. Selain itu mereka juga sarat akan keragaman budaya dan adat istiadat yang dilestarikan secara turun temurun.

Salah satu peninggalan yang masih dikenal luas adalah baju adat Sunda yang mana seiring berkembangnya zaman kini bermunculan baju adat Sunda  mengalami beberapa revolusi menjadi baju adat Sunda modern.

Baju Adat Sunda Modern

Ya, baju khas Sunda modern kini lebih diminati dari pada baju adat yang sebelumnya. Jika sebelumnya kebanyakan baju adat Sunda di buat berdasarkan strata sosial. Kini sering perkembangan zaman baju adat Sunda telah hampir mengalami beberapa perubahan yang lebih sama rata.

Baca Juga : Pakaian Adat Jawa

Walau sebenarnya baju dengan strata sosial itu yang merupakan peninggalan asli nenek moyang suku Sunda di Jawa Barat. Jadi revolusi baju adat Sunda zaman sekarang tidak meninggalkan aspek lama dalam baju adat Sunda lama. Berikut ulasan baju adat Sunda yang terbaru.

JenisBaju Adat Sunda Modern

Sangat menarik sekali pakaian khas sunda yang di desain se modern mungkin agar fashionable dengan trend masa kini namun tidak menghilangkan sisi adat baju sunda. Kita masih akan mengetahui bahwa baju yang di pakai itu merupakan ciri khas pakaian sunda. Ok sob penulis akan uraikan berdasarkan jenisnya :

  1. Pakaian Pengantin Adat Sunda

Baju adat Sunda tidak hanya menyimbolkan sekedar baju daerah semata. Namun, seiring perkembangan zaman baju khas Sunda modern juga digunakan untuk acara pernikahan, alias baju pengantin. Baju adat Sunda kini sebenarnya lebih mengarah seperti baju pengantin. Sehingga banyak sekali orang biasa hingga artis, dan tokoh terkenal menggunakan baju adat Sunda bernuansa pengantin ini.

Pakaian Pengantin Adat Sunda

Baju adat Sunda  modern pengantin ini biasanya cenderung bernuansa putih cerah. Mempelai wanita biasanya memakai kebaya putih dengan mahkota yang warnanya selaras dengan pakaiannya. Selain itu akan menggunakan kain kebat sebagai rok bawahannya yang menjalar hingga ke mata kaki.

Untuk alas kaki mempelai wanita biasanya menggunakan sandal kelom geulis. Beberapa aksesoris juga ditambahkan seperti rangkaian bunga pada sanggul atau mahkota. Makeup yang diperlukan pun hanya seperlunya tidak perlu nyentrik seperti pernikahan adat Jawa Timur.

Sedangkan untuk pria biasanya akan mengenakan seperti jas berwarna putih atau biasa dikenal baju bedaghan. Dengan kain kebat yang disarungkan untuk bagian bawahnya. Selain itu biasanya mengenakan sabuk tradisional dan ikat kepala atau biasa disebut bengker.

Baca Juga : Pakaian Adat Kalimantan Timur

Sebagai tambahan biasanya pria menggunakan arloji dengan rantai emas yang di sandingkan di kantong baju pengantin pria, ada juga yang mengenakan kalung dari rangkaian bunga.

  1. Pakaian Adat Sunda untuk Acara Resmi

Pakaian adat Sunda juga banyak digunakan untuk acara resmi maupun kontes seperti mojang dan jejaka. Acara ini tak beda dengan acara Cak Yuk di Jawa Timur. Dalam acara ini pria dan wanita akan di buat berpasangan dengan pakaian adat Sunda.

Pakaian Adat Sunda untuk Acara Resmi

Di acara  ini mojang akan mengenakan busana kebaya polos dengan hiasan di sana sini agar terlihat menawan seperti kain kebat untuk rok bawahannya, karembong, bebeur, hiasan polos dengan sulaman, tusuk konde, bros, kalung cincin, selop berwarna putih, rangkaian bunga, dan masih banyak lagi.

Untuk jejaka biasanya akan mengenakan sejenis kemeja berjas dengan celana panjang. Untuk warnanya pada dasarnya pria bebas memilih, namun biasanya akan diberikan warna warna yang gelap yang menunjukkan sisi maskulin seorang pria.

Tidak hanya itu celana juga pasti diberi warna yang senada dengan nuansa pakaian. Ditambah aksesoris biasanya berupa arloji berantai emas yang di jepitkan di kantong jas atau kemeja pria.

  1. Pakaian Adat  Sunda Bangsawan

Zaman sekarang pakaian ini lebih dikenal untuk kaum konglomerat, kaum papan atas atau kaum elit. Pakaian adat ini dari namanya sudah menunjukkan bahwa tidak semua orang bebas menggunakannya. Hanya orang tertentu saja yang berhak menggunakannya.

Pakaian Adat  Sunda Bangsawan

Selain warisan budaya, pakaian adat bangsawan juga merepresentasikan status sosial, dan ekonomi suatu keluarga. Hal ini juga merupakan suatu kebanggaan bagi yang berhak memakainya. Dilihat dari desainnya saja sudah terlihat rumit dan menunjukkan estetika yang tinggi

Untuk kaum pria biasanya akan menggunakan sejenis jas berwarna hitam yang dirajut dengan benang emas. Bahan yang digunakan biasanya juga bludru. Dengan keselarasan seperti ini akan sangat menunjukkan wibawa seorang pria dengan strata sosial tinggi.

Sedangkan untuk wanita biasanya akan menggunakan kebaya dengan warna hitam atau gelap yang mana kebaya tersebut di jahit dengan benang emas pada bagian tepinya. Selain itu tak lupa pernak pernih mewah juga disematkan seperti berlian, emas, arloji mewah, dan lain sebagainya.

Semua ini dilakukan hingga wanita dan pria terlihat sangat menawan dan berkelas. Tidak hanya terlihat bagus, namun semua mata yang ada pasti langsung ingin memandangi dan terpukau pada  orang yang mengenakan adat  Sunda bangsawan.

  1. Pakaian Adat Kaum Jelata

Pakaian adat kaum jelata tidak bisa dipandang remeh juga. Walau kaum jelata atau orang tak berpunya bukan berarti tidak memiliki baju adat yang dapat memberikan kehormatan bagi yang memandang dan yang mengenakannya. Walau pakaian adat yang dikenakan sangat sederhana dan jauh dari kesan mewah dan elegan, namun keberadaan baju adat ini tidak boleh diremehkan begitu saja atau bahkan dipandang sebelah mata.

Pakaian Adat Kaum Jelata

Nilai estetika dan nilai yang terkandung dalam pakaian adat jelata juga bermakna dan penting bagi kaum suku Sunda. Karena bagaimanapun juga baju adat kaum jelata juga merupakan bagian dari budaya suku Sunda yang wajib dilestarikan.

Untuk pria pakaian yang dikenakan biasanya adalah kain omprang yang dipadukan dengan sabuk kulit di bagian pinggang untuk bawahan. Lalu untuk bagian atasan akan digunakan baju kampret dalam julukan kasarnya, atau biasa disebut dengan baju salotren.

Ada juga sarung poleng yang digunakan dengan cara menyilang pada bagian bahu. Ada juga penutup kepala yang terbuat dari material terompah dari kayu atau biasa disebut ikat logen. Selain itu juga mengenakan sarung yang diselempangkan.

Sedangkan untuk wanita biasanya akan menggunakan baju kebaya sederhana untuk atasan. Untuk bawahannya akan menggunakan kain batik yang menjalar panjang ke bawah hingga mata kaki atau biasa disebut sinjang bundel. Selain itu juga dilengkapi dengan aksesoris sabuk atau ikat pinggang. Alas kakinya menggunakan sandal jepit keteplek. Walau terkesan sederhana, namun para wanita di dandani hingga terlihat anggun juga.

  1. Baju Adat Sunda Anak - Anak

Tak hanya orangtua, anak - anak pun memiliki baju adat Sunda walau pada dasarnya tak berbeda dengan baju adat mojang dan jejaka atau resmi. Untuk perempuan akan menggunakan kebaya Sunda dengan berbagai macam pilihan warna, lalu untuk bawahan menggunakan kain kebat yang menjalar panjang ke bawah.

Baju Adat Sunda Anak - Anak

Untuk laki laki akan mengenakan sejenis jas atau beskap dengan bawahannya kain kebat pula. Tak lupa biasanya menggunakan aksesoris bendo bukan arloji. Tak lupa dengan penutup kepala atau bengker. Semua ini dikenakan untuk anak - anak agar terlihat menawan namun tetap menggemaskan.

Nama Baju Adat Sunda Modern

Jika sobat ingin tahu apa saja sih nama pakaian itu sehingga dapat di padukan menjadi seperti baju yang modern. Berikut adalah daftar nama pakaianya :

  • Baju Pangsi
  • Kebaya Sunda
  • Jas Beludru Sulam Benang Emas
  • Beskap
  • Pakaian Adat Pengantin Sunda Siger
  • Busana Pengantin Sukapura
  • Tata Busana Sunda Puteri

Terimakasih sudah mampir dan membaca postingan ini tentang Baju Adat Sunda Modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *