Cara Bermain Bola Basket Latihan Teknik Dasar Lengkap

Cara bermain bola basket memang haruslah mengikuti standar yang ada, agar senantiasa menghasilkan sebuah permainan yang adil dan tidak menyalahi aturan mainnya. Ketika sebuah permainan bola basket tidak mengikuti kaidah main yang baik dan benar, maka akan merugikan oleh pihak yang merasa dikalahkan. Oleh karena itu, perlulah memahami dan mengetahui cara mainnya.

Cara Bermain Bola Basket
Bagi orang yang belum memiliki pengalaman secara matang dalam bermain permainan basket ini, ada baiknya untuk memahami dan mengetahui tentang cara bermain dari permainan ini. Sehingga ketika telah mengetahui akan ilmu yang dibutuhkan ketika bermain basket ini, maka akan mudah untuk mengikuti alur permainan dan bisa maksimal dalam pesaingan permainan bola basket.

10 Cara Bermain Bola Basket Secara Lengkap Dan Benar

  1. Memiliki 2 Tim

Permainan bola basket haruslah dengan 2 tim, sehingga akan ada sebuah perlawanan. Pemain dari masing-masing tim diisi oleh 5 orang. Dan pada masing-masing posisi memiliki tugasnya tersendiri, sehingga ketika melakukan sebuah permainan akan bisa maksimal dalam melakukan sebuah permainan bola basket.

Tak-tik pun dilakukan dengan pembagian yang baik dan tepat, sehingga permainan pun akan lebih terkonsep. Ketika sebuah tim permainan bola basket tidak menggunakan sebuah tak-tik atau strategi, maka akan membuat permainan pun bisa mudah dimengerti oleh tim lawan. Inilah mengapa permainan bola basket haruslah memiliki 2 tim, agar senantiasa sepadan.

  1. Ada Bola dan Ring

Cara bermain basket yang tepat dan benar selanjutnya yaitu, berupa objek dari permainan tersebut yaitu bola dan ring. Bila memainkan permainan bola basket tanpa ada bola, maka akan hampa dan tidak dapat memainkan permainan bola basket ini. Sedangkan ketika dalam bermain bola basket tanpa adanya ring, maka permainan pun tidak akan bisa.

Bola dan ring menjadi hal penting yang mampu menjadikan permainan bola basket dapat berjalan secara semestinya. Apabila dari salah satu antara bola dan ring tidak tersedia, dan tidak dengan kualitas yang baik, maka akan menjadikan permainan bola basket pun tidak akan berjalan secara baik, dan tentunya akan merugikan salah satu pihak.

  1. Mencetak Angka

Cara bermain bola basket selanjutnya yaitu berupa mencetak angka dengan ketentuan dan syarat. Standar memasukkan angka ke ring lawan hingga mampu meraih titik maksimalangka bola yang bisa didapatkan, sehingga pastilah dalam permainan bola basket tersebut senantiasa berusaha untuk bisa meraih nilai tinggi dibandingkan sang lawan.

Permainan menarik atau tidaknya dapat dilihat pada jumlah poin yang diraih. Semakin tinggi jumlah angka, maka menandakan permainan pun membuat menarik seluruh pemain. Dan ketika persaingan angka sangat tipis, maka menandakan jika permainan bola basket ini memang memiliki persaingan yang berimbang.

Beberapa cara bermain bola basket

  1. Mengoper Bola

Dalam permainan bola basket, mengoper menjadi hal paling penting dan harus dilakukan sebagai sarana untuk mencapai ring dan mampu menghasilkan angka. Kualitas dari seorang pemain basket, akan dilihat ketika mampu melakukan ataupun menciptakan operan yang baik kepada rekan timnya. Hal ini sangat penting karena dalam membangun sebuah strategi.

Tidak akan mampu meraih angka yang maksimal, ketika dalam melakukan pengoperan bola basket masih terjadi kesalahan ataupun kekeliruan. Oleh sebab itu, bagi seorang pemain bola basket haruslah menguasai sepenuhnya cara yang tepat dan benar dalam mengoper bola basket.

  1. Mengoper Secara Akurat dan Tajam

Operan selalu diperhatikan bagi seorang yang memainkan sebuah permainan bola basket. Ketika seorang pemain permainan bola basket tidak mampu memberikan operan yang akurat, maka akan merugikan tim yang dibelanya. Hal ini bisa terjadi dikarenakan ketika operan yang dilakukan ini lemah ataupun tidak tepat, maka akan bisa dibaca oleh lawan dan direbut.

Posisi operan inilah yang akan mampu membalik keadaan sebuah permainan bola basket. Ketika mampu memberikan operan yang maksimal, maka kemenangan pun akan bisa dicapai. Tetapi ketika dalam memainkan permainan bola basket masih saja melakukan kesalahan operan, berupa kurang akurat, kurang cepat, maka lawan pun akan bisa memanfaatkan keadaan tersebut.

  1. Tidak Boleh Berhenti Menggiring Bola

Cara bermain bola basket yang perlu kita ketahui yaitu, berupa larangan dalam berhenti ketika menggiring bola. Hal ini dilakukan sebagai standar dalam bermain permainan bola basket. Ketika sebuah permainan bola basket tidak adanya sebuah aturan yang jelas, maka pastilah akan mampu membuat salah satu pihak dirugikan.

Bagi seorang pemain permainan bola basket haruslah mengetahui tentang aturan-aturan ini, dikarenakan agar senantiasa mengetahui dan melakukan sebuah permainan yang baik dan benar, sehingga mampu memenangkan sebuah permainan bola basket.

Teknik Dasar Olahraga Basket Lainya

  1. Menggunakan Ujung Jari Untuk Memantulkan Bola

Trik dan strategi dalam memenangkan sebuah permainan bola basket, bisa pada operan dan pada saat kecermatan ketika memasukkan bola ke ring. Namun ada hal yang perlu diketahui yaitu proses pelemparan, dan proses pembawaan bola yang juga sangat penting. Hal tersebut yaitu berupa penggunaan ujung jari untuk memantulkan bola basket.

Seorang pemain bola basket yang memainkan bola basket, pastilah akan melakukan segala bentuk permainan secara alakadarnya. Namun bagi seorang pemain yang sungguh-sungguh dalam memainkan permainan bola basket ini, niscaya akan melakukan segala macam hal baik itu mendribling, melempar, dan mengoper bola, secara standar dan benar. Sehingga hasil nya pun lebih baik.

  1. Mengendalikan Bola Setinggi Pinggang

Pengendalian bola sangatlah penting agar tidak direbut oleh lawan. Pengendalian bola ini dilakukan dengan cara mempertahankan bola pada setinggi pinggang saja, agar mudah dalam pengendaliannya. Ketika bola dipantulkan lebih tinggi dari pinggang, maka dikhawatirkan akan dapat direbut oleh lawan.

Pada dasarnya permainan bola basket ini ialah, mampu mengendalikan bola secara baik dan mampu mempertahankan nya dari serbuan lawan. Ketika pengendalian dan pertahanan buruk, maka lawan pun akan mudah merebut dan masuk ke pertahanan kita. Sehingga dampaknya ialah berupa kemasukan angka, yang tentunya akan merugikan permainan bola basket.

  1. Pandangan Harus Benar

Cara bermain basket lainnya yaitu berupa, pandangan mata yang mampu mengecoh dan membuat lawan kebingungan ketika kita akan mengoper bola. Mata tentunya akan menjadi sarana perhatian khusus, karena akan mengetahui arah mana bola akan dioperkan selanjutnya. Oleh karena itu, ketika anda memainkan permainan bola basket ini harus pandai-pandai dalam memandang.

Baca Juga Konten Lainya Tentang :

Ada banyak pemain bola basket yang memanfaatkna dari hal pandangan. Bahkan hanya lewat pandangan saja, sudah menjadi strategi untuk menyerang. Inilah mengapa pandangan menjadi salah satu cara ampuh, dalam mengalahkan tim lawan. Tidak perlu dengan cara lain, cukup dengan pandangan dan cara simple namun mematikan mampu meraih sebuah kemenangan.

  1. Menghentikan Lawan

Hal penting yang perlu dilakukan ketika memainkan permainan bola basket yaitu, mampu melakukan block ataupun menghentikan pergerakan dari seorang lawan. Ketika dalam melakukan block lawan dilakukan secara optimal, maka akan menimbulkan dampak berupa mengganggu pergerakan dan menghancurkan strategi dan konsentrasi dari lawan, sehingga tentunya mampu menang.

Dengan membaca postingan ini kawan kawanku semuanya dapat mengerti Cara Bermain Bola Basket dari dasar hingga menengah. Kalian Harus Mempraktekanya langsung agar cepat bisa ya. Terimakasih sob mudah mudahan konten ini bermanfaat.