Cara Membuat Tahu Resep dan Langkah Pengolahan yang Benar

Cara Membuat Tahu - Masyarakat indonesia khususnya tentu sangat familiar banget dengan makanan yang satu ini. Bahkan mungkin setiap hari kita mengkonsumsinya. Selain enak juga terdapat banyak gizi yang terkandung didalamnya. Langsung saja saya akan rincikan step by step pembuatan Tahu.

Cara Membuat Tahu


Cara Membuat Tahu Tahapanya

  1. Pemilihan biji besar kedelai dengan cara di tampi.
  2. Kedelai di rendam dalam tong air selama 6 jam, sebelumnya di cuci terlebih dahulu.
  3. Setelah Perendaman pertama selesai, angkat kedelainya kemudian cuci dan rendam lagi setengah jam.
  4. Letakan kedelai pada wadah dan di bagi bagi rata. Wadahnya bisa terbuat dari plastik maupun bambu.
  5. Menggiling kedelai sampai halus sedangkan yang agak kasar tertampung di wadah.
  6. Melakukan penyaringan yaitu dengan memindahkan kedelai yang sudah menjadi bubur dari wadah ke penyaringan belacu yang sudah di letakan diatas bambu. Fungsinya untuk menyaring sari kedelai. Kedelai yang sudah disaring di press lagi hingga benar benar tidak ada sarinya.
  7. Untuk air saringan kedelai yang ada dalam wadah sobat tambahkan cuka agar menjadi gumpalan. Jika tidak ada cuka bisa juga dengan air kelapa.
  8. Air asam sobat dapat pisahkan karena nantinya bisa dipakai lagi. Setela menggumpal sobat letakan tuh pada cetakan tahu agar terbentuk. Cetakan tahu tersebut bisa di buat terlebih dahulu tergantung ukuran tahu yang ingin didapat.

Penjelasan Detail Cara Membuat Tahu

Agar lebih jelas sobat bisa melihat video berikut ini.

Bahan Bahan yang harus disiapkan

  • Air
  • Kacang Kedelai
  • Asam Cuka atau Air Kelapa

Peralatan yang harus disiapkan

  • Tong atau Ember besar
  • kain blancu atau kain saring
  • nyiru atau tampan/tampah
  • kain pengaduk
  • cetakan bisa dari bambu atau lainya
  • Rak untuk menyimpan hasil akhir kedelai
  • tungku/kompor besar
  • Alat penggiling, bisa menggunakan mesin juga atau manual

Itu dia sob alat Cara Membuat Tahu.

Tahapan Detail setelah terkumpul bahan dan peralatnya

  1. Mencuci kedelai hingga bersih banget agar kuman kuman dan bakteri lenyap. Kemudian rendam dengan air 2 hingga 3 jam. Namun paling lama bisa mencapai 7 jam agar kedelai mengembang dengan maksimal. Cuci kembali setelah perendaman hingga bener bener bersih.
    cara membuat tahu Mencuci kedelai
  2. Menggiling kedelai sampai benar benar halus. Cara menggiling ada berbagai macam cara, sobat dapat memakai mesin ataupun dengan cara tradisional yaitu di tumbuk.
     menggiling kedelai
  3. Agar hasil lebih maksimal sobat akan melakukan proses penguapan kedelai agar matang sedikit atau juga bisa memasaknya dengan cara di sangrai hingga bermunculan gelembung gelembung kecil.
  4. Kedelai yang sudah menjadi bubur kemudian saring hingga tersisa ampas nya supaya mempermudah pemisahnya. Untuk sari kedelainya sobat tambahkan air lalu di aduk sampai rata. Sobat bisa melihat ampas kedelai tersebut akan tetap beratahan di kain dan sarinya itu tertampung di wadah yang sudah sobat siapkan. Nah sob pada tahap ini kalian sudah bisa membuat susu kedelai.
    Sambil menyelam minum air gitu sob.
    Cara membuat tahu menyaring kedelai
  5. Tahapan berikutnya sari tahu yang ditampung kemudian tambahkan cuka agar terjadi proses pengentalan. Jangan lupa diaduk aduk ya sob.
  6. Setelah mengental siapkan cetakan dan letakan disana tunggu hingga 15 menit.
  7. Pemotongan tahu yang sudah di cetak sesuai dengan ukuran sobat inginkan. Kemudian tahu tersebut bisa direbus hingga 1 jam agar lebih awet.

Limbah Tahu dan Cara Mengolahnya

Limbah tahu terbagi menjadi dua yaitu limbah padat dan limbah cair. Untuk limbah padat ini sangat berguna sekali karena banyak fungsin dan kegunaanya. Kalian tidak perlu khawatir penanganan limbah padat ini karena bisa di jadikan pakan ternak bahkan ada juga sebagian orang membuatnya kerupk yang lezat dan gurih.

Namun yang jadi aga sedikit permasalahanya disini tegadang sisa limbah cair yang didalamnya terdapat cuka bisa mencemari lingkungan. Bau busuk dan pencemaran lainya memang sangat menganggu, tentu ini bisa terjadi pada pabrik tahu dalam skala besar, mungkin bagi kita yang membuat nya hanya untuk sendiri gak jadi masalah ya.Pabrik yang tidak begitu baik dalam pengolahan limbah akan merusak lingkangan seperti dibuang kesungai dan masih banyak lagi.

Lalu solusinya sobat dapat menggunakan bahan tambahan cairan tahu dengan tidak menggunakan cuka. Baru baru ini banyak sekali cairan bahan penganti nya seperti Nigarin dan air kelapa. Jika tetap masih ingin menggunakan cuka sobat harus siapkan lahan untuk limbah seperti sepiteng atau lubang besar untuk menampung cairan tersebut.

Setelah sobat kenal cara membuat tahu maka otomatis kalian harus belajar juga cara mengolah limbah yang benar. Jadi pengusaha tahu boleh boleh saja asalkan memang bermanfaat untuk warga sekitar dan juga tidak merusak lingkungan kalian ya. Peluang menjadi bisnis di tahu sangat besar sekali karena kebutuhan konsumsi tahu indonesia akan terus meningkat.

Selayang Pandang Tahu dan Penutup

Materi diatas kita sudah belajar mengenai cara membuat tahu agar pengetahuan sobat bertambah tentang produk makanan yang sering kita konsumsi. Siapa sih orang indonesia yang tidak mengenal tahu? kalau saya sih favorit banget, apapun olahan tahu yang dibuat pasti saya akan suka.

Kandungan tahu yang sangat bagus sekali untuk kesehatan dengan protein yang tinggi tentu akan membantu dalam kelengkapan gizi harian kita.

  • Kalsium: 223 mg
  • Energi: 80 kal
  • Fosfor: 183 mg
  • Karbohidrat: 0,8 gram
  • Protein: 10,9 gram
  • Lemak: 4,7 gram
  • Natrium: 2 mg
  • Serat : 0,1 gram

Nah itu dia sob kandungan tahu secara detailnya. Selain makananya enak tentu apa yang kita dapatkan dari konsumsi dari tahu sangat bermanfaat sekali untuk tubuh kita. Jadi jangan malas ya makan tahu karena kalian akan mendapatkan gizi baik.

Semua orang mungkin rata rata dapat dipastikan bisa membeli tahu. Harga tahu sangat murah sekali dan terjangkau banget. Ibu rumah tangga pastinya dalam memasak masakan keseharian menu yang diandalkan tidak terlepas dari bahan dasar tahu. Mengolah tahu untuk menjadi makanan yang lezat itu sangat mudah sekali.

Ok sob cukup sekian pembahasan kali ini mudah mudahan apa yang saya sebutkan tapi bisa jadi informasi dan pengetahuan tentang cara membuat tahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *