Daftar Menu Diet Sehat Sehari Hari Aman dan Menyehatkan

Daftar Menu Diet Sehat Sehari Hari. Makanan bergizi yang sehat dan seimbang, dengan memiliki kadar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh setiap harinya merupakan menu yg pas untuk kalian menjalankan program diet. Menu yang satu ini tidak hanya khusus dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan saja, tetapi dapat di konsumsi oleh siapa saja.

Jika Anda ingin mendapat manfaat yang maksimal, maka menu diet tersebut harus mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi essensial merupakan nutrisi yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Nutrisi essential harus ada di dalam menu diet sehat yang Anda lakukan.

daftar menu diet sehat sehari hari

Rekomendasi Daftar Menu Diet Sehat Sehari Hari

Berikut ini ada beberapa daftar menu diet sehat dengan jumlah 2.000 kalori, yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Terapkan menu makanan ini mulai dari sarapan di pagi hari, makan siang dan juga makan malam. Walaupun namanya adalah menu diet sehat, tetapi lidah Anda tetap bisa dimanjakan dengan variasi makanan tersebut.

Daftar Menu Diet Sehat Sehari Hari Pagi, Siang dan Malam

Menu diet sehat sehari-hari ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menu sarapan pagi

Di pagi hari Anda bisa mengisi perut Anda dengan mengkonsumsi semangkuk sereal, dengan taburan kismis dan susu rendah lemak. Jika dirasa belum kenyang maka Anda bisa mengkonsumsi buah pisang yang ukurannya kecil, dan 1 lembar roti dari biji-bijian utuh yang dioleskan dengan margarin atau selai rasa apa saja.

Menu sarapan tersebut termasuk ke dalam menu sehat yang seimbang, yang rasanya juga tetap nikmat di lidah. Pilihan sarapan sehat lainnya yang bisa dijadikan menu diet adalah oatmeal yang dicampur dengan kismis lalu kemudian dimasak dengan margarin. Untuk minumannya Anda bisa meminum jus jeruk murni, atau susu rendah lemak.

  1. Menu makan siang

Daftar menu diet sehari-hari berikutnya yang bisa Anda santap saat makan siang adalah roti isi yang terdiri dari biji-bijian utuh, ayam, selada, tumis jamur dan untuk penambah nikmat Anda bisa menambahkan saus mustard. Setelah itu Anda bisa mengkonsumsi kentang rebus, secukupnya saja.

  1. Menu makan malam

Untuk menu diet sehat makan malam cobalah sayur capcay, yang terdiri dari beragam sayuran dan paprika. Tambahkan semangkuk kecil nasi merah, dan satu cangkir es teh lemon sekitar 250 ml saja. Pilihan lainnya untuk menu makan malam adalah 140 gr ikan salmon panggang yang ditaburi dengan daun seledri, bawang, dan remah-remah roti.

Sajikan ikan salmon panggang tersebut dengan semangkuk kecil nasi 125 gr brokoli kukus tetapi jangan kukus terlalu matang, dan kacang almond sebagai penambah rasa. Akhiri makan malam Anda dengan susu tanpa lemak, sekitar 250 ml saja.

Menu Tambahan

  1. Menu cemilan

Contoh cemilan yang bisa Anda konsumsi ketika sedang melakukan diet sehat adalah, yoghurt rendah lemak sebanyak 250 ml saja. Yang dicampur dengan buah-buahan kesukaan Anda. Konsumsi ini setiap hari secara rutin.

Pasti ada saat-saat tertentu Anda ingin makan makanan enak tapi tidak sehat, seperti makanan cepat saji. Tetapi beri waktu 1 hari saja dalam seminggu, misalnya hari minggu saja. Tetapi keesokan harinya Anda harus mengkonsumsi makanan yang rendah kalori, untuk menghindari penumpukan kalori dalam tubuh.

Baca Juga : Menu Makanan Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Menerapkan List menu Makanan diet sehat setiap hari dengan tepat setiap harinya, akan lebih terbantu dengan Anda berolahraga setiap hari secara teratur. Setidaknya Anda bisa berolahraga selama 30 menit setiap harinya, hal itu dilakukan dengan tujuan tubuh Anda tetap sehat dan bugar walaupun sedang melakukan diet sehat.

Tubuh harus diisi dengan nutrisi dan asupan yang tepat dan seimbang, yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, dan beragam vitamin dan mineral serta air putih yang menyeimbangkan dan menyempurnakan diet sehat Anda.

Pentingnya Menjaga Nutrisi yang Wajib Ada pada Menu Diet Anda Dalam Diet Sehat

  1. Karbohidrat

Asupan karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh yang berfungsi sebagai penambah tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karena otak kita juga akan bekerja dengan maksimal jika mendapat asupan karbohidrat ini, dalam jumlah yang cukup. Contoh asupan karbohidrat yang baik di antaranya adalah makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh.

Selain itu makanan seperti sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan juga bisa menjadi makanan yang mengandung karbohidrat. Jenis asupan karbohidrat lainnya yang harus Anda batasi pengkonsumsiannya adalah nasi putih, minuman buah dalam kemasan, minuman bersoda, keripik kentang, permen, dan jenis-jenis kue yang manis.

  1. Protein

Zat protein merupakan asupan makanan yang juga menjadi sumber energi bagi tubuh. Dengan asupan protein yang cukup, maka hal itu akan baik untuk pertumbuhan jaringan dalam tubuh. Selain itu hal itu juga akan membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, dan membantu tubuh dalam menyembuhkan dirinya sendiri.

Makanan yang mengandung protein di antaranya yaitu sebagai berikut telur, ikan, daging, kedelai, daging unggas, keju dan kacang-kacangan. Jika Anda ingin mendapat asupan protein yang cukup, maka konsumsilah jenis-jenis makanan tersebut. List menu Makanan diet sehat sehari hari juga harus mengandung jumlah protein yang cukup.

  1. Lemak

Untuk Anda yang sedang berdiet pasti akan menghindari beragam jenis makanan yang mengandung lemak. Padahal tidak semua makanan yang mengandung lemak, harus dihindari. Karena tubuh juga butuh asupan lemak yang cukup, yang tentunya merupakan lemak baik.

Fungsi lemak untuk tubuh ini di antaranya yaitu untuk menjaga struktur sel dan membantu jaringan tubuh, agar berfungsi lebih baik. Manfaat lainnya dari lemak ini yaitu untuk menjaga sistem imun dalam tubuh, dan membantu tubuh dalam menyerap vitamin. Tetapi sebaiknya Anda menghindari makanan berlemak seperti pizza, burger, sosis, dan jenis makanan cepat saji.

Berikutnya

  1. Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral juga sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga pilihan menu diet sehat sehari Anda harus mengandung kedua zat tersebut. Macam-macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya yaitu vitamin A, B, C, D, E dan K. sedangkan jenis mineral yang dibutuhkan tubuh adalah kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan selenium.

Baca Juga : Macam Macam Diet 

  1. Air

Cairan seperti air putih memang tidak memiliki nutrisi, tetapi air bisa menghidrasi tubuh. Karena sekitar ½ komposisi tubuh Anda, terdiri dari air. Selain dari air minum, Anda bisa mendapatkan asupan cairan dari sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air.

Maka dari itu melakukan diet yang tepat adalah tetap memperhatikan jumlah kalori dari makanan tersebut, karena bagaimanapun juga tubuh kita membutuhkan kalori yang cukup.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan kalori harian dalam tubuh, maka Anda harus memperhatikan kandungan gizi dari setiap makanan yang Anda konsumsi. Sehingga daftar menu diet sehat sehari hari yang Anda pilih, harus disesuaikan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *