Diet DEBM Pemula Cepat Menurunkan Berat Badan | Berhasil

Diet DEBM pemula –  Salah satu jenis diet yang cukup banyak diminati adalah DEBM. Di antara alasan banyak orang yang memilih diet ini karena lebih minim terhadap risiko dan cenderung mudah untuk dilakukan. Selain itu, diet ini juga tergolong menyenangkan dibandingkan dengan berbagai jenis diet yang lainnya. Namun, untuk ini harus benar-benar berhati-hati dan membutuhkan usaha maksimal.

Di dalam diet DEBM, ada aturan dan tata cara khusus yang harus dilakukan oleh masing-masing orang. Karena salah sedikit saja dalam mempraktikkan diet ini, bisa berdampak pada kegagalan. Dan kebetulan ada banyak faktor yang menyebabkan diet DEBM tidak berhasil. Jika tidak berhasil, maka tentu saja harus mengulang proses diet mulai dari awal.

Diet DEBM Pemula

Beberapa Aturan Dalam Diet BEBM Pemula

Diet DEBM juga memiliki aturan dan ketentuan tersendiri seperti jenis diet yang lain. Hal ini harus benar-benar dipahami oleh pelaku diet DEBM. Agar prosesnya berhasil, aturan yang ada pada diet ini tidak boleh dilanggar. Bahkan, jika berhasil, seseorang bisa menurunkan brat badan mencapai 2 kg sampai dengan 4 kg setiap minggunya.

Adapun aturan yang dimaksud adalah beberapa jenis makanan seperti, olahan dari tepung, beras merah, beras ketan, beras hitam, mie, kentang, dan juga gula. Sedangkan untuk jenis buah yang dilarang untuk dikonsumsi adalah buah mangga, semangka, pepaya, pisang, melon dan lain-lain. Bahkan hampir semua jenis buah tidak diperbolehkan kecuali buah alpukat saja.

Sekalipun berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat dilarang, namun ada beberapa yang diperbolehkan. Misalnya buncis, wortel, lobak, sayuran jenis daun, dan juga rebung. Beberapa jenis makanan ini boleh untuk dimakan bahkan disarankan supaya tubuh seseorang yang sedang menjalani diet tidak begitu merasa lemas.

Menu Hemat Diet DEBM

Diet DEBM tidak perlu kebingungan soal menu. Karena ada menu khusus yang enak bisa dikonsumsi dalam kesehariannya. Di dalam proses diet DEBM Pemula, Anda harus benar-benar mengganti jenis makanan yang biasa dikonsumsi dengan menu yang disarankan oleh diet ini. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena menu yang disarankan sangat baik dan aman untuk menurunkan berat badan.

Di antara contoh menu hemat yang disarankan pada diet ini adalah dua butir telur rebus dan satu gelas jus alpukat untuk sarapan. Kemudian sebagai menu makan siang, Anda bisa memilih semangkuk buncis atau wortel. Bisa juga mencampurkan keduanya menjadi satu. Sedangkan untuk menu makan malamnya bisa menggunakan sebutir telur asin yang ditambahkan dengan wortel atau buncis rebus.

Tips Sukses Diet DEBM Pemula

Agar proses menjalani diet sukses dilakukan, pelaku diet DEBM bisa melakukan beberapa kebiasaan baik yang disarankan oleh diet ini. Berikut adalah beberapa tips sukses menjalankan diet DEBM Pemula.

  1. Memakan Jenis Menu dengan Kandungan Protein Tinggi

Seseorang yang ingin sukses menjalani diet DEBM harus memilih menu yang kandungan proteinnya tinggi. Misalnya ikan, daging, aneka lemak sehat dan lain sebagainya.

  1. Mengkonsumsi Minuman Tanpa Gula

Selain itu, tips agar diet DEBM menjadi sukses selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi berbagai jenis minuman yang tidak mengandung gula. Misalnya teh dan kopi pahit. Atau jus tanpa gula dan sebagainya.

  1. Tidak Mengkonsumsi Apapun Ketika Tengah Malam

Kemudian, pelaku diet DEBM juga tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi apapun di tengah malam. Usahakan untuk puasa makan dimulai sejak pukul 18.00. Dan jika terpaksa lapar, bisa mengkonsumsi telur atau yoghurt.

  1. Ngemil Makanan Keju

Untuk ngemil juga harus selektif, keju akan lebih baik. Selain menyehatkan, juga tidak akan menambah berat badan.

  1. Makan Secara Teratur

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam diet DEBM adalah makan dengan teratur. Diet ini sangat tidak menyarankan kepada seseorang untuk berhenti makan atau berpuasa. Karena itu adalah diet yang menyiksa.

Hal-Hal yang Dapat Menggagalkan Diet DEBM

Jika proses diet DEBM pemula tidak dilakukan sesuai dengan aturan yang ada, maka proses dietnya bisa gagal. Terkadang seseorang tanpa disadari melakukan aktivitas yang bisa menggagalkan proses diet tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan diet DEBM menjadi gagal.

  1. Tidak Mengkonsumsi Menu sesuai Resep DEBM

Jika Anda tidak mengkonsumsi menu-menu yang disarankan oleh diet DEBM, maka bisa dipastikan diet tersebut akan gagal dijalankan. Dan jika gagal di tengah-tengah, maka harus mengulang dari awal.

  1. Mengkonsumsi Kopi atau Minuman Lain yang Mangandung Gula

Mengkonsumsi berbagai jenis minuman yang mengandung gula juga sangat tidak dianjurkan pada diet ini. Karena gula bisa memicu naiknya berat badan.

  1. Makan Mie, Nasi Goreng dan Sebagainya saat Tengah Malam

Makan apapun, terlebih berbagai jenis makanan berat dengan kandungan karbohidrat tinggi juga bisa menyebabkan diet ini gagal. Karena itu, usahakan untuk tidak makan apapun saat malam hari.

  1. Jarang Makan Namun Makan Banyak saat Malam

Selain beberapa hal di atas, jarang makan atau pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan diet ini juga gagal. Karena diet ini menuntut untuk mengatur pola makan dengan sebaik mungkin.

  1. Mengkonsumsi Gorengan

Gorengan adalah momok tersendiri untuk para pelaku diet DEBM. Diet ini bisa gagal jika Anda tergoda untuk mengkonsumsi makanan berat satu ini. Karena itu, usahakan sebisa mungkin menghindari berbagai jenis gorengan.

  1. Banyak Mengkonsumsi Karbo saat Malam

Mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung karbohidrat di malam hari juga bisa menyebabkan kegagalan menjalankan diet DEBM.

Efek Samping Diet DEBM

Diet DEBM bukanlah jenis diet yang sempurna dan tanpa efek samping, terlebih untuk diet DEBM pemula. Di antara efek samping diet DEBM ini adalah dapat menyebabkan terjadinya gangguan sistem pencernaan untuk sebagian orang. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan tersebut mengalami suatu tekanan yang besar dan kuat.

Di samping itu, diet DEBM juga bisa merusak keseimbangan dari bakteri yang terdapat pada usus manusia. Hal ini disebabkan oleh konsumsi lemak yang berlebih pada diet ini. Selain itu, tingginya keton yang terdapat di dalam tubuh bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Bahkan, pada taraf tertentu, diet DEBM dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada ginjal lantaran protein yang terlampau tinggi.

Sebagai penunjang kesuksesan diet DEBM, sebaiknya mengkonsumsi setidaknya 3 gelas air putih pada pukul 09.00 dan 15.00. Sedangkan untuk malam hari jika Anda merasa lapar, maka bisa menambah minuman yoghurt sebanyak 1 atau 2 botol. Atau bisa juga menggantinya dengan jus alpukat. Menu wajib tersebut tidak boleh berhenti dilakukan selama proses diet.

Praktik diet DEBM pemulamemang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan usaha dan konsistensi di awal. Namun juga sudah berjalan beberapa waktu, semua akan mudah dan menyenangkan. Dan diet ini bisa berjalan dengan sukses apabila dijalankan sesuai aturan yang ada.