Diet DEBM ( Diet Enak Bahagia Menyenangkan ) Tips dan Aturan

Diet DEBM Jenis – jenis diet sedang sangat populer di internet. Tidak sedikit orang berlomba – lomba mencoba bermacam – macam jenis diet yang dipopulerkan oleh influencer baik di youtube, Instagram, dan sosial media lainnya. Jenis diet yang sangat populer di antaranya adalah Diet DEBM, katogenik, diet ketofastosis, diet GM, diet OCD, diet dukan, diet 2 : 5, diet paleo, diet mayo, diet atkins, diet food combining, dan sebagainya.

Diet DEBM

Serba Serbi Diet DEBM dan Efek Sampingnya

Diet yang sedang marak dilakukan akhir – akhir ini adalah diet DEBM, yang merupakan kepanjangan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Diet ini dipercaya dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat, namun tidak sesulit jenis diet lainnya. Ketika anda mengikuti diet  ini, anda tidak akan merasakan kelaparan. Anda tetap akan makan, namun pilihan makanannya lah yang harus anda perhatikan dengan seksama.

Baca Juga :
Pengalaman Diet GM Sukses Menurunkan Berat Badan

  1. Apa itu diet DEBM?

Diet DEBM atau Diet Enak Bahagia Menyenangkan menganut konsep yang berbeda dengan diet – diet lainnya. Pada diet ini, anda diharuskan untuk menghindari atau mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat, namun perbanyak makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi. Lemak yang anda konsumsi kemudian akan bertindak sebagai sumber bahan bakar untuk energi anda setiap hari.

Pada Diet DEBM, anda diharuskan sarapan. Anda tetap akan makan tiga kali sehari, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Bahkan, ada snacknya bila anda masih merasa lapar. Walaupun terlihat banyak sekali waktu makan, namun yang harus ditekankan adalah pada pemilihan makanan yang akan anda makan. Maka dari itu, diet ini disebut dengan Diet Enak Bahagia Menyenangkan.

  1. Apa yang dikonsumsi pada Dalam Diet ini

Menu yang dikonsumsi bila anda melakukan Diet DEBM ini sangat banyak pilihannnya. Di antaranya merupakan makanan yang rendah karbohidrat, namun tinggi lemak dan protein. Jadi, anda dituntut harus mengurangi asupan karbohidrat, seperti aneka nasi, aneka roti, aneka mie, kentang, ubi, dan sebagainya.

Walaupun nasi merah dan roti gandum baik untuk diet, pada Diet DEBM anda tetap tidak boleh mengkonsumsinya. Dan ingatlah bahwa aneka tepung juga merupakan pantangan, jadi anda tidak boleh memakan gorengan seperti tempe goreng tepung, bakwan, aci goreng, dan sebagainya.

Untuk mengganti sumber karbohidrat yang tetap dibutuhkan oleh tubuh, anda dapat menggantinya dengan aneka bahan pangan. Contohnya adalah brokoli, tomat, asparagus, cabai, paprika, rebung, wortel buncis, jamur, alpukat, lobak, pakcoy, dan semua jenis sayuran daun seperti bayam, daun singkong, daun pepaya, dan sebagainya.

Hal yang sedikit unik dari Diet ini adalah anda tidak boleh mengkonsumsi buah – buahan yang mengandung gula seperti mangga, semangka, pisang, melon, serta pepaya. Aneh sekali bukan? Biasanya bila diet, buah lah yang menjadi kunci utama. Namun untuk diet DEBM ini, hampir seluruh buah pantang dimakan kecuali alpukat. Kenapa alpukat? Karena alpukat memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

Selain alpukat, buah yang boleh dimakan adalah buah pir, apel, strawberry, jeruk nipis, serta jambu air. Namun buah – buah tersebut lebih baik tidak dikonsumsi terlalu sering. Konsumsilah buah alpukat lebih sering dari pada buah – buah tersebut. Untuk sayuran, sayuran yang direkomendasikan pada Diet Enak Bahagia Menyenangkan ini adalah buncis, rebung, wortel, lobak, serta sayuran daun seperti yang telah disebutkan di atas.

Sebagai ganti dari karbohidrat dan beberapa buah yang tidak boleh dimakan, anda dapat mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan protein. Contohnya seperti daging ayam, ikan, daging sapi, telur, daging kambing, aneka jeroan, udang, dan aneka seafood lainnya. Pada diet DEBM, anda dituntut untuk mengurangi karbohidrat dan menggencarkan konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan protein.

Baca Juga :
Program Diet Sehat Turunkan Berat Badan Ampuh dan Cepat

  1. Apakah boleh meminum susu?

Pada Diet DEBM, anda boleh mengkonsumsi susu produk hewani. Boleh minum susu, tapi jangan terlalu sering dan jangan pula terlalu banyak. Contohnya adalah susu full cream dengan maksimal sebanyak 125 mili dalam sehari. Anda juga diperbolehkan minum susu kambing dan konsumsi butter sesekali. Lalu, jangan mencampur alpukat dengan susu ya karena akan membuat gemuk.

Selain susu, anda juga dapat mengkonsumsi yakult. Batas konsumsinya adalah maksimal satu botol dalam sehari. Satu botol yakult boleh anda minum namun jangan langsung dihabiskan. Jadi satu botol yakult tersebut anda minum sedikit – sedikit dari pagi hingga sore. Bila anda sudah mengkonsumsi yakult, jangan konsumsi susu full cream lagi pada hari yang sama.

  1. Apakah ada aturan pada saat memasak makanan ?

Untuk memasak berbagai resep Diet DEBM, aturannya tidak terlalu ketat seperti diet lain. Pada diet ini, anda masih diperbolehkan untuk memasak menggunakan garam dan minyak. Minyak yang anda gunakan lebih baik seperti minyak lemak ayam, atau minyak kelapa. Garam yang anda gunakan, lebih baik garam yang masih alami karena lebih sehat dan tidak mengandung banyak zat – zat kimia.

Pada saat memasak makanan yang mengandung sedikit karbo, masaklah pula rotein hewani. Misalkan ketika anda memasak atau memakan tomat, masaklah telur atau daging, bahkan anda boleh menambahkan keju parut. Sehingga anda tetap mengkonsumsi banyak protein dan meminimalisir karbo yang masuk dalam tubuh anda.

Diet DEBM untuk bumbu dapur, anda dapat menggunakan kunyit, bawang merah, dan bawang putih. Batasilah penggunaan bawang bombay, jahe, kencur, kayu manis, cengkeh, pala, santan yang langsung diparut dari kelapa tua, dan ngo – hiong. Anda dapat menggunakan santan sun kara untuk bahan masakan yang memerlukan santan.

  1. Apakah ada efek sampingnya?

Seperti yang telah dijabarkan dan dijelaskan di atas, Diet Enak Bahagia Menyenangkan ini merupakan diet yang mudah dan digemari orang karena anda tidak akan merasa kelaparan. Apalagi dengan menu diet yang lezat dan terdiri dari banyak pilihan, banyak orang akan memilih melakukan diet ini dari pada jenis diet yang lain.

Baca Juga :
Diet Cepat Kurus dalam 3 Hari

Namun walaupun diet ini menyenangkan dan dapat mengurangi berat badan anda secara cepat dan signifikan, bukan berarti Diet Enak Bahagia Menyenangkan tidak dapat menimbulkan efek samping. Efek samping yang ditimbulkan oleh diet DEBM  ini kurang lebih sama dengan diet raw food yang juga sedang banyak digemari orang.

Efek samping yang memungkinkan terjadi dari diet ini yaitu menyebabkan tubuh dehidrasi, kepala terasa nyeri dan pusing, berkurangnya kualitas tidur anda, pengeroposan tulang, kolerterol, bau mulut, ginjal terganggu, serta sembelit. Apabila anda merasakan efek samping tersebut, segeralah konsultasikan ke dokter.

Untuk melakukan Diet DEBM yang sehat, anda sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter dan mengetahui kapasitas diri anda. Ketahuilah diri anda terlebih dahulu, barulah setelah itu anda dapat memilih jenis diet yang kira – kira cocok untuk tubuh anda. Tentunya efek samping ini tidak akan terjadi bila anda melakukan diet dengan cara yang baik. Terimakasih telah membaca artikel ini tentang diet debm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *