Diet Keto Adalah Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Diet Keto adalahdiet yang cukup banyak dilirik, sekalipun keamanannya masih pro kontra. Diet ini memiliki metode yang cukup unik karena mengharuskan konsumsi lemak sehat. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet keto ini. Ada berbagai macam jenis diet yang bisa dilakukan. Tentu saja, masing-masing memiliki metode diet tersendiri. Salah satunya adalah diet Keto. 

Diet Keto adalah

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan hal yang dikeluhkan banyak orang. Selain menjadikan penampilan kurang sempurna dan kurang percaya diri, obesitas juga bisa memicu munculnya penyakit seperti serangan jantung, diabetes dan lain sebagainya. Oleh karena itu, upaya menurunkan berat badan sehingga menjadi seimbang sangat dibutuhkan.

Pengertian Diet Keto Adalah :

Diet Keto sebenarnya adalah jenis diet yang sangat mirip dengan diet Atkins dan diet rendah karbohidrat. Dalam diet ini juga ada upaya pengurangan atas konsumsi karbohidrat dan memperbanyak konsumsi lemak dengan jumlah protein sedang. Konsumsi lemak tinggi tersebut memiliki tujuan untuk membantu mendapatkan kondisi ketosis pada tubuh.

Dalam prosesnya, tubuh seseorang akan membakar lemak dan menjadikannya sebagai sumber energi utama. Kemudian, pada hati lemak akan diubah menjadi keton sehingga otak memperoleh suplai energi. Ketosis tersebut adalah kondisi yang terbilang ringan dari jenis ketoasidosis. Ini menjadi kondisi yang terbilang berbahaya pada seseorang yang menderita Diabetes tipe 1.

Diet Keto adalahdiet memiliki pro kontra tersendiri. Namun, sudah ada beberapa studi dan riset yang menunjukkan bahwa diet ini terbilang aman dan efektif. Terutama bagi yang menderita obesitas atau mengidap berat badan berlebih. Namun, sebaiknya dilakukan dengan jangka waktu tertentu dan mendapatkan pengawasan dari dokter.

Manfaat Diet Keto Adalah :

Selain mampu menurunkan berat badan secara efektif, diet Keto juga dipercaya mampu mengatasi beragam jenis penyakit. Dengan demikian, seseorang yang melakukan diet ini tidak hanya akan mendapatkan berat badan ideal, namun juga menyehatkan badannya. Berikut adalah beberapa manfaat diet keto kaitannya dengan kesehatan.

  • Membantu mengontrol gula darah

Untuk seseorang yang menderita Diabetes tipe 2, ini menjadi jenis diet yang disarankan. Dengan catatan lemak yang dikonsumsi tergolong jenis lemak sehat. Adapun contoh dari lemak yang sehat adalah lemak yang asalnya dari ikan salom, alpukat dan kacang-kacangan. Dengan asupan karbo yang terbilang rendah pada diet ini, maka kadar gula darah akan turun.

  • Meringankan gejala epilepsi anak

Berdasarkan ungkapan yang disampaikan oleh ahli gizi, diet Keto adalah jenis diet yang ampuh dalam membantu meringankan gejala epilepsi pada anak. Ungkapan tersebut sudah diuji berdasarkan penelitian kepada 150 anak penderita epilepsi. Mereka mengalami penurunan frekuensi kejang 50% sesudah menjalani diet ini selama satu tahun.

  • Membantu kurangi risiko penyakit jantung

Seseorang yang mengkonsumsi lemak sehat saat menjalani diet Keto akan terkurangi risiko penyakit jantungnya. Sebabnya adalah dengan diet ini, kadar insulin dalam tubuh akan mengalami penurunan kadar sehingga itu akan menurunkan produksi kolesterol. Dengan kolesterol yang stabil, seseorang tidak akan mudah terserang penyakit jantung.

  • Meminimalisir risiko gangguan sistem syaraf

Gangguan sistem syaraf juga bisa diatasi dengan memakai metode diet Keto. Adapun contoh gangguan sistem syaraf yang dimaksud adalah Alzheimer, penyakit Parkinson dan gangguan tidur. Adanya keton yang didapatkan dari diet ini mampu menguraikan lemak menjadi suatu energi. Sehingga, sel otak manusia dapat terlindungi dari kerusakan.

Baca Juga Artikel Lainya :

Langkah Memulai Diet Keto yang Tepat

Untuk menjalani diet Keto, ada beberapa langkah dan aturan khusus. Pada intinya, seseorang yang ingin melakukan diet ini harus mengurangi kadar karbohidrat setiap harinya. Adapun komposisi diet Keto yang standar untuk dipraktikkan dalam pola makan adalah 75% lemak, 20% protein dan 5% karbohidrat. Kadar makanan tersebut harus seimbang agar proses dietnya benar-benar berhasil.

Diet Keto ini sangat disarankan untuk jangka pendek. Kira-kira hanya dalam durasi 2-3 mingguan saja. Adapun batas maksimal untuk diet ini adalah 6-12 bulan. Tujuannya adalah untuk mengurangi kandungan lemak pada tubuh dan meningkatkan kesehatannya. Sesudah jangka waktu yang ditentukan berakhir, maka sebaiknya dilanjutkan dengan melakukan pola hidup yang sehat.

Jenis Makanan yang Disarankan dan Dihindari dalam Diet Keto

Ada hal yang perlu di perhatikan dalam diet Keto adalah seperti asupan makanan, ini merupakan hal yang penting. Ada beberapa jenis makanan yang wajib dikonsumsi dan ada juga yang harus dihindari. Untuk jenis makanan yang dianjurkan dalam diet ini adalah yang kaya akan kandungan lemak sehat. Sedangkan makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat adalah yang wajib dihindari oleh seseorang pelaku diet ini.

Contoh dari jenis makanan yang mengandung lemak sehat adalah telur yang memiliki kandungan Omega 3, daging, sosis, kalkun, ayam, steak dan sebagainya, krim seperti keju dan mentega. Selain itu, juga disarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau, bawang, cabai, tomat, kacang-kacangan dan biji-bijian. Kemudian alpukat yang sangat baik untuk dikonsumsi, serta garam, merica dan rempah alami.

Adapun jenis makanan yang harus dihindari adalah karbohidrat tinggi. Mialnya, pasta, nasi, sereal dan produk gandum, ubi, kentang, wortel, makanan dan minuman manis seperti permen, cake, gus, es krim, soda dan buah, lemak yang tidak sehat seperti minyak sayur dan mayonnaise serta beragam jenis minuman berbahaya seperti alkohol.

Teknik Diet Lainya

Beberapa Risiko Diet Keto

Seperti yang diungkapkan sebelumnya,diet Keto adalah jenis diet yang sebaiknya dilakukan dalam jangka pendek karena akan memunculkan dampak jika dilakukan dalam jangka panjang. Ada beberapa risiko yang bisa didapatkan jika mempraktikkan diet ini. Misalnya kekurangan asupan karbohirat yang sehat. Ada beberapa asupan karbohidrat sehat seperti kadang, gandum dan sayuran yang tidak dikonsumsi.

Seseorang yang menjalani diet Keto juga akan kehilangan manfaat vitamin dan juga mineral yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, jika seseorang mengkonsumsi protein dengan kadar yang melebihi batas akan menyebabkankan gangguan ginjal. Belum lagi kadar ketoasidosis yang meningkat.

Ketika awal melakukan diet Keto ini, seseorang biasanya akan mengalami beberapa keluhan yang muncul. Di antaranya adalah tubuh merasa lemas, susah tidur, gelisah, mual, perasaan lapar yang sangat mengganggu dan menurunnya konsentrasi. Sekalipun tidak semua pelaku diet ini akan mengalami keluhan tersebut. Namun, tentu saja ini menjadi hal yang mengganggu dalam sehari-hari.

Dengan demikian, sebelum melakukan diet Keto seseorang mempertimbangkan terlebih dahulu. Khususnya berhubungan dengan risiko yang akan didapatkan. Dan sesungguhnya ketika menjalani suatu diet, hasil yang didapatkan oleh setiap orang tidaklah sama. Oleh karena itu, setiap orang harus pandai memilih diet yang disesuaikan dengan keadaan masing-masing.

Diet Keto adalahdiet yang aman dilakukan. Namun, bisa memberikan dampak tersendiri ketika itu dilakukan dalam jangka panjang. Dan ada berbagai risiko serta keluhan yang mungkin didapatkan melalui diet ini. Namun, jika semua berhasil terlewati dengan baik, maka diet Anda terbilang berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *