Diet Militer Menurunkan Berat Badan Hingga 15 kg perbulan

Diet militer Adalah salah satu lagi jenis diet yang sangat dipercaya katanya untuk menurunkan berat badan secara cepat. Diet ini pada dasarnya adalah program diet rendah kalori, rendah karbohidrat dan dipercaya dapat menurunkan berat badan 5 kilogram hanya dalam kurun waktu seminggu. Bahkan bisa mencapai 15 kilogram dalam sebulan. Sungguh menggiurkan tentunya. Tapi apakah diet militer ini merupakan program diet yang aman?.

Diet Militer

Program diet militer ini sebenarnya memerlukan sekitar 3 hari diet ketat ditambah 4 hari libur diet, yang di total berjumlah seminggu. Nantinya program diet ini akan berlangsung setiap minggu hingga berat badan yang Anda inginkan bisa tercapai. Diet ini akan membuat Anda mengurangi asupan makanan yang berkalori dan berkarbohidrat. Berikut adalah daftar menu diet ala militer yang bisa Anda ikuti:

MenuDiet Militer

  1. Hari 1 diet militer
  • Sarapan : secangkir kopi atau teh, selembar roti tawar dan dua sendok selai kacang serta jeruk separuh.
  • Makan siang : secangkir kopi atau teh, selembar roti tawar dari gandum utuh dan setengah mangkuk atau kaleng tuna.
  • Makan malam : daging apapun sebanyak 3 ons, semangkuk kacang hijau, separuh pisang dan apel berukuran kecil, serta boleh ditambah secangkir es krim vanilla.

Total kalori dari hari pertama diet militer mulai dari sarapan hingga makan malam adalah sekitar: 1300 kalori

  1. Hari 2 diet militer
  • Sarapan : selembar roti tawar, satu telur rebus dan separuh pisang.
  • Makan siang : satu telur rebus, 5 lembar cracker dan satu mangkuk keju
  • Makan malam : pisang separuh dan wortel separuh mangkuk, satu mangkuk brokoli, dua hot dogsdan separuh cup es krim vanilla.

Total kalori dari hari kedua mulai dari sarapan hingga makan malam adalah sekitar:: 1200 kalori

  1. Hari 3 diet militer
  • Sarapan: 5 lembarcracker, 1 slice keju cheddar, dan satu buah apel.
  • Makan siang: satu telur rebus dan selembar roti tawar.
  • Makan malam: satu kaleng tuna, pisang separuh dan satu cup es krim vanila.

Total kalori diet militer dari hari ketiga mulai dari sarapan hingga makan malam adalah sekitar:: 1100 kalori

FaktaDiet Militer

  1. Bukan Metode Diet yang Baik

Seorang ahli gizi bernama Elaine Magee berpendapat bahwa diet dengan rendah kalori dan karbohidrat adalah pola diet yang tidak baik bagi tubuh. seperti yang kita tahu bahwa diet militer ini membatasi menu harian Anda dengan makanan yang rendah kalori dan karbohidrat selama 3 hari.

Padahal ketika Anda makan normal lagi setelahnya, yang mana tidak ada pembatasan jumlah kalori dan karbohidrat, maka berat badan Anda akan naik kembali.

Selain itu dengan kalori dan karbohidrat yang turun secara drastis dalam sehari dapat membuat Anda cepat lelah, kehilangan konsentrasi, dan kelaparan. Saat tubuh merasa kelaparan keadaan ini bisa membuat Anda berkeinginan untuk makan secara banyak setelahnya sehingga dapat mempengaruhi keadaan tubuh Anda.  Bahkan keadaan ini juga membuat metabolisme tubuh Anda ikut menurun.

  1. Menu Tidak Sehat diet militer

Banyak pakar dunia yang akhirnya menyoroti menu dari diet militer ini. seperti adanya menu hot dog dan es krim yang mana jumlah kalori yang di kandungannya sangatlah tidak mencukupi kebutuhan harian tubuh Anda, bahkan terbilang sangat kurang. Dan tentunya mengonsumsi makanan tersebut sebenarnya hanyalah seperti camilan karena makanan tersebut bukan tipe makanan yang menyehatkan.

Baca Juga Kontent Lainya Tentang

Fakta Lainya

  1. Diet militer Menimbulkan Resiko Penyakit

Di dalam program diet manapun olah raga adalah berperan seperti sumber utama turunnya berat badan. Sayangnya dalam program diet militer ini bahkan tidak disebutkan sama sekali untuk melakukan olah raga.

Seolah olah terbakarnya lemak hanya dilakukan cukup dengan membatasi menu dengan asupan kalori dan karbohorat yang rendah. Padahal salah satu pola diet yang baik adalah adanya pengaturan menu makanan dan berolah raga.

Padahal seperti yang Anda ketahui pembatasan pola makan saja tanpa adanya olah raga tentu tidak akan efektif untuk menurunkan berat badan. Dengan pengaturan pola makan diet  militer ini bisa saja membuat tubuh Anda naik dan turun secara drastis.

Jika kondisi seperti ini berlangsung secara terus menerus, tentu dapat membuat tubuh anda mengalami gangguan metabolisme tubuh, yang dapat memicu penyakit jantung dan batu ginjal.

  1. Diet militer  Tidak Ada Hubungannya dengan Militer Manapun

Meskipun diet ini disebut sebagai diet militer, namun pada kenyataannya hal tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan dunia militer sama sekali.

Banyak yang mengira menu makanan yang digunakan di atas adalah makanan para tentara milter. Mungkin diet ini adalah program diet para anggota militer untuk bentuk badan yang bagus dan ideal. Nyatanya tidak sama sekali, tidak ada militer di dunia ini yang menerapkan pola makan “diet ala militer” ini.

MenuDiet Tentara Sebenarnya Diragukan oleh Ahli Gizi Dunia

Dalam program diet ini disebutkan bahwa mengonsumsi ikan tuna kalengan dan es krim adalah suatu keharusan. Padahal makanan kalengan (dalam hal ini tuna) adalah rahasia umum bahwa makanan kalengan adalah makanan olahan pabrik yang dapat menyebabkan kanker, jika dikonsumsi secara terus menerus. Di samping itu es krim bukanlah makanan yang mengandung kalori yang cocok untuk menahan lapar saat diet.

Banyak juga yang mempercayai bahwa makanan di atas dapat meningkatkan metabolisme tubuh karena hampir semua makanan itu terlihat sehat. Nyatanya seorang ahli gizi bernama Elaine Magee berpendapat bahwa tidak ada hubungannya semua gabungan makanan itu dengan peningkatan metabolisme tubuh.

Kelaparan merupakan hal yang akan Anda dapatkan karena mengkonsumsi itu semua. Mempercayainya bahwa makanan tersebut dapat membuat Anda kurus dengan cepat. Ya mungkin pada hari – hari awal Anda akan melihat perubahan bentuk karenanya. Tapi coba perhatikan diet militer ini hanya menawarkan pembatasan kalori, karbohidrat dari jenis makanan tertentu juga, tanpa adanya melibatkan olah raga.

Dengan begitu program diet ini sangat mungkin membuat Anda naik dan turun berat badan secara cepat, apalagi ketika di 4 hari libur tersebut. Ada kemungkinan akan membuat Anda sangat ingin makan apapun karena nafsu makan yang tertahan di 3 hari awal. Tahukan Anda, bahwa naik turunnya berat badan secara drastis seperti ini dapat membuat metabolisme tubuh terganggu, yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda menurun. Hal ini justru dapat memicu penyakit tubuh seperti penyakit jantung, batu ginjal, dan lain sebagainya.

Oleh karenanya jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang ideal. Janganlah mudah tergiur dengan tawaran berat badan turun dengan cepat ditambah lagi dengan metode yang sangat mudah dan cepat pula.

Jadilah orang yang cerdas sebelum memilih program diet. Selalu cek apakah program diet tersebut disetujui oleh ahli gizi dunia atau tidak. Ada baiknya Anda berkonsultasi juga dengan ahli gizi tentang program diet yang cocok. Sekian Pembahasan mengenai Diet militer