Efek Terlalu Sering Makan Oatmeal (Akibatnya Cukup Fatal)

Efek Terlalu Sering Makan Oatmeal - Semua yang berlebihan itu pasti akan berdampak hal negatif padahal jika dalam porsi yang benar dapat memberikan hal positif. Termasuk pada konsumsi oatmeal, seperti diketahui bahwa makanan ini termasuk healty food untuk membuat lebih sehat.

Yaps jika benar dalam cara mengkonsumsinya tentu apabila terlalu sering akan memberikan efek kurang baik bagi tubuh kita. Point penting dalam oatmeal ialah makanan yang mengandung banyak karbohidrat bagus, ketika makan oatmeal sedikit saja bisa mengenyangkan perut kita dibanding nasi. Berarti pada saat masuk kedalam perut oatmeal proses pencernaanya lambat dan agak sukar dicerna menurut beberapa keterangan.

Efek Terlalu Sering Makan Oatmeal

Apalagi dizaman sekarang sob, boleh lah kita membuat oatmeal hasil buatan sendiri, tentu kualitasnya terjamin. Beda lagi nieh dengan oatmeal instan yang dijual dari berbagai macam produk dengan varian rasa cukup banyak. Nah resiko dampak negatif akan jauh lebih besar apabila memakan oatmeal instan tersebut terlalu sering. Pokoknya yang serba instan itu tidak baik bagi tubuh serta dikonsumsi dalam waktu lama dan rutin. Sama halnya dengan mie instan, pada dasarnya kan mie itu sangat menyehatkan sekali apabila dibuat dengan ketentuan dan takaran kita sendiri.

Beberapa Efek Terlalu Sering Makan Oatmeal

Langsung saja ini dia beberapa daftar efek samping dari terlalu banyaknya konsumsi oatmeal :

1. Resiko Diabetes Pada Oatmeal Rasa

Meskipun oatmeal itu sangat rendah kalori dan gula apabila tetap saja apabila kita terlalu sering memakanya. Efeknya bisa terkena diabetes lama kelamaan, terutama pada yang instan. Jelas sekali kandungan gula dalam beberapa merk oatmeal sangat banyak sekali. So pilihlah kualitas produk yang tidak terlalu mengandung kadar gula terlalu banyak kemudian bijak dalam memakanya.

2. Gangguan Pencernaan

Akan terjadi penyumbatan pada usus sehingga dapat terjadi sembelit, perlu diketahui oatemal itu merupakan makanan yang agak susah di cerna, jka terlalu sering misalkan dalam satu hari bisa beberapa kali, oatmeal sebelumnya belum tercerna dengan baik kemudian ditambah lagi oateaml baru. Jelas sekali akan menumpuk di usus, ketika makanan lain masuk akhirnya ikutan juga menumpuk. Kandungan asam phytic dalam oatmeal akan mencegah penyerapan nutrisi pada kandungan seperti kalsium, zat besi, magnesium dan lainya sehingga tubuh tidak bisa menerima manfaat dari kandungan gizi makanan.

3. Kekurangan Gizi/Nutrisi

Kandungan asam phytic oatmeal bersifat menangkal zat zat vitamin lainya sehingga tidak diserap oleh tubuh. Sebaikanya makan oatmeal jangan dibarengi dengan makanan lainya, tunggu 15 menit keatas kemudian konsumsi makanan selanjutnya. Ini sangat berbahaya sekali, jika asam phytic terus terusan menola nutrisi lainya, kan akibatnya jadi kekuarangan gizi.  Nah sob akibatnya bisa terjadi beberap hal seperti :

  • Gangguan Tulang
  • Susah tidur
  • Kejang otot dan kelemahan
  • Kecemasan dan agitasi
  • Gangguan fungsi organ bisa disebut Neurologis
  • Gampang lupa
  • Depresi
  • Pertumbuhan kuku lambat
  • pembekuan darah
  • RLS
  • Kelelahan
  • Hipoglikemia
  • migrain
  • Penyakit Ginjal

4.  Sensitivitas Gluten

walaupun oatmeal tak mengandung gluten, namun keadaan alam tumbuh di ladang yg mempunyai biji-bijian seperti gandum dan barley atau di dalam ladang garai dan barley, mampu mencemari oat dgn gluten. Kontaminasi oatmeal ini bisa memunculkan pertanda awal ringan sampai parah, tampaknya termasuk:

  • IBS (Irritate Bowel Syndrome) seperti kram dan kembung
  • Diare
  • penyakit kulit seperti ruam dan dermatitis seboroik dan dermatitis herpetiformis
  • Nyeri sendi dan mati rasa buat ekstremitas
  • hambatan endokrin

Akibat Terlalu Sering Makan Oatmeal Instan

Bebarapa dampak negatif dari makan oatmeal instarn terlalu berlebihan :

1. Alergi

Alergi ini terjadi buat sobat yang memiliki riwayat alergi pada zat gluten, asam fitan dan zat auenin. Karnea didalam Oatmeal instan terdapat zat seperti itu. Jangan coba coba deh memakanya, bentuk alerginya bisa terjadi kegatelan, gatal gatal hingga terjadi pembengkakan. Hati hati produk yang dikonsumsi aja, kita harus teliti membaca bahan bahanya.

2. Meningkatnya Gula Darah

Berbeda dengan oatmeal  yang dibuat secara mendadak dari bahan alaminya, kandungan gulanya sangat rendah. Sedangan pada oatmeal instan kandungan gulanya sangat banyak sekali. So hati hati jangan sampai terlalu sering karena efeknya bisa menyebabkan obesitas dan diabetes.

3. Keracun Akibat Efek Terlalu Sering Makan Oatmeal

Oatmeal merupakan bahan pangan non organik yg pernah menerima penyemprotan oleh beberapa pekebun dgn memanfaatkan pestisida supaya tanaman oat tak diserbu hama. Disinyalir Pestisida mampu bersembunyi dan tersimpan baik pada serpihan oat saat telah menjadi bungkusan. yg siap dimakan. memakan oatmeal instant dengan cara berlebihan mampu menyebabkan keracunan akibat unsur pestisida yg tertumpuk didalamnya ketika pengolahanya.

4. Kekacauan Metabolisme

Seperti yang sudah disebutkan tadi diatas karena oatemal mengandung zat phytic maka kandungan berbagai zat lainya akan ditolak saat masuk pencernaan seperti magnesium, kalsium dan beberapa vitamin lainya. Apalagi jika mengkonsumsi lemak, uuh ini sangat berbahaya sekali. Karena akibat konsumsi oatmeal makanan jadi menumpuk dalam perut sehingga metabolisme tubuh menjadi tidak normal.

Wajib Tonton Video Dibawah ini Agar Tahu Rahasianya !!!

Nah itu dia sob beberapa Efek Terlalu Sering Makan Oatmeal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *