Formasi Permainan Sepak Bola di Dunia Penjelasan & Sketsa

Formasi Permainan Sepak Bola – Data menyebutkan bahwa pada abad 21 ini sepak bola sudah dimainkan lebih dari 260 juta orang di seluruh dunia. Belum termasuk tuh anak anak pedesaan yang suka bermain di lapangan merah sambil hujan hujanan. Jadi teringat ya sob pada waktu kecil dulu kita sering marahin ibu karena main bola sambil ujan ujanan lagi.

Nah sob permaianan resmi sepak bola itu terdiri dari 2 tim, dimana setiap timnya ada 11 pemain dilapangan dan cadangan. Tujuanya adalah merebut bola lawan lalu di masukan ke gawang musuh dalam waktu 90 menit. Mencetak gol yang paling banyak itu pemenangnya.

Formasi Permainan Sepak Bola

Memasukan gol ke gawang lawan bukan perkara yang mudah sob, kita tahu sendiri banyak pemain lawan yang menghadang mereka tidak akan membiarkan bola itu masuk begitu saja. Oleh sebab itu butuh rencana, formasi strategis yang bagus.

Sekarang kita akan coba membahas tentang formasi tersebut. Sebelumnya kita perlu tahu bahwa formasi sepak bola terdiri dari 4 posisi utama pemain, posisi itu ialah:.

  • Penyerang. fungsinya adalah sebagai pemain garda terdepan dengan tugas utama adalah mencetak gol ke gawang lawan.
  • Gelandang. Mengatur jalur penyerangan yang terhubung dari bek hingga penyerang, mengatur tempo dan mengumpan bola adalah tugas pokok gelandang. Tapi pada saat tertentu di juga bisa mampu mencetak gol
  • Bek. Pemain belakang yang bertugas untuk mematahkan serangan lawan dan menjadi benteng pertahanan agar musuh tidak mudah membobol gawang.
  • Kiper atau penjaga gawang. Satu satunya pemain yang boleh menyentuh bola dengan tangan, di tugas nya menghalau dan menangkap semua tendangan yang mengarah ke gawang.

Sobat dari 4 posisi tersebut ada juga sebutan pemain dari berbagai lini yang di temaptkan dilapangan. Contoh istila striker, second striker, winger, centre foward itu adalah istilah yang mempunyai peranan tertentu di lapangan.

Macam Macam Formasi Permainan Sepak Bola

Berikut ini adalah bentuk formasi yang digambar kan melalui angka angka :

  1. Formasi 5-4-1
  2. Formasi 3-6-1
  3. Formasi 3-5-2
  4. Formasi 3-4-3
  5. Formasi 4-1-4-1
  6. Formasi 4-2-3-1
  7. Formasi 4-3-3
  8. Formasi 4-5-1
  9. Formasi 4-3-1-2
  10. Formasi 4-3-2-1
  11. Formasi 4-2-4
  12. Formasi 4-4-1-1
  13. Formasi 4-4-2

Penjelasan lengkap dari setiap bentuk formasi

  • Formasi 5-4-1
    Formasi 5-4-1
    Kalian dapat  melihatnya sendiri bagai mana bentuk formasi ini, di belakang terdapat 5 pemain back  baik itu centre back maupun wing back. Tengah terdiri dari 4 gelandang bisa terdiri dari pemain tipak CMF ( centre middle foward ) RMF, LWF, DMF. Garda terdepan striker tunggal. Biasanya tim yang memakan formasi ini sedang dalam mode bertahan kemudian melakukan counter atack cepat ke musuh. Melewati 5 back memang akan sangat merpotkan sekali. Tim menggunakan ini biasanya mempertahankan kemenangan yang tips atau menginginkan hasil seri.
  • Formasi 3-6-1
    Formasi 3-6-1
    3 orang tipikal bek murni centre back berdiri kokoh mengisi lini pertahan. Memang agak terlihat riskan ketika menerima umpan sing long ball ke bagian sisi. Di lini tengah terdiri dari 6 gelandang, ini sangat bagus sekali karena pertahanan di tengah sangat rapat sekali. Musuh akan kesusahan mengobrak ngabrik lini tengah, strategi ini di lakukan pada lawan yang memiliki umpan jarak dekat.gelandang tengah merupakan kunci dari permainan ini, mereka bisa bertindak menyerang maupun bertahan. Maka tipikal yang ada di gelandang bisa jadi terdiri AMF, SMF, LWF, RWF dan DMF. Untuk posisi penyerang memang dia harus mempunyai naluri gol yang tajam, nantinya suplai dari tengah akan selalu mengarah ke target man.Penguasaan bola juga merupakan inti dari  ini tapi sayangnya jarang banget di gunakan oleh tim tim papasn atas.
  • Formasi 3-5-2
    Formasi 3-5-2
    Terdiri dari 2 orang penyerang bisa striker dan second striker. Tengah 5 pemain gelandang yang mengatur dan inisiasi permaiana. Belakang ada 3 orang bek tipikal Centre Back (CB) . Rata rata gelandang denga formasi ini 1 gelandang murni CMF yang lainya gelandang menyerang.

Bentuk Formasi Permainan Sepak Bola Lainya

  • Formasi 3-4-3

    Formasi 3-4-3
    Bentuk strategi ini terdiri dari 3 pemain penyerang, 4 pemain gelandang dan 3 pemain bek. Komposisi starting line up menjadi bagian taktik permainan seorang pelatih. Di butuhkan pemain yang memiliki stamina yang sangat bagus karena gelandang tengah nya ni biasanya mereka berperan ganda, LWB, RWW pemain sayap dan juga RB dan LB. Adalah kala pemain saya ini melakukan overlap dan balik lagi ke belakang dengan cepat. Biasanya pemain ini memeliki speeed lari yang kencang. Nah untuk gelandang tengah nya memiliki peran sebagai playmaker.
  • Formasi 4-1-4-1
    Formasi 4-1-4-1Formasi ini adalah hasil pengembangan dari 4-5-1. Perbedaanya gelandang yang 5 orang itu di fokus kan untuk segi pertahan sedangkan 4-1-4-1 pemain gelandang bertipikal menyerang, sehingga lebih di fokuskan menyerang. Di paling depan ada seorang striker, tengah ada 4 gelangdang penyerang yang siap membantu mencetak gol dan 1 orang gelandang beratahan DMF untuk memotong dan menjegal umpan silang.
  • Formasi 4-2-3-1
    Formasi 4-2-3-1
    Formasi permainan sepak bola ini begitu populer dan banyak digunakan. Penyebabnya apasih, kenapa seakan akan formasi ini adalah dasar dari strategi setiap tim?. Masih ingat gak piala dunia tahun 2010, kan ada tuh tim yang lolos ke 4 besar yaitu belanda, spanyol dan jerman. Mereka menerapkan formasi ini sehingga dapat lolos.
    Pokonya sob dengan pola ini menyerang dan bertahan akan menjadi sama sama kuat, jadi istilahnya balance. Kita bisa melakukan serang cepat mungkin dan bertahan sekaligus. Adapun komposisi pemain di tiap lininya terdiri dari 1 orang striker, 3 orang pemain tengah tipikal penyerang, 1 gelandang beratahan dan 4 bek. Bisa disi oleh CB, RB, LB, DMF, AMF RWF, LWF, RMF, KMF, SS dan CF.
  • Formasi 4-3-3
    Formasi 4-3-3
    Formasi ini sering di gunakan oleh club club dan liga terkenal didunia, seperti contoh real madrid, barcelona, MU dan masih banyak lainya. Terdiri dari 4 bek, 3, gelandang, 3 penyerang depan.

Formasi  Sepak Bola Selanjutnya

  • Formasi 4-5-1
    Formasi 4-5-1
    Kesulitan dari formasi adalah saat melakukan penyerangan mendadak atau counter attack karena pada saat overlaping. Karena saat mereka melakukan itu pertahanan akan terbuka lebar bagi musuh.  Tim tim besar biasanya menggunakan formasi ini pada saat babak knock out agar bisa bertahan lebih baik tapi bisa menyerang juga. 1 pemain penyerang, 5 pemain gelandang dan 4 orang bek.
  • Formasi 4-3-1-2
    Formasi 4-3-1-2
    formasi permainan sepak bola ini di fungsikan agar melakukan penyerangan secara kuat karena untuk pemain bisa saling cover satu sama lain. Mengandalkan True past juga long past melalui terobosan memang akan menyulitkan lawan karena pemain bisa cepat melakukan inisiasi. Di belakang terdiri 4 orang bek, CB, LB dan RB. Kadang kadang LB dan RB melakukan overlap untuk membantu penyerangan dan gelandang tenga meng covernya. Di tengah terdiri dari 2 pemain sayap dan 3 orang menjadi gelandang murni bisa CMF dan DMF.
  • Formasi 4-3-2-1
    Formasi Permainan Sepak Bola. Formasi 4-3-2-1
    Dari sekian banyak formasi formasi permainan sepak bola yang ada ini merupakan formasi yang langka di temui dan di terapkan oleh pelatih. Di depan ada 1 penyerang, lapangan tengah 2 pemain gelandang saya dan 3 orang gelandang tengah murni. Di bagian pertahanan ada 4 orang bek yang siap menerima dan menghalau bola. Meskipun jarang tapi dengan pola ini jika tim nya solid maka akan sulit di tembus, 3 pemain gelandang tengah bisa fokus ke pertahanan di tambah lagi 4 bek. Dari segi penyerangan bisa melakukan counter attack atau penyerangan terorganisir penguasaan bola kuat dan menunggu peluang.
  • Formasi 4-2-4
    Formasi Permainan Sepak Bola. Formasi 4-2-4
    4 orang penyerang, 2 gelandang dan 4 bek artinya pola ini bisa mengandalkan serangan balik cepat. Dengan 4 penyerang di harapkan memiliki peluang besar untuk cetak gol. Terbukti oleh negara brazil yang menjuari piala dunia 1958.

Formasi 4-4-2 dan Formasi 4-4-1-1

Formasi Permainan Sepak Bola. Formasi 4-4-2

Formasi Permainan Sepak Bola. Bentuk Formasi 4-4-1-1

formasi permainan sepak bola Pola ini sering banget di gunakan oleh tim tim di seluruh dunia termasuk juga di indonesia. Saya kira pelatih menggunakan taktik ini lebih kepada keseimbangan tiap lini. Menyerang dan Bertahan kalau di persentasikan menjadi 50%|50% artinya bertahan bisa jadi penyerangan dan menyerang bisa jadi pertahan terbaik.

Namun rata rata awal serangan berasal dari sisi sayap, dari bek bisa umpan ke sayap, atau ke gelandang murni kemudian true pas dan akhirnya melakukan crossing dan umpang silang ke penyerang. Biasanya dengan taktik tersebut akan mudah mencetak gol.

Komposisinya di depat terdapat 2 orang penyerang, 4 orang pemain gelandang, bisa itu gelandang sayap atau murni gelandang. kemudian 4 orang bek di bagian peratahan.
Nah sob untuk formasi 4-4-1-1 bedanya hanya satu yaitu dari segi penyerang, 1 penyerang berperan sebagi CF murni striker lalu satu lagi SS Second striker.

Baca Juga :

Penutup 

Sejak kita kecil dulu yang namanya main bola sudah menjadi rutinitas, baik itu pada saat di sekolah maupun memainkanya pada sore hari. Olahraga favorit diseluruh dunia ini memang sangat mengasikan sekali baik itu pas kita bermain dilapangan atau menonton mendukung club kesayangan kita yang sedang bertanding.

Terimakasih sob sudah mampir dan membaca artikel ini tentang Formasi Permainan Sepak Bola.