Jenis Batu Ruby di Dunia Karakteristik & Macam Macamnya

Jenis Batu Ruby Beberapa tahun yang lalu di kita indonesia sempat booming dengan yang namanya batu akik atau batu mulia. hubungannya denga Ruby yaitu sama merupakan jenis batu namun berada di tingkatan yang berbeda. Kalo di indonesia lebih dikenal dengan batu mirah delima, di indonesia sendiri bisa di bilang sangat langka ditemukan. Orang yang menggunakan batu ini pun mungkin hanya yang tertentu saja. Langka, Unik otomatis harganya pasti cukup mahal.

Jenis Batu Ruby

Perlu di ketahui bahwa disebutkan dalam kitab sangsekerta dengan nama ratnaraj jika di artikan bahwa raja dari batu akik/mulia. Sobat harus tahu penghasil batu ini yang terbaik berasal dari negara myanmar tepatnya di mogok valley. Pigeon Blood-red itulah istilah sebutan dari batu ruby ini karena saking mewahnya dan berharganya batu ini. Warna rata rata kebanyakan batu ini adalah merah, bisa merah muda, merah darah dengan tingkat kebeningan, bercahaya dan berkilauan hingga membuat terasa sangat menawan dan mempesona.oh ya sob warna merahnya itu berasal dari kandungan tinggi mineral korundum dan kromium.

Harga batu ruby dipengaruhi oleh warna merah nya itu, ada yang merah murni, merah kekuningan dan merah segar. bisa juga dari tingkat kecemerlangan atau kilaun hingga transparansi batu ruby. Ukuran baru ruby juga akan sangat berpengaruh pada harganya, semakin besar ukuranya akan semakin mahal tentunya. Karat Ruby juga bisa mempengaruhi nilainya.
Untuk manfaat pemakaian batu ruby ini mungkin menurut saya hanya mempercantik diri dan sebagai style. Bagi kesehatan saya tidak tahu tapi saya tidak menemukan alasan yang kuat apa pengaruhnya tehadap kesehatan. Manfaat secara emosional dapat meningkatkan kepercayaan diri tentunya. Siapapun mungkin dengan memakai batu ini akan terasa percaya diri sekali. Tapi saya tidak percaya untuk hal hal mistis seperti membuat keberuntungan memihak atau lain sebagainya.

Harga nya ada yang murah banget ada juga yang mahal parah. Kisaranya sih dari ratusan ribu hingga jutaan.

Jenis Batu Ruby yg ada di Dunia

Setalah mengetahui sedikit penjelasa batu ruby maka kita juga harus mengenal jenis jenis batu ruby agar dapat membedakanya dengan jenis batu lainya. Banyak orang tertipu dengan jenis batu karena mungkin kurang mengenal ciri ciri dari batu tersebut. Ok sob kita coba paparkan secara lengkap dan detail mengenai Jenis Batu Ruby diantarnya adalah:

  1. Ruby Burma
  2. Ruby Thailand
  3. Ruby Tanzania
  4. Ruby Madagaskar
  5. Ruby Fuschite
  6. Ruby Sintetis
  7. Ruby Carmen Lucia

Penjelasan lengkap jenis jenis tersebut :

  • Ruby Burma
    Dari namanya sudah ketahuan bahwa jenis ini di peroleh dari negera myanmar tepat nya di burma. Burma ini sangat terkenal sekali di akui sebagai penghasil ruby terbaik didunia. Produk unggulanya yang paling banyak di cari adalah Pigeon Blood red dengan warna merah darah sedikit kebiruan. Sebagian orang didunia banyak yang memperebutkan dan mengincar pigeon ini karena sangat langka, mahal dan bernila sekali. Bisa terbayangkan kalo kita punya batu yang satu ini, pastinya sangat bangga dan punya wibawa tinggi. Para pekerja seni di mogok valley ini lah yang membuat karya terbaik dari ruby ini.
    Pigeon Blood red ruby
  • Ruby Thailand
    Sebutan lainya dikenal sebagai Ruby Siam yang menawarkan keindahan, sisi eksotis dari sebuah batu yang sempurna. Dengan memiliki banyak kandungan krom membuat batu ini banyak diminati oleh sebagian masyarakat dunia. Jika di bandingkan dengan ruby burma memang aga sedikit jauh. Namun itu semua tidak menutup keindahan langka dari batu ini. Saya kira perbedaan dari setiap ruby akan menimbulkan berbagai macam selera dan pendap yang berbeda tentunya. Bagi penggemar siam menurutnya mungkin lebih bagus dari burma karena mungkin mereka merasakan sisi kelebihanya di bandung dengan batu batu lainya.  Banyak loe para kolektor benda unik dan mahal menginginkan batu siam ini.
    Jenis Batu Ruby

Jenis Batu Ruby Lainya

  • Ruby Tanzania
    Tanzania letaknya di benua Afrika yang sudah tidak asing lagi daerah ini menjadi penghasil tambang batu salah satunya jenis ruby. Berbeda dengan ruby lainya makin besar makin mahal akan tetapi beda dengan yang satu karena justru kebalikanya. Makin kecil ruby ini makin mahal, kenapa itu bisa terjadi?. Yaps ruby ini jika semakin besar maka pancaran cahaya, kecemerlangan dan warna akan meredup tidak berkilauan. Namun jika ruby ini kecil justru pancaran kecemerlangan makin bagus. Sehingga sangat unik sekali.
    Ruby Tanzania
  • Ruby Madagaskar
    Jenis Batu Ruby ini terbilang masih muda karena baru baru ditemukan tepatnya pada Juli 2015, di dalam Taman Nasional Zahamena di Madagaskar. Pada saat itu foto foto batu tersebut menyebar hingga pada akhirnya para penambang banyak berdatangan kesana akhirnya terjadi konflik dengan pihak konservasi taman namun cepat diatasi oleh pemerinath lokal. Kandungan karat dari ruby madagaskar ini di atas 10 karena itu sangat langka dan ada tekstur baru. Setelah penemuan batu tersebut akhirnya banyak di temukan juga di daerah daerah lain di madagaskar. Hasil batu tersebut rata rata memiliki warna agak gelap, jingga dan merah mudah. Harga dari batu ini karena mungkin masih awal awal dan banyak di temukan belum menjadi langka jadi harganya sangat terjangkau.
    Ruby Madagaskar
  • Ruby Fuchsite

    Jenis Batu Ruby ini berasal dari negara india yang dikenal sebagai batu penyembuhan medis secara rasional. Kombinasi indah kristal ruby merah alami yang tertanam di fuchsite hijau pucat dan sedang. Batu ini bagus untuk koleksi barang antik maupun digunakan. Manfaatnya bagi kesehatan bagus untuk jantung yang akan membersihkan penyumbatan, namun secara data saya masih belum menemukan faktanya. Segi kesehatan mentalis akan membantu , memperkuat kesadaran seseorang dalam keadaan tertentu dengan mengubah energi destruktif menjadi positif. Dengan memakain batu ini akan memperkuat medan energi butuh. Masih banyak sebenarnya manfaat dari batu ini secara mentalis tapi penulis tidak berani untuk mencantumkanya.
    Ruby Fuchsite

Macam Macam Batu Ruby Belum Banyak di Ketahui

  • Ruby Sintetis
    Bisa dibilang ruby ini merupakan buatan manusia dengan berbagai macam bahan yang di campur hingga terbentuklah ruby.  Jadi Sob kalian harus tahu mana ruby sintetis mana yang bukan.Dari tahun 1837 – 1907 banyak ilmuan sains atau orang orang yang bisa membuat ruby sintetis dari berbagai bahan. Mulai dari tawas kalium yang dicampurkan dengan kromium oleh Gaudin pada suhu tinggi sehingga terciptalah Ruby sintetis pertama kalinya. Setelah itu adalagi ilmuan yang namanya frenic, freil, frimy, auguste verneuil yang membuat ruby sintites. Tapi pelopor secara komersial adalah Verneuil itu. Cara membuat ada yang pake kristal di potong potong, campuran BaF2, AL203 dan krom sehingga menjadi Ruby. Saya juga tidak mengerti tentang pembuatnya, karena bukan ahli dalam hal itu.
    Ruby Sintetis
  • Ruby Carmen Lucia
    Jenis Batu Ruby legendaris ini sama romantisnya dengan legenda itu sendiri. Tertanam dalam batu Carmen Lucia adalah kisah cinta yang telah melampaui kematian. Yaps sob itu kata kata sastra dan puitis sebagai gambaran dari sejarah batu ini.Batu delima alami ini memiliki kombinasi karakteristik yang luar biasa. Selain ukurannya yang besar, batu permata yang luar biasa ini menampilkan warna merah homogen yang kaya jenuh, dikombinasikan dengan tingkat transparansi yang luar biasa. Batu itu ditambang dari daerah Mogok yang terkenal di Burma pada 1930-an. Sumber batu ruby halus yang paling penting adalah Burma, sebenarnya istilah “Ruby Burma” identik dengan batu ruby terbaik dan paling berharga. Ruby Burma dianggap sebagai warna terbaik  yaitu merah sedikit keunguan, merah dan warna sedang gelap, dengan semangat warna ditingkatkan oleh fluoresensi merah. Warna ini umumnya disebut sebagai "darah merpati." Sementara permata safir, zamrud, dan berlian seberat ratusan karat ada, ruby Burma berkualitas tinggi yang lebih besar dari 20 karat sangat langka.
    Ruby Carmen Lucia

Demikian postingan kali ini tentang Jenis Batu Ruby yang saya ketahui. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *