Lapangan Bola Voli Ukuran + Gambar Terbaru & Penjelasanya

Lapangan bola voli dan segala bentuk hal yang dilakukan, dalam memainkan permainan ataupun sejenis olah raga ini, ialah memerlukan cara dan konsep permainan yang harus dibangun sejak awal. Agar permainan yang ada senantiasa terjaga, dan menghasilkan sebuah permainan yang tidak asal-asalan. Pastilah dengan melakukan permainan yang terkonsep dan sesuai standar, maka akan baik.

Baik di sini, berarti bisa kepada hasil yang positif dari permainan voli ini. Dan juga berdampak kepada kualitas dari permainan voli itu sendiri. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang patut diketahui berkaitan tentang permainan bola voli. Karena dengan mengetahui cara yang sesuai aturan yang ada, maka akan menghasilkan sebuah permainan yang senantiasa enak dipandang mata.

lapangan bola voli

StandarLapangan Bola Volidan Cara Bermain

  1. Standar Ukuran Lapangan

Ukuran lapangan bola voli yang ada di Indonesia, maupun yang ada di dunia memang telah memiliki standarisasi yang membuat seluruh ukuran lapangan memiliki kesamaan. Apabila dari salah satu lapangan memiliki ukuran yang berbeda, yaitu lebih besar ataupun lebih kecil. Maka tidak termasuk ke dalam lapangan yang standar.

Perlu diketahui jika standar dari lapangan ini menggunakan perhitungan yang matang, sehingga lapangan dari bola voli ini mampu dimaksimalkan oleh seluruh lapisan pemain, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri ataupun dari benua lainnya. Panjang dari lapangan voli ini yaitu 18 meter, yang mana panjang ini menjadi 2 bagian yaitu bagian kandang dan lawan.

Lebar dari lapangan bola voli  yaitu 9 meter. Sehingga secara ukuran tidak lah terlalu besar, dan tidak terlalu kecil. Standarisasi ini hendaknya dipergunakan oleh seluruh pemain dan cabang olah raga voli yang ada di dunia. Hal ini dikarenakan dengan adanya standarisasi yang baku, maka ketika akan menghadirkan sebuah moment pertandingan internasional maka akan bisa bersaing.

  1. Bola Voli

Standarisasi dari bola voli  tidak sekadar untuk lapangan bola voli semata, melainkan juga seluruh aspek baik itu instrumen dari permainan bola voli ini. Yaitu berupa bola voli dan lain sejenisnya yang tentunya memiliki standar dan ukuran baku, sehingga di manapun berada akan tetap sama dan tidak adanya perbedaan yang mencolok.

Bola voli yang dipergunakan oleh para pemain yaitu, memiliki panjang keliling bola 65 cm. Dengan berat dari bola tersebut sebesar 260 gram. Standar ini lah yang dipergunakan oleh seluruh dunia manapun berada. Ketika sebuah permainan bola voli tidak menggunakan aturan seperti ini, maka akan membuat permainan tidak baik.

Berat dan besar dari bola voli  telah baku, sehingga umur berapapun dan dalam permainan jenis apapun bola voli akan tetap dengan ukuran yang sama, karena memang inilah ukuran baku dari bola voli.

Ukuran Bola dan Pemain Voli

  1. Ukuran Net Bola Voli

Ukuran bola voli standar yang dipergunakan oleh seluruh pemain permainan bola voli yaitu, dengan panjang 9 meter dan lebar 1 meter. Jadi memang seluruh batas pembatas bidang permainan, disekat oleh net yang mampu menjadikan wilayah yang harusnya dijaga agar bola tidak mampu masuk ke wilayah permainan. Ketika bola masuk ke wilayah permainan, maka akan menambah angka lawan.

Net memang haruslah memiliki ukuran dan panjang tinggi yang jelas, sehingga ketika pada moment tegang, ataupun akan mencapai sebuah kemenangan, maka tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika tidak menggunakan net yang standar. Dengan menggunakan net yang standar ini, harapannya akan mampu menjadikan permainan bola voli akan semakin fair dan kompetitif.

Tinggi dari net bola voli ini memiliki perbedaan antara pria dan wanita. Hal ini bisa terjadi dikarenakan secara kemampuan fisik, pria dan wanita akan sangat berbeda. Tinggi net dari pemain pria yaitu 2,43 meter, sedangkan untuk tinggi net dari pemain wanita yaitu 2,24 meter. Memang tidak terlalu jauh untuk perbedaannya, tetapi paling tidak sudah mencapai batas maksimal seorang wanita.

  1. Jumlah Pemain Bola Voli

Jumlah pemain dari permainan bola voli ini yaitu, untuk masing-masing team nya terdiri dari 6 orang. Dan pada masing-masing pemain ini memiliki tugas dan fungsi yang berbeda tentunya. Karena hal ini sangatlah diperhitungkan, agar ketika melakukan perlawanan maupun pertahanan, akan mampu bertahan secara kuat. Sehingga tidak akan mudah kecolongan angka.

Posisi dari para pemain bola voli yaitu, ada yang bertugas sebagai stoser, blocker, libero dan passing. Memang penamaan dari posisi masing-masing pemain ini bisa berbeda, namun tugas dan cara bermain pastilah akan sama persis. Karena telah menjadi baku dari sebuah permainan bola voli. Ketika sebuah permainan ini tidak adanya pembagian tugas yang baik, maka akan buruk.

Info Selanjutnya :

Permainan di lapangan bola voli yang ada akan senantiasa tidak terkonsep, dan akan mengalami kekalahan. Tetapi ketika persiapan akan konsep dan strategi berikut dengan tugas dan kewajiban dari  masing-masing posisi telah kuat, maka bagaimanapun akan enak dan nyaman ketika dipandang. Sebagai seorang stoser, maka tugas utamanya yaitu memantulkan bola ke dua kalinya kepada smasher.

Smasher yaitu orang atau pemain yang bertugas memaksimalkan kemampuannya, untuk bisa menjebol pertahanan lawan. Saat ini, konsep permainan yang menggunakan pembagian tugas yang baik, maka akan menggunakan konsep pertahanan dan penyerangan yang seimbang. Oleh karena itu, smasher memaksimalkan serangan dan blocker untuk memecah konsentrasi dari lawan.

  1. Posisi Pemain Bola Voli

Permainan bola voli memiliki posisi masing-masing tugas, guna mampu memaksimalkan setiap serangan maupun variasi pertahanan. Sehingga tidak mudah untuk dikalahkan oleh tim lawan. Pada bagian depan ada stoser yang fungsi utamanya yaitu, untuk memantulkan bola voli ke posisi yang paling nyaman untuk para smasher, mampu memasukkan bola ke wilayah lawan.

Dukungan untuk smasher berupa blocking dari bagian block, yang fungsi utamanya ialah mampu mengantisipasi dari serangan balik. Buah dari kegagalan sang smasher dalam memasukkan bola ke wilayah lawan. Dengan teknik blocking ini, maka diharapkan bola tidak akan bisa melewati net dari lawan dan bola akan kembali arah ke wilayah lawan.

Pada bagian belakang ada posisi libero, yang fungsi utamanya ialah sebagai penjaga gawang terakhir yang menerima setiap pukulan keras ataupun hantaman smasher dari tim lawan. Karena hanya dengan posisi passing bawah lah, yang mampu menahan serangan smash dari lawan. Ketika menggunakan passing atas ketika  menahan smash, maka akan mengakibatkan cidera tangan.

Maka memang dalam permainan di lapangan bola voli haruslah memperhatikan tentang aturan dan standarisasi permainan, sehingga menjadikan permainan bola voli ini semakin nyaman dan teratur. Ketika mengalami permasalahan pun akan bisa terselesaikan secara baik apabila mengikuti seluruh instruksi, dan arahan dari sebuah aturan bola voli.

Kesimpulan Bahasan Lapangan Bola Voli

Permainan yang mampu memberikan persaingan yang ketat dan baik untuk dimainkan, yaitu ketika seluruh instrumen dari bola voli ini terpenuhi. Dan salah satu nya yaitu, berupa bola voli ini. Jika kita berada di sebuah perkampungan atau pedesaan mungkin ada beberapa yang memang tidak memenuhi standarisasi tapi terlalu jauh dengan kebanyakan ukuran lainya, beda beda tipis.

Baca juga konten lainya : Ukuran Bola Voli

Olahraga bola voli memang sejatinya hanya untuk hiburan semata bagi rata rata warga indonesia. Terimakasih ya sob sudah mampir dan membaca artikel ini tentang lapangan bola voli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *