Makalah Lompat Jauh

Makalah Lompat Jauh Ada banyak cabang olahraga yang biasanya dilombakan. Salah satunya adalah ajang lompat jauh. Lompatjauh terbilang jenis olah raga yang sulit. Ia membutuhkan berbagai teknik danpemahaman dasar untuk bisa melakukan perlombaan ini secara tepat. Dan tentunya makalah lompat jauh diperlukan untuk mengetahui apa saja hal-halpenting dalam perlombaan ini.

Lompat jauh memiliki berbagai teknik yang wajib dipahami oleh setiap atlit. Selain itu, ada banyak gaya yang harus dikuasai dalam lomba ini. Maka dari itu, pada artikel kali ini akan dibahas secara mendetail tentang pengertian, teknik dan berbagai aturan dalam lompat jauh.

Sobat pasti kalian pada waktu sekolah dasar dulu setiap jadwal olahraga sering kali guru kita melatih tatacara lompat jauh yang benar. Pada Saat saya dulu selalu diadakan record mana yang lompatan dari setiap murid yang paling jauh. Dulu kita arenanya pakai pasir bangunan yang di kumpulkan dalam satu lubang yang sudah di sediakan khusus untuk olahraga ini. Ok Sob kita akan bahas mengenai salah satu jenis olahraga ini dimulai dari.

Pengertian Lompat Jauh

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai makalah lompat jauh ini, maka akan diulas terlebih dahulu tentang pengertiannya. Lompat jauh adalah salah satu jenis olah raga yang memrlukan ketangkasan, kecepatan dan kekuatan dari titik lepas landas, kemudian melayang di udara dan akhirnya mendarat di bak pasir.

Umumnya, seorang atlit lompat jauh mengambil ancang-ancang sebanyak 30 meter dari garis tepat untuk lompatnya. Kemudian dilanjutkan dengan langkah yang tegak sampai mencapai kecepatan maksimum. Hal ini dilakukan sebelum atlit melakukan suatu tolakan atau loncatan dengan menggunakan satu kaki yang dekat dengan tepian vertikal garis lompatnya.

Makalah Lompat Jauh

Makalah Lompat Jauh

Peraturan Lompat Jauh

Dalam lompat jauh, ada beberapa peraturan yang wajib diperhatikan. Jika tidak memperhatikan peraturan yang ada, maka dianggap itu melanggar dan didiskualifikasi. Berikut adalah beberapa peraturan dalam lompat jauh yang harus diperhatikan. Jika beberapa hal berikut ini dilakukan, maka seseorang dianggap gagal dalam lompat jauhnya.

Pertama, atlit tidak diperkenankan menyentuh tanah yang berserakan dengan satu atau beberapa bagian tubuhnya. Baik itu dengan berlari tanpa membuat tolakan atau dengan membuat tolakan. Oleh karena itu, atlit harus membuat suatu tolakan yang benar.

Ketika atlit mendarat memakai bagian lain yang ada di bagian luar pendaratan, maka ia juga dianggap tidak mematuhi aturan. Sehingga, pastikan mendarat di bagian yang tepat. Namun, hal ini tentu membutuhkan latihan yang ekstra.

Seorang atlit lompat jauh tidak diperbolehkan mendarat dengan gerakan salto. Hal ini dianggap tidak sesuai aturan dan ia terbilang gagal dalam ajang lompat jauh.

Ukuran Lapangan untuk Ajang Lompat Jauh

Pembahasan pada makalah lompat jauh berikutnya adalah mengenai ukuran lapangan lompat jauh. Ajang ini tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Melainkan harus di lapangan yang ukurannya sesuai. Oleh karena itu, panitia penyelenggara harus benar-benar mengukur lapangan agar sesuai dengan aturan.

Untuk lintasan dari awalan, biasanya mempuntai panjang lintasan standar kira-kira 40 an meter. Lintasan pada awalan ini biasanya akan dipakai untuk ancang-ancang. 40 meter tersebut setara dengan 131 kaki. Adapun untuk lebarnya adalah antara 1,22 m sampai dengan 1,25 m. Sementara untuk samping kanan dan kiri bagian luncurnya memiliki lebar 5 cm.

Kemudian untuk papan tolaknya memiliki bentuk segi empat. Papan ini dibuat dari bahan kayu atay yang lain yang biasanya dicat dengan warna putih. Papan tolakan tersebut ditanam setidaknya tidak kurang dari ukuran satu meter dari kursi yang letaknya ada di dekat tempat pendaratan. Sedangkan untuk jarak papan kelak dengan sisi yang paling jauh dari lokasi pendaratan adalah minimal 10 m.

Teknik Makalah Lompat Jauh

Ada beberapa teknik dasar dalam ajang lompat jauh. Teknik tersebut adalah teknik awalan, teknik tumpuan, teknik melayang dan teknik mendarat. Berikut adalah penjelasan masing-masing tekniknya.

Untuk teknik ini, atlit melakukan suatu ancang-ancang dengan jarak 20 sampai dengan 30 meter dar garis. Sesudah itu, atlit akan berlari dengan diiringi kendali lari yang tepat. Pengendalian ini sangat penting khususnya pada 3-5 bagian dari sesi lompat. Dimana seseorang harus mengalihkan kecepatan dari awalan menuju ke loncatan atau tolakan.

Ini adalah proses lompat jauh dimana kaki seseorang melompat dengan mengangkat bagian tubuh ke atas kemudian melayang di udara. Saat melakukan teknik ini, atlit harus membengkokkan kaki sedikit. Kemudian ditatapkan dan diluruskan. Gerakan ini meliputi kecepatan, kekuatan dan konsentrasi supaya kakinya tidak ke arah yang lain.

Berikutnya adalah teknik melayang. Pada teknik ini, kaki diletakkan di posisi depan dan melayang. Tujuannya adalah agar memudahkan proses mendarat. Di samping itu, dalam teknik ini atlit harus benar-benar menjaga keseimbangan badan, melayang di udara dengan durasi yang lama dan menyiapkan kaki yang tepat untuk proses pendaratan.

Terakhir adalah teknik pendaratan. Cara pendaratannya adalah dengan menundukkan kepala dan mengayunkan gerakan ke arah depan. Tujuan dari hal ini adalah supaya anggota tubuh yang lain tidak bergerak secara lebih ke belakang.

Agar berbagai teknik di atas bisa maksimal, maka dibutuhkan beberapa langkah dan latihan. Misalnya dengan berlatih menentukan jarak ancang-ancang yang tepat. Kemudian berusaha menentukan irama awalan lari yang stabil dan mengasah berbagai teknik, mulai dari teknik tolakan, melayang dan juga pendaratan.

Gaya dalam Lompat Jauh

Pembahasan pada makalah lompat jauh terakhir adalah tentang gaya yang terdapat dalam lompat jauh. Lompat jauh memiliki beberapa jenis gaya. Hal ini ditetapkan berdasarkan keputusan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan bahwa setidaknya ada tiga jenis gaya yang ada pada lompat jauh. Berikut penjelasannya.

Ini adalah gaya pertama dari lompat jauh. Gaya ini terbilang jenis gaya yang relatif mudah untuk dilakukan. Seorang pelompat hanya perlu menekuk bagian dua kaki. Posisi ini sangat mirip dengan posisi jongkok. Akan tetapi, menggunakan kompilasi yang melayang di udara. Karena itulah gaya ini dikenal dengan gaya jongkok atau gaya mengambang.

Berikutnya adalah gaya berjalan di udara. Gaya ini berbeda dengan yang sebelumnya. Gaya ini lebih menekankan pada berjalan di udara dengan efektif untuk dapat menghasilkan lompatan paling jauh. Dibandingkan dengan gaya lain, ini sangat cocok untuk para profesional. Caranya dengan bergaya seperti berjalan saat kaki tumpu melakukan suatu loncatan.

Terakhir adalah gaya menggantung. Gaya ini mirp dengan melayang di udara dengan bagian dadanya dibusungkan ke arah depan. Sementara untuk bagian kedua tangannya diangkat ke bagian atas dengan kakinya ditekuk ke arah belakang. Tujuan dari gaya menggantung ini adalah agar tubuh seseorang bisa lama berada di udara.

Makalah lompat jauh yang dijelaskan di atas adalah penjelasan umum mengenai lompat jauh. Untuk bisa menjad ahli di bidang ini, seseorang harus memiliki nyali yang tinggi serta kemampuan yang memadai. Kemudian, seseorang juga perlu latihan secara maksimal agar menghasilkan yang terbaik saat lomba.