Makanan Diet Pengganti Nasi Cepat Menurunkan Berat Badan

Makanan Diet Pengganti Nasi - Diet memang di lakukan oleh sebagian orang untuk mendapatkan badan yang ideal, karena dengan badan yang ideal dapat menumbuhkan rasa percaya diri kepada diri sendiri salah satunya. Sudah banyak cara yang di lakukan untuk diet, namun dengan berbagai macam cara tersebut setidaknya harus memperhatikan kondisi tubuh, jika mengabaikannya akan berakibat fatal.

Tanpa di sadari atau tidak, banyak yang melakukan diet tanpa karbohidrat dan kurang menyadari efek sampingnya bagi kesehatan tubuhnya. Pasalnya kurang karbohidrat bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas, pusing dan mudah lelah. Dan perlu di ingat bahwa fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi, sebanarnya untuk ini banyak makanan diet yang bisa menjadi opsi pilihan.

Makanan Diet Pengganti Nasi

Ada berbagai macam sekali opsi kita untuk memenuhi karbohidrat yang rata rata orang indonesia mendapatkanya dari Nasi. Sobat bisa memakan seperti buah buahan yang mengandung karbohidrat, baik umbi umbian yang kita bisa dapatkan dengan mudah di wilayah kita, bahkan harga nya jauh lebih murah dari beras. Apalagi sobat sedang menjalankan diet, kita tahu bahwa nasi banyak mengandung gula yang akan mempengaruhi dalam proses itu. Sedangkan orang yang lagi diet itu makanan yang perlu dihindari adalah yang mengandung lemak dan gula.

Baca Juga Konten Lainya :

Rekomendasi Makanan Diet Pengganti Nasi

Salah satu diet yang paling populer dan sering kali di lakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat, dan diet ini biasanya di kenal dengan diet kotegenic, yakni membatasi asupan karbohidrat setiap harinya maksimal 150-200 gram.

Kita sadari bahwa nasi merupakan sumber utama asupan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, dan mempunyai fungsi sebagai sumber energi. Walaupun melakukan diet dengan mengurangi asupan karbohidrat, sebagai alternatifnya bisa di ganti dengan makanan diet pengganti nasi. Berikut beberapa makanan sehat pengganti nasi :

  1. Bunga kol

Di lihat sekilas dari penampilannya bunga kol ini memang mirip nasi. Bunga kol ini paling sering di gunakan untuk diet paleo dan keto. Karena secangkir 4 bunga kol ini mengandung 4 gram karbohidrat, sedangkan pada nasi putih mengandung 39 gram per cangkirnya.  Jika ingin lebih kenyang takaran bunga kol bisa di samkan dengan takaran porsi makan nasi.

Penyajian bunga kol ini bisa di kukus ataupun di sangrai, selain itu tekstur bunga kol ini empuk dan memiliki rasa yang manis serta gurih.

  1. Oatmeal

Siapa yang tidak kenal jenis makanan satu ini, makanan jenis oatmeal ini merupakan gandum yang dapat mengurangi lemak dan kolestrol. Selain itu oatmeal bisa membuat kenyang lebih lama, untuk penyajiannya bisa di campur dengan susu  atau buah lainnya.

  1. Brokoli

Sayuran brokoli ini masih satu keluarga dengan bunga kol yang juga merupakan sumber nutrisi dengan ragam kesehatan. Salah satunya dapat mencegah kanker.  Sayuran hijau ini juga bebas dari lemak dan hanya terdiri dari 7 gram karbohidart per 100 gramnya.  Penyajian brokoli ini lebih sehat di kukus atau di rebus sebentar agar kandungan nutrisi dan seratnya tetap terjaga.

Penyajian lain dari brokoli ini bisa di blender kasar dengan food processor, kemudian di tumis dengan sedikit unsalted butter untuk menjadi makanan pengganti nasi.

Makanan diet Pengganti Nasi Lainya 

  1. Ubi Jalar

pengganti nasi lainnya adalah ubi jalar, ubi jalar ini mengandung karbohidrat yang lebih mengenyangkan. Di bandingkan dengan nasi tanaman ubi-ubian ini memiliki rendah lemak dan kalori. Selain itu mengkonsumsi ubi jalar dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan stamina tubuh.

  1. Quinoa atau kinoa

Quinoa mulai dikenal di Indonesia beberapa tahun terakhir sebagai makan diet pengganti nasi. Quinoa merupakan makanan semu yan menjadi makanan pokok bai masyarakat Indian di pegunungan Andes, Amerika Selatan. Quinoa mengandungan 21 gram karbohidrat di dalamnya.

Quinoa ini tergolong dalam superfood yan merupakan sumber nutrisi seperti protein, serat, zat besi, potasium, magnesium, fosfor,  mangan, folat, thiamine, dan vitamin B6. Dan seluruh kandungan Quinoa bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu untuk menyembuhkan penyakit.

Selain itu Quinoa sangat baik untuk di konsumsi oleh penderita diabetes dan intoleran gluiten. Adanya kandungan serat yang tinggi dalam quinoa membuat laju pelepasan gula darah ke pembuluh darah lebih lambat, sehingga kerja insulin dalam tubuh dapat terbantu dengan baik.

  1. Mie dari sayuran zukini ( zucchini noodle)

Sekilas melihat bentuknya, banyak yang mengira mie zukini ini  sebagai timun jepang. Karena sensasi rasa dan teksturnya juga menyegarkan seperti timun pada umumnya. Padahal zukini  merupakan sejenis golongan labu kecil yang buahnya di panen sebelum matang untuk di jadikan sebagai sayuran yang bernama curcubita pepo.

Dalam 100 gram zukini, memiliki kandungan karbohidrat hanya 3,1 gram. Sehingga, aman untuk di makan dengan jumlah porsi yang banyak, apalagi pada sayuran ini juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B6 dan mangnesium yang cukup banyak.

  1. Kentang

Kentang tidak hanya mengandung banyak karbohidrat, namun di dalam kentang juga terdapat pati, vitamin E, vitamin K, vitamin B, vitamin C, zat besi, magnesium dan seng. Mengkonsumsi kentang secara rutin dapat meningkatkan fungsi otak, menutrisi kulit dan menurunkan tekanan darah.

Rekomendasi Makanan Selanjutnya

  1. Kubis

Sayuran jenis kubis ini sangat mudah untuk di temukan. Kubis di nilai memiliki rasa yang menyegarkan karena mengandung mineral dan vitamin di dalamnya, seperti halnya vitamin A, C, kalium, kalsium, fosfor, natrium dan zat besi. Setiap  100 gram kubis mengandung 6 gram karbohidrat dan 2,5 gram serat.

Jika ingin kubis di jadikan sebagai menu makanan diet pengganti nasi bisa di jadikan salad kubis yang kemudian bisa di samakan dengan porsi nasi seperti biasanya. Namun, ketika makan kubis sebagai makanan pengganti nasi tidak boleh berlebihan karena kubis mengandung sejumlah senyawa yang dapat merangsang pembentukan gas dalam lambung.

  1. Nasi Shirataki

Nasi ini berasal dari Jepang. Beras ini terbuat dari pati yang berasal dari akar tanaman konnyaku. Komposisi yang terkandung dalam beras yang di juluki sebagai miracle rice ini hampir seluruhnya serat larut, yang dapat melancarkan pencernaan dan menjaga rasa kenyang lebih lama.

Karbohidrat yang terkandung dalam 85 gram per sajian nasi shirataki hanya 3 gram dan 10 kalori, sehingga nasi shirataki ini cocok dan banyak di mininati sebagai pembantu makanan untuk diet. Nasi ini hampir mengandung zero kalori dan bebas gluten ini di percaya membuat wanita Jepang selalu tetap ramping.

  1. Jamur

Setiap 100 gram jamur ini memiliki total kandungan karbohidrat hanya 3,3 gram. Rasa lezat dan gurih pada jamur ini memang menjadi makanan favorit bagi sebagian orang. Namun perlu di ingat bahwa tidak semua jamur ini bisa di masak ataupun di makan, walaupun memiliki kandungan karbohidrat rendah.

Oleh karena itu, melakukan diet boleh-boleh saja, namun haruslah memperhatikan kondisi tubuh. Melakukan diet seusuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, dan di imbangi dengan olahraga secara teratur.

Terimakasih sob sudah berkunjung dan membaca postingan kali ini mengenai Makanan Diet Pengganti Nasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *