13 Makanan khas Jawa Barat Memiliki Cita Rasa Unik & Enak

Makanan khas Jawa Barat memiliki keunggulan dibandingkan dengan makanan khas kota lainnya. Hal ini bisa terjadi dikarenakan meningkatnya kualitas dari pariwisata, sehingga akan berbanding lurus dengan peningkatan konsumsi kuliner khas Jawa Barat tersebut. Dampak yang ditimbulkan dari meningkatnya pengunjung destinasi wisata ini, memang nyata mampu mendongkrak pengenalan dan peminatan dari berbagai kuliner yang ada di Jawa Barat.

Makanan Khas jawa barat

Jawa Barat memiliki banyak sekali sejarah dan budaya yang masih terjaga hingga saat ini. Hal ini pastilah akan membuat banyaknya bermunculan berbagai makanan khas yang unik, dan memiliki cita rasa yang enak untuk disantap. Didukung pula dengan udara yang sejuk dan dingin, maka banyak para wisatawan yang singgah di Jawa Barat. Hal ini dampaknya ialah akan membuat Kuliner khas Jawa Barat ini mampu menembus ke kancah manca negara, yang tentunya akan semakin mengenalkan akan cita rasa yang ada di Jawa Barat.

13 Nama Makanan khas Jawa Barat

  • Doclang
  • Kupat Tahu
  • Asinan Bogor
  • Baso Tahu
  • Batagor
  • Geco
  • Surabi
  • Colenak
  • Lepet
  • Combro
  • Bapatong

Penjelasan 13 Ragam Makanan Khas Jawa Barat

  1. Doclang

Doclang termasuk kuliner khas Jawa Barat,yang keberadaannya saat ini terkenal dengan sebutan siomay. Berbahan dasar potongan kentang, lontong, yang dilumuri saus kacang, menjadikan makanan ini dahulunya banyak dijual di berbagai sudut kota di Jawa Barat. Pembuatan lontong yang khas dari makanan ini lah yang terkenal, yaitu pembuatan lontong tersebut menggunakan daun khusus yang hasil dan bau nya harum ketika dimakan. Oleh karena itu, tidak heran jika hingga saat ini makanan seperti ini masih diminati.

Doclang

  1. Kupat Tahu

Makanan khas Jawa Barat ini termasuk makanan dengan cita rasa yang pedas, asam dan tentunya menggugah selera. Hal ini didapatkan dari saus yang digunakan berupa kecap pedas, ditambah dengan lontong serta bahan makanan lainnya. Yang tentunya membuat orang yang merasakannya akan ketagihan, untuk membelinya kembali. Makanan ini terdapat lontong, bakwan, tahu goreng, tauge, dan sayuran lainnya. Biasanya pula ditambahi dengan telur, sebagai penambah kenikmatan menyantap makanan khas dari Jawa Barat ini.

Makanan khas Jawa Barat Kupat Tahu

  1. Asinan Bogor

Asinan khas Bogor ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis asinan pada umumnya. Penggunaan bahan dasar utama dari aneka macam buah seperti mangga, nanas dan kedondong membuat rasa yang ada menjadi lebih berwarna. Untuk saus yang digunakan pada makanan ini yaitu menggunakan saus dari cabai, dan kacang. Sehingga rasa pedas, gurih akan mendominasi dari rasa asinan Bogor ini. Namun ketika anda menginginkan dengan bahan sayuran, maka juga bisa tinggal menambahkan sayuran yang anda inginkan.

makanan khas jawa barat Asinan Bogor

  1. Baso Tahu

Makanan khas Jawa Barat ini dibuat menggunakan daging ikan yang dilembutkan, atau dihaluskan. Kemudian dicampurkan beberapa adonan, yang kemudian dimasukkan ke dalam tahu. Rasa yang ditimbulkan tentunya sangatlah gurih. Makanan seperti ini di Jawa Barat sangatlah ramai peminat dari berbagai kalangan, baik muda hingga tua. Memang makanan yang satu ini bisa digunakan sebagai cemilan, dan lauk makanan besar. Sehingga tidaklah pernah sepi dari pembeli, bagi penjual baso tahu ini.

Baso Tahu

Penjelasan  Makanan Khas Sunda Selanjutnya

  1. Batagor

Makanan yang satu ini pastilah telah diketahui oleh seluruh masyarat Indonesia. Karena memang sudah terkenal hingga ke manca negara. Makanan ini berbahan dasar daging ikan yang dihaluskan, dan digabungkan dengan kulit pangsit. Penyajiannya pun menggunakan saus khas kacang yang tentunya ketika disantap, akan menimbulkan rasa pedas, gurih dan kenyal dari daging ikan. Ada banyak varian rasa dari batagor ini, namun bukan daging ikan nya lebih rasa dari saus yang digunakan.

Batagor

  1. Geco

Makanan khas Jawa Barat ini berbahan dasar dari tauge dan saus tauco. Perpaduan antara tauge dan tauco ini memang menjadi sebuah makanan, dengan cita rasa yang khas dan tentunya lezat. Saat ini penyajian dari makanan ini ditambahi berupa mie ataupun lontong, sehingga bagi siapapun yang memakannya akan memberikan rasa kenyang. Bagi penikmat yang sangat gemar makan, maka menu ini bisa dijadikan menu pilihan ketika ingin mencicipi aneka makanan dari Jawa Barat.

makanan khas jawa barat Geco

  1. Surabi

Tepung beras yang dipanaskan pada alat pemanas yang diletakkan di atas tungku, menjadi ciri khas utama makanan yang satu ini. Makanan ini sudah sangat terkenal sekali di pulau jawa dan bahkan pada tiap daerah, selalu memiliki ciri khusus ketika harus menghidangkan makanan yang satu ini. Rasa manis dan gurih akan dihasilkan dari makanan ini. Namun bagi anda yang menginginkan rasa yang lain, maka akan sangat bisa dikarenakan ketika memasak makanan ini pada proses pembakaran tepung beras ini, bisa ditaburkan berbagai varian rasa.

Surabi

  1. Colenak

Makanan khas dari Jawa Barat ini berbahan dasar dari tape ubi, yang telah melalui proses pembakaran. Rasa manis dari tape ini semakin terasa beserta harumnya makanan, karena proses pembakaran. Makanan ini biasanya dihidangkan ketika sore hari dengan saus manis gula. Santai menyantap dengan cita rasa khas, tentunya akan menghasilkan suasana yang lebih rileks untuk beristirahat.

Colenak

Informasi Makanan Sunda yg Berikutnya

  1. Lepet

Makanan dengan bahan dasar beras ketan, dicampur dengan air santan, dan direbus hingga matang. Seperti halnya lontong, makanan ini pun proses pembuatannya seperti halnya lontong. Namun hasil akhir dari rasa dan tekstur makanan ini yang berbeda. Lepet ketika telah mencapai kematangan maka akan lengket, dan rasanya yang manis. Akibat dari santan akan semakin menambah kenikmatan cemilan khas Jawa Barat ini.

Leupet

  1. Combro

Pembuatan dari makanan ini ialah berasal dari oncom yang berada pada dalam sebuah lapisan ubi, atau sejenisnya. Bahan dasar dari makanan ini berupa ubi atau jenis kentang, ataupun singkong. Makanan ini konsepnya ialah ditanak hingga matang, maka akan seperti lemper atau arem-arem dari kota Solo. Namun untuk rasa yang dihasilkan dari combro ini berasal dari rasa oncom tersebut. Ada rasa manis, pedas, asam, dan gurih menjadi satu dikarenakan telah dilakukan penggabungan beberapa rasa dengan cara ditanak.

Combro

  1. Bapatong

Makanan dari Jawa Barat ini berasal dari bahan dasar berupa bakso, lontong, dan kuah khas bakso. Memang seperti halnya bakso, namun penggunaan rempah dan bumbu khas lainnya yang menjadikan makanan ini, selalu memberikan kenikmatan dan cita rasa yang selalu menyenangkan dan lezat.

Bapatong

  1. Cungkring

Bentuk lain dari makanan ini ialah sate kikil yang sering kita jumpai. Cungkring ini berbahan dasar utama ialah kikil yang ditusuk, dan dibakar layaknya sate yang telah dilumuri bumbu khas sate. Sehingga rasa dan kelezatannya ini tidak kalah dengan sate pada umumnya. Untuk harga dari makanan ini tergolong murah. Ketika berada di Solo maka seperti halnya sate kere.  Cungkring

  1. Awug

Tepung beras yang dikukus bersama dengan parutan kelapa dan saus gula jawa, tentunya akan membuat makanan ini nikmat untuk dijadikan santapan ataupun cemilan. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih, dari beras dan gula jawa yang telah dicampurkan ketika proses pengkukusan.

Awug

Ok Lihat Juga ya Postingan Lainya mengenai :

Aku rasa ingin deh mencoba makanan tersebut satu satu, mmhh pasti enak sekali kawan. Menurut kalian nieh mana diantara makanan tersebut yang paling menarik, unik dan enak. Coba deh kalian cicipi Makanan khas Jawa Barat itu siapa tahu ada yang sesuai dengan selera lidah kamu. Terimakasih sob selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *