Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan (Obat Alami Yang Ampuh)

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan - Salah satu jenis tanaman herbal yang populer. Temulawak banyak digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional. Masyarakat Indonesia sudah sejak lama menggunakan temulawak untuk pengobatan alami. Ada beberapa kandungan zat penting untuk kesehatan di dalam temulawak, antara lain : Kadmium, kalium, karbohidrat, lemak, kurkumin, magenesium, mangan, minyak astiri, natrium, protein dan zat besi.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan & Cara Mengolah

Dengan kandungan zat penting temulawak mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan dan untuk menjaga kesehatan, Antara lain manfaat nya :

1. Manfaat Temulawak Untuk Mencegah Kanker

  • 1 buah temulawak
  • 400 ml air

Temulawak dikupas. Kemudian dicuci bersih dan dipotong potong menjadi beberapa bagian. Rebus dengan air sampai mendidih, tunggu hingga air menyusut hingg 200 ml air. Saring dan dinginkan, minum selagi hangat. Lakukan seminggu sekali secara rutin. Sangat di rekomendasikan sekali dilakukan pada mereka yang dalam keluarganya sudah ada riwayat kanker.

2. Manfaat Temulawak Untuk Membersihkan Pencernaan/Lambung

  • 2 buah temulawak
  • 1 buah kencur
  • 400 ml air
  • Gula batu secukupnya

Temulawak dan kencur dikupas, kemudian dicuci bersih dan di potong-potong beberapa bagian. Rebus dengan air dan gula batu sampai mendidih, setelahnya saring air tersebut kemudian tunggu hingga dingin. Bagi menjadi 2 porsi untuk diminum setiap pagi dan sore. Supaya hasilnya lebih maksimal konsumsi air tersebut berturut turut selama 7 hari pada pagi dan sore. Khasiatnya perut akan terasa lebih ringan, karena kotoran sisa pencernaan makanan dalam tubuh akan hilang. Kotoran makanan yang mengendap tersebut akhirnya bisa dikeluarkan pada saat buang air besar dan buang air kecil. Apabila kalian sudah melakukanya selama 7 hari maka kalian akan merasakan manfaatnya, setelah itu konsumsi minimal 1 minggu satu kali.

3. Manfaat Temulawak Untuk Melancarkan ASI (Air Susu Ibu)

  •  2 buah temulawak

Temulawak dikupas, kemudian dicuci bersih dan diparut atau ditumbuk halus. Setelah itu, usapkan pada payudara sambil dipijat-pijat di sekitar dada dan payudara. Lakukan selama 10 menit setiap pagi selama menyusui. ASI akan lebih deras dan banyak, anak pun akan lebih sehat karena cukup meminum ASI.

4. Manfaat Temulawak Untuk Nyeri Sendi

  • 1 buah temulawak
  • 1 buah asam jawa
  • Gula Batu Secukupnya
  • 200 ml air

Temulawak dikupas, kemudian cuci bersih dan dipotong tipis-tipis. Asam jawa dikupas. Masukkan temulawak yang sudah dipotong tipis-tipis kedalam air bersama asam jawa dan gula batu. Remus sampai mendidih, kemudian saring airnya. Dinginkan hingga hangat dan langsung meminumnya. Lakukan setiap hari sampai sembuh  sampai radang sendi sembuh.

5. Manfaat Temulawak Untuk Menurunkan Kadar Kolestrol

  • 2 buah temulawak
  • 200 ml air

Kupas temulawak serta dicuci bersih, setelah itu dipotong-potong menjad bagian bagian kecil. Masukaan kedalam wajan yang dikasih air kemudian rebus hingga mendidih. Ambil air resbusan itu/disaring, tunggu hingga agak sedikit dingin dan minum dalam keadaan hangat. Konsumsi setiap hari sampai kolestrol menjadi normal kembali. Untuk perawatan dan pencegahan sebaiknya dilukukan minimal satu minggu sekali

6. Temulawak Untuk Menambah Nafasu Makan Pada Anak-Anak (diatas 5 tahun)

  • 1 buah temulawak

Temulawak dikupas, kemudian dicuci bersih. Cara mengolahnya bisa dilakukan dengan cara diparut dan ditumbuk halus kemuddian peras airnya. Air perasan tersebut dicekokan  pada anak yang sulit makan. Lakukan cara seperti ini agar anak akan lebih senang dalam makan.

7. Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dalam Menjaga Hati

  • 2 buah temulawak
  • 200 ml air
  • Gula aren secukupnya

Seperti biasa kupas dahulu temulawaknya, cuci sampai bersih dan potong-potong hingga menjadi beberapa bagian tipis. Masukan kedalam air bersamaan dengan gula aren sampai mendidih. Saring air tersebut, kemudian dinginkan . Minum selagi hangat lakukan cara sperti ini minimal seminggu secara tutin dan terus menerus.

Nah itu dia beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan

Sumber : Buku herbal kalimantan, Ramuan tradisional asli kalimantan/rapha publishing 2017
Sub Judul : Temulawak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *