Nama Pakaian Adat Bali Lengkap Penjelasanya + Gambar

Nama Pakaian Adat Bali –Pasti Anda sudah mengetahui bahwa seluruh dunia mengetahui Pulau Bali berkat kekayaan budayanya. Bahkan sebagian besar turis hanya mengetahui bahwa Indonesia itu adalah Bali. Di pulau ini ditawarkan berbagai macam wisata yang dapat memanjakan Anda.

Salah satu wisata yang menarik di tempat itu adalah wisata mengenai pakaian adat Bali. Tempat ini memiliki banyak sekali macam-macam dari pakaian adat. Bahkan, jumlahnya bisa lebih dari 10 macam pakaian adat. Anda penasaran apa saja itu, maka Anda bisa simak di liputan sebagai berikut ini.

nama pakaian adat bali

6 Macam Nama Pakaian Adat Bali

Bali sebagai tempat wisata sangat memiliki beragam kekayaan mulai dari kekayaan alam, tarian, pakaian tradisional, dan lain sebagainya. Hanya saja dalam pembahasan kali ini akan dibahas hanya mengenai pakaian adat Bali beserta dengan segala macam namanya.

  1. Kain Khas Tradisional Kamen

Bagi Anda yang sudah pernah atau bahkan sering ke Bali, pasti Anda sudah sangat familiar dengan kain yang dibebatkan dan menjadi seperti bawahan yang bentuknya mirip dengan rok. Kain tersebut dinamakan Kamen.

nama pakaian adat bali kemen

Nama pakaian tradisional Bali yang satu ini memang sangat unik. Namun, ternyata hal yang menarik bukan dari namanya saja, tetapi juga pada jenis corak dari kain kamen itu sendiri. Ada banyak sekali corak yang banyak beredar di sepanjang tempat wisata di sana.

Baca Juga : Pakaian Adat Bali Pria

Bahkan ada banyak warna yang juga modern dan sangat indah bila digunakan. Hal itu merupakan kain kamen yang telah dimodifikasi. Sedangkan untuk kain yang benar-benar masih tradisional, corak dan warna sangat disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Yang jelas secara umum, kain ini memiliki panjang 2 meter dan lebar 1 meter. Kain ini memiliki pengaturan panjang kain yang baku untuk mempermudah penggunanya dan membuatnya menjadi tampak lebih sopan.

Kain juga dibuat panjang, agar penggunanya tidak merasa kesempitan dan mempermudah saat melangkah. Cara penggunaanya juga khusus dan tidak semua orang tahu. Jadi caranya adalah dengan mengikatkan kain ke pinggang dari arah kiri menuju kearah kanan.

Kemudian lingkarkan pada bagian pinggang. Bagi Anda yang memiliki hiasan seperti mata sabuk dengan bentuk yang indah, Anda juga bisa saja menggunakannya untuk kreasi penggunaan kamen ini untuk satu buah ujung dari kain kamen.

Setelah itu Anda dapat mengikat antar ujung yang satu dengan ujung kain lainnya yang terletak dipinggan. Jika teknik pengikatan yang digunakan tepat, maka kain kamen akan terpasang dengan sangat kuat. Selain itu, Anda bisa saja menyembukan tali atau simpul dengan memasukkannya ke bagian dalam kain kamen.

  1. Pakaian Kebaya

Kebaya adalah kain yang sangat khas dan tidak hanya terdapat di bagian pulau Jawa saja. Jadi Anda juga akan dapat menjumpai pakaian tradisional ini di Bali. Hanya saja mengenai modelnya sedikit berbeda dengan yang ada di Jawa.

nama pakaian adat bali kebaya

Kain kebaya yang terdapat banyak di Bali memiliki desain yang sederhana, simpel, dan tetap elegan. Nama pakaian adat Bali yang satu ini memang sangat terkenal di Bali dan pakaiannya banyak digunakan oleh kaum hawa di sana pada saat beribadah.

Baca Juga : Alat Musik Tradisional Bali Yang Mendunia dan Ngetrend

Sedangkan mengenai warna yang paling banyak mereka gunakan pada saat beribadah atau acara-acara penting biasanya berwarna putih atau cerah. Yang jelas pakaian adat Bali ini harus selalu bersih dan juga rapi, karena digunakan untuk beribadah maupun acara penting lainnya.

  1. Kain Tradisional Tapis

Selepas membahas mengenai pakaian kebaya, nama pakaian khas Bali lainnya yang harus diketahui oleh Anda adalah kain tapih. Kain ini adalah kain yang biasanya digunakan oleh para penari Bali. Biasanya kain ini memiliki warna kuning atau keemasan.

nama pakaian adat bali kain tapis

Sedangkan untuk coraknya, kain tapih biasanya menggunakan motif bunga atau floral sebagai hiasannya. Jika Anda sangat menyukai tari Bali, maka membeli kain ini adalah hal yang sangat berharga. Ada banyak sekali variasi harga yang juga bahkan dapat dibeli oleh para turis yang berkunjung ke Bali sekaligus.

Selain digunakan pada saat melakukan tarian, pakaian adat ini juga banyak digunakan pada acara resmi lainnya dan hanya khusus digunakan oleh kaum hawa saja. Pada jaman dahulu, kain tapih dapat digunakan untuk melihat status sosial dari penggunanya.

Bahkan Anda juga dapat mengetahui apakah perempuan yang menggunakannya sudah menikah atau masih gadis. Jadi ini merupakan salah satu dari kain yang sangat berharga bagi kaum hawa dan banyak digunakan pada upacara-upacara penting di Bali.

  1. Destar

Salah satu perlengkapan yang biasa dipakai oleh kaum pria di sana dinamakan Destar atau juga biasa disebut dengan udeng. Perlengkapan ini termasuk dari salah satu perlengkapan dari nama pakaian tradisional bali yang juga sangat penting peranannya.

nama pakaian adat bali destar

Aksesori yang satu ini digunakan sebagai ikat kepala. Kain ini merupakan salah satu ikat kepala yang menjadi ciri khas dari orang Bali. Sebagian ikat kepala ini ada yang diperuntukkan untuk kegiatan sehari-hari dan sebagian ada juga yang digunakan saat upacara peribadahan.

Baca Juga : Senjata Tradisional Bali Beragam Model dan Jenis Jenisnya

Bahkan penggunaan dari destar ini juga memiliki filosofi tersendiri dan makna yang mendalam bagi orang Bali yang menggunakannya. Lalu, bagi orang Bali, destar atau udeng ini dapat digunakan sebagai cara untuk mengingatkan kaum pria untuk menjadi panutan atau pemimpin yang baik bagi orang-orang di sekelilingnya.

  1. Baju Safari Atau Kemeja berkerah

Setelah membahas banyak sekali pakaian adat yang ditujukan untuk kaum hawa, sudah saat kini membahas mengenai nama pakaian adat Bali yang biasa digunakan oleh kaum pria. Untuk pakaian adat yang biasa digunakan oleh kaum pria Bali yaitu Baju Safari.

nama pakaian adat bali Baju Safari

Baju ini berupa baju kemeja berkancing yang didominasi dengan warna putih. Walaupun tidak semuanya berwarna putih, tetapi tetap saja biasanya berwarna cerah. Tidak ada ketentuan yang berbau keharusan mengenai bentuk dari kemeja ini, karena terkadang ada yang memiliki saku dan ada yang tidak memiliki saku.

  1. Saput Poleng

Hal yang paling sering Anda amati pada saat ke Bali adalah Kain bermotif kotak-kotak dengan warna putih dan hitam. Kain tersebut dinamakan Saput Poleng. Walaupun terlihat banyak sekali orang-orang Bali yang menggunakannya, tetapi tidak sembarangan orang yang boleh menggunakannya.

Selain dari tidak sembarangan orang yang boleh menggunakannnya, Saput Poleng ini juga tidak boleh digunakan pada sembarangan peristiwa, karena memiliki makna yang mendalam bagi orang Hindu. Jadi dengan kata lain, kain yang satu ini masih bersifat sangat sakral.

nama pakaian adat bali Saput Poleng

Bagi Anda yang melihat ada pohon atau rumah yang ditutupi dengan kain ini, maka tempat tersebut adalah daerah sakral. Jadi siapapun yang berada di daerah tersebut harus menunjukkan sikap toleransi dan juga menghormati agama dan juga kebudayaan masyrakat setempat.

Saput Poleng ini memiliki arti mengenai lapisan dari spiritual orang beragama Hindu. Ada tiga macam lapisan spiritual yang idbagi menjadi lapisan luar, tengah, dan juga lapisan dalam. Maka dari itu, ada banyak sekali arsitektur di Bali yang menggunakan konsep yang satu ini untuk mendesain bangunan di sana.

Kesimpulan Nama Pakaian Adat Bali

Inia dia nama pakaian khas bali yang sudah disebutkan diatas :

  • Kamen
  • Kebaya bali
  • Kain Tradisional Tapis
  • Destar bali
  • Baju Safari Atau Kemeja berkerah
  • Saput Poleng

Nah ada 6 saja yang bisa penulis sebutkan, jika ada kekurangan informasi mohon di maafkan ya sob. Dari pakaian tersebut kita bisa dapatkan bahwa dalam berpakaian itu harus sesuai dengan waktu, tempat, keadaan dan fungsinya. Misalkan seperti dalam acara pernikahan, atau acara lainya. Pakaian itu sangat penting sekali karena bagian dari identitas diri, kebiasaan, budaya dan tatakrama.

Ok sob terimakasih banyak ya telah mampir dan membaca postingan ini tentang Nama Pakaian Adat Bali.