Pakaian Adat Alor Baju Tradisional NTT | Nama & Penjelasanya

Pakaian Adat Alor yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur hingga sampai sekarang ini masih terjaga kelestarianya. Masyarakat lokal tentunya yang akan selalu senantiasa memelihara budaya dari nenek moyangnya. Bukan hanya warga NTT saja, tetapi kita juga sebagai warga negara indonesia harus mensupport terus kebudayaan dari berbagai daerah. Anak cucu kelak nanti akan mewarisinya dan menceritakan kepada generasi selanjutnya.

Pakaian Adat Alor

Bagi sobat yang belum tahu apa aja sih baju adat alor ini, pada kali ini saya akan membahasnya yang mudah mudahan bisa bermanfaat sebagai wawasan nusantara.

Nama Pakaian Adat Alor Nusa Tenggara Timur ( NTT )

Kafate yang artinya adalah sarung, tentu buka sembarang sarung ya sob. Kafate ini cara membuatnya itu memerlukan waktu yang sedikit lama agar kualitasnya terjaga. Perlu ke ahlian khusus dalam proses pembuatanya yaitu dengan cara menenun dari setial helainya. Pengrajin atau masyarakat alor bikinya itu dengan alat tradisional banget, mereka sangat telaten, sabar dan memerhatikan setiap detailnya.

Terutama ketika ingin membentuk corak pada ketafe, ini sungguh sulit banget dalam merangkainya hingga membentuk corak tersebut. Kita jadi tahu ya sob bahwa untuk membuat baju adat alor ini susahnya minta ampun. Bagi masyarakat alor terutama wanitanya itu pasti bisa membuatnya.

Selain ketafe ada juga yang di bentuk untuk baju dan celana. Ukuran ketafe itu sangat disesuaikan untuk fungsinya, ada yang hanya untuk selendang saja, ada juga yang dibuat baju dan celananya. Motif dari kain tersebut adalah motif yang rata rata digunakan dalam pakain adat NTT pada umunya.  Sebagai tambahan aksesorisnya bisa dibuat sabuk, bando, ikat kepala, dan topi tradisional. Sobat bisa melihat foto diatas tadi kain ketafenya dijadikan selendang dan celana. Sangat multifungsi sekali pemakaianya tergantung pada kita yang menggunakanya, jika ingin dijadikan celana kain tersebut bisa di jahit atau dipakainya sebagaimana memakai sarung.

Saya sih belum pernah mencobanya sob, tapi ingin banget. Dari segi modelnya itu bagus bagus sekali, tidak kalah sama baju modern dengan berbagai corak dan style. Katafe ini justru akan memperlihatkan desain yang luar biasa, belum tentu desainer yang hebat bisa membuatnya.

katafe alor

Fungsi Katafe Pakaian Adat Alor dan Penjelasanya

Pada zaman dahulu ketafe ini di pakai oleh bangsa kerajaan, bangsawan dan tamu kehormatan. Ini menandakan bahwa peradaban zaman dahulu itu sangat berwibawa sekali dengan memakai katafe. Raja aja memakai pakaian ini masa sobat tidak mau sih?. Intinya jangan malu ya untuk mencobanya, gak bakalan kelihatan orang jadul sob bahkan kalian akan merasakan sensasi yang berbeda.

Pada zaman sekarang ini karena sudah tidak ada sistem kerajaan, jadi katafe idi pakai masyarakat pada acara acar tertentu seperti upacara adat, seperti pernikahan, sukuran dan kedatangan tamu terhormat. Contohnya adalah ketika ada seseorang yang penting, pejabat dan tamu istimewa mereka disuruh oleh masyarakat untuk mencoba baju adatnya.  Orang yang menari adat alor pun juga ada sentuhan katafe dengan tambahan misalkan baju adat perang khas alor, kombinasi tersebut pasti sangat bagus sekali.

Menjaga dan Melestarikan Katafe

Pada zaman sekarang ini khususnya warga indonesia memang sudah sadar akan yang namanya dengan budaya. Setiap event anak anak muda zaman sekarang khususnya di alor pasti mereka menggunakan katafe. Itulah yang harus dilakukan oleh kita semua, menghargai kebudayaan yang di tinggalkan oleh nenek moyang kita.

Perlu sobat ketahui juga Alor ini adalah daerah wisata yang sanga terkenal baik di indonesia maupun luar negeri. Khusus pengunjung dari luar negeri atau turis asing banyak sekali datang  ke alor. Mereka memang bertujuan untuk berwisata menikmati keindahan alam NTT namun mereka juga tertarik terhadap budaya lokal. Tidak jarang mereka mempelajari dan ingin tahu tentang budaya lokal. Dari sanalah kesempatan kita untuk mengenalkan budaya bangsa ke dunia internasional.

Nah sob mungkin cukup sekalian pemabahasan kali ini tentang Pakaian Adat Alor  mudah mudahan bisa menambah pengetahuan dan wawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *