Pakaian Adat Jawa Tengah ( Nama & Penjelasan + Gambar )

Pakaian Adat Jawa Tengah – Seperti yang kita ketahui, bahwa Negara Indonesia memiliki banyak sekali pulau dan pada setiap pulau memiliki banyak sekali budaya dan juga adat istiadat. Sebagai contohnya adalah pulau Jawa ini. Pulau Jawa merupakan pulau yang paling luas diantara pulau lain di Indonesia, begitupun dengan jumlah penduduknya, pulau jawa merupakan pulau yang paling padat. Nama pakaian Tradisional Jawa Tengah juga berbeda dengan provinsi yang lain.

Di pulau Jawa sendiri terdiri dari beberapa provinsi yang masing- masing memiliki adat dan budayanya, seperti DKI Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia, Jawa Barat memiliki budaya sunda, Jawa Timur, Jawa Tengah dan juga daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki budaya Jawa yang berbeda- beda. Misalnya saja budaya Jawa untuk Jawa Tengah dan Yogyakarta sangat berbeda.

pakaian adat jawa tengah

Pakaian Adat Jawa Tengahdan Keterangannya

Untuk pakaian khas Jawa tengah sendiri sebenarnya hampir sama dengan pakaian adat Jawa Timur bahkan dengan pakaian adat daerah Istimewa Yogyakarta. Namun diantara ketiganya tetap terdapat perbedaan. Karena di daerah tersebut juga masing- masing memiliki keratin yang memiliki budaya dan adat istiadat seperti di keraton Surakarta Jawa Tengah dan keraton Yogyakarta. Jadi di setiap provinsi memiliki pakaian adat yang berbeda.

Nah, perlu kita ketahui bahwa pakaian adat merupakan jenis pakaian yang memiliki ciri khas yang unik dan biasanya sebagai identitas dari daerah pakaian adat tersebut. Pakaian tradisional Jawa Tengah sendiri memiliki ciri khas yang terletak pada bahan pakaian, motif, warna dan lain- lain. Berikut ini beberapa nama pakaian adat dari Jawa Tengah baik untuk pakaian adat pria maupun untuk wanita.

Nama-nama Pakaian Adat Jawa Tengah

Sebelum membahas lebih jauh lagi sob kita harus mengenal dulu nieh nama dari pakaian tradisional jawa tengah yaitu :

  • Blangkon
  • Keris
  • Jawi Rangkep
  • Kemben
  • Kuluk
  • Kebaya
  • Surjan
  • Jarik
  • Stagen
  • Batik

Penjelasan Baju adat Jawa Tengah

Ok sob kita kupas satu satu informasi dari nama nama di atas tadi :

  1. Blangkon

Blangkon ini merupakan salah satu pelengkap baju adat Jawa tengah yang tidak boleh dilewatkan khuusnya untuk kau pria. Sedangkan model blangkon untuk Jawa Tengan dan Yogyakarta memiliki perbedaan yaitu terletak pada bagian mondolan atau gelung belakang yang terdapat pada blangkon.

pakaian adat jawa tengah Blangkon

Mondolan blangkon untuk pakaian adat Yogyakarta berbentuk menonjol dan agak besar, sedangkan mondolan blagkon untuk baju tradisional Jawa Tengah berbentuk pipih atau agak kempes.Hal ini disebabkan karena orang- orang di daerah Yogyakarta yang memiliki rambut panjang harus menyembunyikan rambutnya tersebut dengan kata lain untuk menyembunyikan aib sendiri dan juga aib orang lain.

Sedangkan blangkon di Jawa Tengah khususnya Solo hanya mengikatkan dua pucuk ikatan di bagain belakang yang menjadi sebuah simbol yang diibaratkan dua kalimat Syahadat yang wajib diikat kuat dan dipegang teguh dalam hidup.

  1. Keris

Keris merupakan salah satu aksesoris pakaian adat Jawa Tengah yang tidak boleh dilewatkan. Keris untuk Jawa Tengah dan Yogyakarta juga memiliki perbedaan, sedangkan keris untuk Solo sering di sebut dengan nama ladrang yang mempunyai saung keris atau bilah yang lebih ramping dan bentuknya sederhana karena tidak terlalu banyak hiasan.

Baca Juga : Pakaian Adat Bengkulu

pakaian adat jawa tengah Keris

Untuk motif keris daerah Yogyakarta yaitu bernama branggah mempunyai bentuk dan motifnya lebih banyak. Selain itu juga terdapat perbedaan pada bagian ukiran, yang mana pada ukiran keris Solo bertekstur lebih halus dibanding ukiran keris untuk Yogyakarta.

  1. Jawi Jangkep

Jawi Rangkep merupakan pakaian resmi yang dikenakan oleh kaum pria untuk suku Jawa. Pakaian tersebut terdiri dari baju atasan yang memiliki motif bunga- bunga sedangkan bagian bawah berupa jarik dengan corak atau motif batik dan cara memakainya yaitu dengan melilitkan bagian atas dipinggang sedangkan aksesoris penutupnya adalah blangkon.

pakaian adat jawa tengah Jawi Jangkep

Setiap memakai pakain adat lainnya keris selalu menjadi pelengkap yang tidak boleh ditinggalkan. Biasanya keris diselipkan pada bagian belakang, selain itu juga dilengkapi dengan alas kaki berupa sepatu atau sandal slop.

Baca Juga : Pakaian Adat Sulawesi Selatan

  1. Kemben

Kain kemben merupakan batik tradsional yang dipakai oleh seorang wanita istana di kraton pada kerajaan Jawa. Serng dengan berjalannya waktu, saat ini terdapat kemben ketat yang dilengkapi atau disematkan menggunakan resleting, kancing atau tali yang serupa dengan korset gaya barat.

  1. Kuluk

Kuluk merupakan pelengkap pakaian yang berfungsi untuk menutup bagian kepala kaum pria Jawa. Kuluk juga sering disebut sebagai kopiah kebesaran karena benruknya yang tinggi dan kaku. Kuluk digunakan oleh kaum pria pada moment tertentu untuk pernikahan adat Jawa. Pada zaman dahulu, Kulu juga sering dipakai oleh raja- raja di acara- acara tertentu.

pakaian adat jawa tengah Kuluk

  1. Kebaya

Kebaya merupakan salah satu pakaian adat Jawa Tengah yang sangat popular. Pakaian adat ini biasanya di pakai moment tertentu. Sebagian orang mengatakan, bahwa seorang wanita yang mengenakan kebaya akan terlihat lebih anggun, elegan dan memiliki karisma.

pakaian adat jawa tengah Kebaya

Pada zaman modern seperti sekarang ini, kebaya di desain dengan berbagai macam model yang lebih cantik. Sehingga banyak orang yang sengaja untuk mengoleksi pakaian kebaya untuk di gunakan pada saat- saa tertentu.

  1. Surjan

Pakaian surjan khusus untuk orang Jawa merupakan salah satu pakaian adat sarat yang mengandung filosofi kehidupan. Surjan merupakan pakaian adat Jawa atau sering disebut sebagai busana kejawen yang penuh dengan piwulung sinandhi dan juga kaya akan suatu ajaran yang terkait dengan filosofi Jawa (kejawen).

pakaian adat jawa tengah Surjan

  1. Jarik

Nama jarik mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Jarik merupakan kain panjang yang memiliki warna dasar hitam dengan corak batik berwarna coklat. Sedangkan untuk motif batik yaitu beraneka ragam. Busana batik biasanya dikenakan oleh sesorang sesepuh awa untuk keseharian. Jarik sendiri memiliki banyak fungsi seperti sebagai gambaran untuk tingkat hidup dan juga status sosial.

pakaian adat jawa tengah Jarik

Sedangkan motif jarik juga menunjukkan status sosial orang tersebut dan menggambarkan dari mana orang itu berasal. Misalnya motif batik untuk daerah Solo sangat berbeda dengan batik Yogyakarta.

  1. Stagen

Stagen yaitu semacam korset namun bentuknya yang panjang dan cara pemakaiannya dengan dililitkan ke perut. Tidak sedikit wanita yang masih berkeyakinan dengan memakai stagen dan minum jamu secara rutin dapat melangsingkan perut. Bahkan banyak orang mengatakan, bahwa ini merupakan cara diet awa secara alami.

pakaian adat jawa tengah Stagen

  1. Batik

Batik Jawa merupakan salah satu warisan budaya nusantara (Indonesia). Batik tersebut memiliki nilai dan perpaduan seni yang sangat tinggi. Saat ini semua instasi pemerintah maupun swasta tentu mempunyakin seragam batik untuk hari kerjanya. Hal itu bermanfaat untuk melestarikan budaya Indonesia.

pakaian adat jawa tengah batik

Selain itu, batik juga merupakan salah satu pakaian tradisional Jawa Tengah yang juga termasuk sarat yang memiliki simbol dan filosofi makna yang tinggi. Setiap motif batik juga memiliki makna tersendiri.

Perkembangan teknologi informasi saat ini bisa menjadi sarana untuk Indonesia mengenalkan budaya, pakaian adat kepada dunia. Warisan nenek moyang tentang budaya dan pakaian adat harus selalu mendapat perhatian dari pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia.

Jangan sampai masyarakat Indonesia sendiri tidak memahami tentang pakaian adat di daerahnya sendiri. Namun sebaliknya, kita sebagai warga Negara Indonesia harus merasa bangga atas warisan budaya dan pakaian adat tersebut.

Terimakasih sob sudah lihat lihat postingan kali ini mengenai Pakaian Adat Jawa Tengah.