Pakaian Adat Jawa Desain unik Baju Tradisional Mantap

Pakaian Adat Jawa - Seluruh pakaian tradisional Indonesia memiliki ciri khas masing-masing yang sama menariknya mulai dari suku yang berada si Sabang sampai dengan Merauke. Namun, kali ini akan membahas mengenai pakaian adat yang ada di Jawa.

Bagian Jawa sendiri juga memiliki masing-masing pakaian adat yang berbeda-beda meskipun masih satu pulau. Misalkan Saja pakaian adata Jogjakarta sekilas akan tampak mirip dengan pakaian tradisional Solo. Hanya saja jika dicermati, maka akan terdapat perbedaan. Namun, kali ini akan lebih dibahas mengenai pakaian adat Jawa yang mirip antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Pakaian Adat Jawa

Berbagai Macam Pakaian Adat Jawa

Pakaian adat yang ada di Jawa memiliki kesamaan satu dengan lainnya, tetapi tetap membuat orang-orang yang menggunakannya menjadi tampak anggun atau berwibawa. Bahkan pakaian adat ini masih sangat sering dipakai dalam berbagai macam acara penting.

Baca Juga : Pakaian Adat Kalimantan Timur

Yang tak kalah penting, ada banyak sekali modifikasi dari pakaian adat Jawa yang mampu merambah ke dunia fashion show dan desain sampai ke mancanegara. Anda harus bangga, karena menjadi generasi yang juga memiliki budaya ini.

  1. Pakaian Kebaya Untuk Perempuan

Pakaian tradisional Jawa untuk wanita adalah yang paling populer sebagai pakaian tradisional Jawa. Hingga saat ini ada banyak sekali modifikasi bentuk kain yag semakin membuat dunia kebaya semakin maju. Bahkan semakin mahal harganya, payet atau bordiran yang dibuat akan semakin manis dan terkesan sangat berkelas.

Pakaian Kebaya Untuk Perempuan

Berkat bordiran dan payet ini, kain kebaya sering dijadikan sebagai bahan modifikasi kebaya yang ditujukan untuk fashion show. Salah satu contoh dari fashion show kebaya tingkat mancanegara adalah yang telah dilakukan Asri Welas di New York, USA.

Baca Juga : Pakaian khas Jawa Tengah

Dalam ajang bergengsi tersebut, Asri Welas mampu menampilkan kebaya modern yang sangat menakjubkan sebagai perwakilan dari Indonesia. Kebaya yang dipamerkan memiliki total 12 kebaya. Anda bisa saja mencari beritanya, jika sangat tertarik dengan dunia desain dan bermaksud menggusung tema kebaya dalam desain Anda selanjutnya.

Selain dalam dunia fashion desain, kebaya juga banyak digunakan pada acara wisuda. Dalam acara tersebut, khalayak yang menggunakan kebaya tidak terbatas hanya dari kalangan orang tua mahasiswa atau dosen saja, melainkan dengan mahasiswa yang wisuda.

Momen penting lainnya yang biasanya juga menggunakan kebaya adalah pada pesta pernikahan. Pada acara tersebut, pengantin perempuan biasanya menggunakan kebaya dengan desain  yang sangat anggun.

Sebagai bawahan, biasanya digunakan kain batik yang panjang sampai menjuntai kebawah. Bahkan dalam kasus kain batik yang mahal, biasanya pada motif memiliki garis pinggir motif berwarna emas yang dinamakan dengan prada.

Pada saat menggunakan pakaian adat ini, pada bagian rambut perempuan biasanya disanggul. Pada sanggul, biasanya juga terdapat berbagai macam hiasan rambut, seperti konde emas dan bunga. Sedangkan untuk aksesoris, biasanya menggunakan anting, kalung, dan  gelang.

  1. Pakaian Jawi Jangkep Untuk Pria

Jika pada acara penting, perempuan menggunakan kebaya, maka pria menggunakan pakaian adat Jawa yang dinamakan Jawi Jangkep. Pakaian adat tersebut membuat orang yang menggunakannya menjadi tampak sangat berwibawa.

Pakaian adat ini biasanya digunakan oleh mempelai pria pada saat pesta pernikahan sebagai mempelai pria. Jadi bagian luar menggunakan jas berwarna hitam. Sedangkan pada bagian bawahan menggunakan kain batik.

pakaian adat jawa tengah Jawi Jangkep

Aksesoris yang biasa digunakan adalah ikat kepala yang disebut dengan blangkon yang mana bermotif batik. Kemudian, aksesori lainnya yang biasa digunakan oleh pria adalah keris yang dipasang di pinggang. Biasanya senjata tradisional Jawa yang satu ini juga sudah dihiasi dengan bunga melati.

Pada alas kaki, mempelai pria juga menggunakan selop yang biasanya berwarna hitam. Jadi dengan kata lain, Anda dapat melihat pakaian adat ini pada saat pesta pernikahan yang membawakan tema adat Jawa tradisional.

  1. Pakaian Adat Kanigaran

Pakaian adat yang satu ini biasa digunakan oleh kaum bangsawan pada jaman dahulu. Jadi tak heran pada acara penting , seperti pernikahan aka nada banyak sekali masyarakat yang lebih memiliih untuk menggunakannya pada jaman sekarang.

Pakaian Adat Kanigaran

Biasanya busana baik pria maupun perempuan memiliki warna dasar hitam. Warna ini sengaja digunakan sejak jaman dahulu, karena membuat penggunanya menjadi terlihat berwibawa dan berkelas. Sebagai hiasan pada busana Kanigaran, digunakan payet yang berwarna serba emas.

Baca Juga :  Pakaian Adat Bengkulu

Mengenai motif yang ada pada busana juga tidaklah asal saja dibentuk . Ada banyak pertimbangan dari segi estetika yang sangat diutamakan oleh para desainer. Sedangkan untuk bagian bawahan, baik pria maupun perempuan akan sama dengan pakaian khas Jawa lainnya yaitu menggunakan kain batik.

  1. Batik

Pakaian yang satu ini adalah pakaian yang dapat Anda temui sehari-hari tanpa harus menunggu adanya acara penting ataupun resmi. Bahkan hingga saat ini, pakaian batik tetap populer dan digunakan oleh banyak kalangan, baik muda dan yang tua.

batik jawa

Selain dari segi motif, model pakaian yang tersedia di banyak toko sudah menjadi lebih bervariasi dan modern. Bahkan setiap hari tertentu, setiap siswa maupun orang kantoran akan menggunakan baju ini, demi melestarikan kebudayaan pakaian batik.

Anda sebagai generasi muda sudah pasti juga bangga dalam menggunakan pakaian adat yang satu ini. Namun, sebagian besar dari motif batik Jawa yang asli biasanya memiliki warna coklat, putih, maupun hitam.

Walaupun memang saat ini sudah banyak sekali batik dengan warna, selain warna tanah. Ada biru, merah, maupun warna-warna yang dulunya belum pernah ada di baju batik pada jaman dahulu. Hal tersebut dapat terwujud, karena adanya pengembangan terus-menerus mengenai pigmen warna untuk baju batik.

  1. Baju Pangsi

Pakaian adat Jawa yang berikutnya adalah baju Pangsi. Baju yang satu ini memiliki desain mirip dengan baju koko, hanya saja polos atau tidak ada hiasan sama sekali. Warna yang digunakan untuk membuat baju ini juga hanya satu yaitu hitam.

Baju Pangsi pakaian adat jawa betawi

Walaupun demikian, baju ini masih sangat populer di kalangan masyarakat Sunda. Bahkan saat ini, ada banyak sekali artis yang juga menggemari pakaian adat yang satu ini.

  1. Pakaian Adat Basahan

Anda harus sangat bangga, karena telah menjadi salah bagian dari bangsa Indonesia. Bahkan dari pulau Jawa sendiri juga masih memiliki pakaian adat lainnya yaitu pakaian adat basahan. Pakaian ini pada jaman dahulu digunakan di Keraton pada saat pesta pernikahan.

Pakaian Adat Basahan

Walaupun demikian, sampai saat ini masayarakat Jogjakarta masih kerap menggunakan upacara dan juga pakaian adat basahan ini. Tujuannya tentu saja untuk membuat acara tersebut menjadi semakin sakral. Pakaian adat baik untuk pria maupun perempuan, semua menggunakan kain serba batik.

Kain batik tersebut didominasi oleh warna coklat. Sisanya adalah warna hitam dan juga coklat kekuningan. Pada mempelai pria biasanya bertelanjang dada. Sedangkan mempelai perempuan menggunakan pakaian dengan model kemben.

Bahkan dalam acara-acara yang ada di televisi, pakaian adat basahan ini sering digunakan. Jadi ini termasuk dari salah satu baju tradisional Jawa yang masih sangat populer digunakan pada saat pesta pernikahan.

Sedangkan untuk aksesoris, biasanya pada bagian kepada mempelai perempuan menggunakan sanggul yang dihiasi dengan bunga melati. Sedangkan pada pria, menggunakan topi khusus yang ada di kepala dan juga melati yang dikalungkan pada bagian leher.

Pakaian Adat Jawa di Mata Dunia

Baju khas pulau jawa ini sangat populer dan terkenal sekali di dunia internasional. Dari segi desain memang sangat unik sekali dan itu menarik bagi orang luar negeri untuk mengetahuinya. Desain yang rumit dan tidak mudah dikerjakan karena dari segi pembuatnya rata rata menggunakan tangan atau manual tanpa bantuan alat yang modern. Oleh sebab itu kualitas bajunya sangat terjaga. Fashion modern banyak sekali yang mengikuti motif motif pakaian jawa. Faktanya di luar negeri sering di adakan Fashion show pakaian adat jawa yang bersaing dengan baju trandy masa kini.

Terimakasih sudah mampir ke website ini dan membaca postingan ini mengenai Pakaian Adat Jawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *