Pakaian Adat NTT Jenis & Ragam Desain + Uraian Lengkap

Pakaian adat NTT memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Kita menyadari jika NTT memiliki sangat banyak suku dan budaya, sehingga pakaian adat yang ada di sana sangtlah unik untuk diperbincangkan. Dari segi pariwisata dan budaya lokal yang dipertunjukkan, sudah sangat terkenal sekali karena pihak pariwisata dan jajarannya, telah meningkatkan kualitas pariwisata di NTT berupa pengenalan akan budaya, dan pakaian adat yang ada di NTT.

Ketika mengunjungi NTT, pastilah hal pertama yang akan kita sadari yaitu banyaknya suku dan ras yang ada di NTT. Lokasi yang kebanyakan hutan dan masih alami, menjadikan kota NTT ini memang banyak memiliki suku. Hal inilah yang tentunya akan menjadikan banyaknya pakaian adat yang ada di kota tersebut. Selain memiliki jumlah suku yang banyak, di sana juga terdapat banyak hal lagi yang tidak dapat ditemukan di daerah lain khususnya di Indonesia.

Pakaian Adat NTT

Ragam Pakaian Adat NTT

  1. Baju Adat Suku Rote
  • Baju Adat Pria Suku Rote

Pakaian adat NTT suku rote ini, telah terkenal hingga ke manca negara. Selain memang kaya akan nilai dan budaya, yang masih sangat kental. Pakaian berlengan panjang berwarna putih, yang menggambarkan kewibawaan dan kebijaksanaan bagi sang pemakainya. Selain itu dipakaikannya selendang khas kota NTT, yang dibuat dengan tenunan tradisional.

Pakaian Adat NTT Suku Rote

Tenunan khas NTT ini sangatlah berbeda dengan tenunan daerah lainnya, karena dibuat dari bahan alam. Sehingga motif dan kualitas dari selendang ini sangatlah tinggi. Untuk bawahan pakaian adat ini, berupa kain panjang yang diikatkan pada tubuh sampai betis. Dan paling panjang sampai mata kaki. Kesemuanya memang mendominasi dari tenunan kain alami.

Untuk bagian kepala ada sebuah penutup kepala yang khas, karena dibuat dari bahan dauh alami dari kota NTT. Memang NTT ini sangat memanfaatkan bahan alami untuk dijadikan pakaian adat NTT. Dan pula menjadi cerita dan sejarah bagi kota NTT, bahwa dahulu sangat memiliki kualitas penghidupan yang memadai. Sehingga diwujudkan dengan pakaian adat yang bahan utama nya dari pembuatan kain ataupun selendang tradisional.

  • Baju Adat Wanita Suku Rote

Pakaian adat NTT yang dikenakan oleh seorang wanita yaitu, berupa kebaya pendek dengan kain tenun khas kota NTT. Kebaya ini bermotif alami berupa motif pohon ataupun alamiah alam. Memang selendang dan kain yang dibuat ini, dilakukan secara tradisional. Sehingga hasil dan kualitasnya pun tidak sama ketika membuat secara mesin atau menggunakan alat khusus, karena hanya akan membuat 1 motif saja.

Pakaian Adat NTT Suku Rote Wanita

Simbol dan lambang yang paling mencolok dari pakaian adat yang dikenakan oleh seorang wanita NTT yaitu, penutup kepala dengan bentuk bulan yang dilingkarkan pada kepala seorang wanita tersebut, dengan atribut berupa bentuk bulan dan terdapa 3 bintang. Sehingga ini menggambarkan tentang kesejahteraan dan kasih sayang.

  1. Baju Adat Suku Sabu
  • Baju Adat Pria Suku Sabu

pria suku sabu, ciri khasnya berupa kain tenun yang diwujudkan dalam selendang yang dikenakan oleh seorang pria tersebut. Dengan pakaian lengan panjang berwarna putih, yang menggambarkan kebijaksanaan. Dengan dibalut selendang di bahu. Kemudian atribut gelang yang terpasang pada lengan tentunya sudah menjawab jika kota NTT,berupa kota yang alami dengan banyak alam alami yang masih terjaga, sehingga pakaian adatnya pun natural berupa tenunan sendiri.

Pakaian Adat NTT Suku Sabu Laki Laku

Atribut kepala pada pakaian adat kota NTT ini berupa selendang dengan ukuran yang lebih kecil. Dan penggunaannya ialah dilingkarkan pada kepala, dan diikat antara ujung kain ke kain yang lainnya. Sehingga menggambarkan kebesaran dari sebuah hasil karya dan persatuan antara pemimpin dan juga rakyat.

  • Baju Adat Wanita Suku Sabu

Untuk pakaian adat wanita NTT memiliki corak ataupun motif kain tenun dengan 2 buah lapisan tenun. Sehingga hasilnya pun akan lebih rumit dan pengerjaannya pun akan lebih lama. Kebaya dengan berbalut keindahan dari motif kain yang dibuat secara tradisional, pastilah akan membuat siapapun yang melihatnya akan tertarik.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tidak hanya kebaya saja, melainkan masih ada beberapa atribut lainnya yang terpasang dengan jelas dari pemakaian pakaian adat kota NTT yaitu gelang, kalung, ikat pinggang, sanggul. Beberapa atribut tadi terbuat dari bahan emas, dan penggunaannya pun tidak sekadar untuk mempercantik penampilan. Melainkan bisa pula dipergunakan sebagai sarana untuk hidup di alam luas. Kita ketahui kebanyakan dari kota NTT masih berupa pepohon yang rimbun.

Jenis Pakaian Adat NTT Lainya

  1. Baju Adat Suku Helong
  • Baju Adat Pria Suku Helong

Pakaian adat NTT ini memiliki perbedaan dengan pakaian adat pada umumnya di NTT. Karena letak dan situasi alam yang ada di kota berbeda-beda, sehingga pakaian nya pun sedikit berbeda. Ketika penggunaan pakaian atasan di NTT berupa pakaian putih lengan panjang, maka di suku helong ini pun sama mengenakan pakaina putih panjang. Namun dilapisi selendang tenun asli khas NTT, yang dilingkarkan dari bahu kanan ke arah pinggang kiri.

Pakaian Adat NTT Suku Helong

Selendang itu diikat dengan ikat pinggang yang dilingkarkan di pinggang. Khusus untuk pria selendang hanya satu macam saja. Karena untuk pihak wanita mengenakan dua selendang pada bagian atas. Kemudian untuk bagian bawahnya ialah berupa sarung ataupun kain yang dilingkarkan pada pinggang, dan diapit oleh ikat pinggang.

  • Baju Adat Wanita Suku Helong

Pemakaian pakaian adat untuk wanita di NTT ialah berupa selendang kain tenun buatan tangan sendiri secara tradisional, yang dililitkan pada bahu kanan ke pinggang kiri dan bahu kiri ke pinggang kanan. Sehingga menyilang dan menutupi badan dengan balutan motif tenunan yang sulit untuk dibuat. Sehingga menjadikannya sebuah pakaian yang bernilai tinggi.

SONY DSC

Selendang yang melingkari tubuh seorang wanita ini diikat dengan ikat pinggang yang bertabur emas, sehingga mampu menampilkan penampilan yang luar biasa. Dengan atribut gelang serta atribut kepala yang membuat ciri khas NTT ini mulai nampak, dan menjadi pengingat bahwa model dari pakaian NTT seperti demikian.

Pakaian Adat Suku Dawan NTT

  1. Baju Adat Suku Dawan
  • Baju Adat Pria Suku Dawan

pada suku dawan ini termasuk ke dalam suku yang masih berada di pedalaman, sehingga pakaiannya pun berbahan dasar kain tenunan khas NTT. Cukup dengan dililitkan dan dilingkarkan pada pinggang. Sehingga pada bagian badan tidak tertutup dan hanya ditambahi dengan atribut gelang yang unik, sehingga menambah keunikan dari pakaian suku dawan ini.

Suku Dawan Pakaian adat

  • Baju Adat Wanita Suku Dawan

Pakaian suku dawan yang dikenakan oleh seorang wanita di suku tersebut pun hanya menggunakan kain tenunan saja. Pada bagian bawah dilingkarkan, sehingga menutupi badan bagian bawah, kemudian pada bagian atas berupa selendang tenunan yang dilingkarkan menutupi badan, dan disilangkan pada leher. Sehingga pastinya akan menambah cantiknya penampilan.

Sobat semuanya mudah mudahan dapat mengambil manfaat dari informasi ini, bisa menjadi wawasan kalian dan lebih mengenal negara indonesia. Nah itu dia sob cukup Sekian Pembahsan kita kali ini tentang Pakaian Adat NTT yang luar biasa tentunya. Terimakasih

Baca Juga Postingan Lainya Tentang