Pakaian Adat Sulawesi Selatan ( Nama dan Penjelasanya )

Pakaian adat Sulawesi Selatan menjadi salah satu jenis pakaian yang dikenal dunia. Selain budaya dan kultur yang ada di daerah tersebut, juga masih banyak ragam hal-hal unik yang menjadikan daerah tersebut dikenal dunia. Ada banyak ragam pakaian adat dan identitas yang semakin membuat Sulawesi Selatan ini, semakin dikenal oleh khalayak umum. Yaitu baik dari segi budaya, adat istiadat yang masih kental hingga saat ini. Sehingga banyak sekali wisatawan yang singgah untuk mengetahui lebih lanjut tentang Sulawesi Selatan, khususnya perihal tentang pakaian adat.

Pakaian adat diperumpamakan sebagai wajah dari sebuah daerah tertentu yang mewakili tentang nilai-nalai, dan ragam hal yang bisa kita ketahui. Khususnya di Sulawesi Selatan ini, dengan memiliki banyak sekali budaya yang masih terjaga hingga saat ini. Kemudian juga didukung dengan berbagai kearifan lokal yang tetap utuh, dan selalu dilestarikan hingga turun menurun. Inilah yang sejatinya menjadikan Sulawesi Selatan dikenal di mata dunia. Budaya dan adat tidak terlepas dengan baju adat yang semakin memperkental rasa keingin tahuan tentang Sulawesi Selatan.

Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Ragam Jenis Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Baju adat Sulsel ini sangat bermacam macam sekali Variasinya. Oleh karena itu penulis akan mencoba untuk menguraikannya secara singkat dan jelas.

JenisPakaian Adat Sulawesi Selatan

  • Baju Bodo Wanita Suku Bugis
  • Jas Tutu Pria Suku Bugis
  • Baju Pattuqduq Towaine Wanita Suku Mandar
  • Baju Pokko
  • Baju Seppa Tallung Buku
  • Baju Paroci
  • Baju Labbu
  • Baju Bella Dada Makassar

Nah di atas merupakan rincian singkat mengenai nama nama pakaian adat sulawesi bagian selatan. Untuk lebih jelasnya lagi sob, jangan khawatir penulis akan menjelaskanya cukup detail agar sobat paham dan mengetahui banyak informasi tentang baju adat itu.

  1. Baju Bodo Wanita Suku Bugis

Pakaian adat Sulawesi Selatan yang satu ini yaitu baju bodo. Baju ini memiliki keunikan bentuk dibandingkan dengan jenis pakaian adat lainnya. Dengan bentuknya berlengan pendek, disertai model pakaian yang longgar ataupun tidak ketat, dan dipergunakan untuk acara adat penyambutan tamu agung seperti presiden, tamu luar negeri dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pakaian Adat Riau Budaya Serta Tradisi Dari Tanah Melayu

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Bodo Wanita Suku Bugis

Baju adat ini memiliki corak warna yang terang, sehingga siapapun yang melihatnya maka akan senantiasa mengetahuinya. Baju adat ini pula juga tergolong baju adat tertua yang ada di indonesia menurut beberapa pakar. Sehingga tidak mengherankan jika pakaian adat ini saat ini sangatlah dikenal di dunia internaisonal, selain memang bentuk dan model yang mengikuti zaman.

  1. Jas Tutu Pria Suku Bugis

Pakaian adat yang satu ini memiliki bentuk layaknya jas. Hanya memang lekukan dari pakaian tersebut yang menjadikan ciri khas pada pakaian ini terjaga hingga saat ini. Jas dengan lengan panjang, disertai balutan emas atau perak pada kancing baju serta pernak-pernik nya membuat semakin elegan dipandang mata.

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Jas Tutu Pria Suku Bugis

Selain itu perpaduan antara jas dan pakaian bawah yaitu, sarung khas Sulawesi Selatan yang halus serta lembut dengan motif dan warna mencolok khas kota Sulawesi, membuat sangat kental sekali panorama keindahan kearifan lokal yang ada di sana. Memang pakaian adat yang ada di Sulawesi Selatan ini, selalu dipertunjukkan bagi para pengunjung ataupun pada acara atau moment tertentu. Sehingga selalu melekat di hati para pengunjung ketika mengunjungi sulawesi.

  1. Baju Pattuqduq Towaine Wanita Suku Mandar

Pakaian adat Sulawesi Selatan khususnya baju pattuqduq towaine ini, berasal dari para leluhur suku mandar yang hingga saat ini masih dilestarikan pada acara pernikahan. Pakaian ini tergolong unik dan simple dikarenakan tidak terlalu banyak lekukan atau model dari pakaian. Cukup dengan baju lengan pendek, dengan ciri khas warna mencolok dari pakaian adat Sulawesi yang membuatnya menarik untuk disaksikan.

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Pattuqduq Towaine Wanita Suku Mandar

Selain itu bawahan dari pakaian adat yang satu ini juga menggunakan seperti model sarung  tenunan khas sulawesi. Warna mencolok serta bahan yang halus membuat tampilan pun akan semakin kelihatan elegan. Oleh sebab itu, pakaian ini sering dipertunjukkan pula ketika ada acara budaya dengan pertunjukkan tarian khas kota Sulawesi Selatan.

  1. Baju Pokko

Baju adat ini termasuk baju khusus untuk para wanita. Baju ini sudah termasuk sebagai baju wajib untuk para pegawai pemerintahan, guna menjunjung tinggi nilai dan budaya yaitu pakaian adat. Apabila kita singgah ke Sulawesi Selatan, pastilah akan menemui para pegawai menggunakan pakaian adat ini pada hari tertentu. Karena memang sudah diwajibkan oleh pemimpin daerah kota Sulawesi Selatan.

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Pokko

Pakaian dan corak dari pakaian ini masih menjaga kemeriahan warna khas kota Sulawesi Selatan. Hampir seluruh pakaian adat yang ada di Sulawesi Selatan ini menggunakan warna pakaian yang tajam, sehingga siapapun yang melihatnya bisa mengetahui tentang baju yang ini.

  1. Baju Seppa Tallung Buku

Baju seppa tallung buku ini termasuk pakaian dari suku Toraja, yang mana pakaian ini memiliki keunikan tersendiri juga sehingga mudah dikenali orang. Pakaian ini memiliki corak warna yang terang yaitu merah. Pakaian ini dipergunakan ketika melakukan pernikahan, ataupun acara adat lainnya.

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Seppa Tallung Buku

Bawahan dari pakaian ini berbentuk celana, berbeda halnya dengan pakaian pada umumnya di Sulawesi Selatan yang kebanyakan menggunakan sarung. Khusus untuk pakaian adat yang satu ini menggunakan model celana. Kemudian tambahan berupa penutup kepala yang khas toraja dengan beberapa tambahan aksesoris kalung dan lainnya.

  1. Baju Paroci

Pakaian adat Sulawesi Selatanyang satu ini tergolong pakaian yang terkenal di dunia internasional. Apalagi ketika para pejabat yang mengenakan pakaian adat ini beberapa waktu yang lalu, sehingga menjadi sorotan akan keunikan dari pakaian yang satu ini. Pakaian ini berbalut jas di bagian atasnya dan model sarung dibagian bawahnya.

Tentunya corak sarung yang ada pada bagian bawahnya ini  memiliki corak warna yang tajam, karena inilah ciri khas dari Sulawesi Selatan. Penggunaan dari pakaian adat ini memang diperuntukkan ketika acara pernikahan, dan juga acara adat lainnya.

  1. Baju Labbu

Baju adat ini khas Makassar, dengan keunikan dan keindahan yang patut untuk diperhatikan secara seksama ketika sedang dilakukan penggunaan pada acara seperti pernikahan, ataupun acara adat lainnya. Berbalut warna mencolok, dengan aksesoris yang sangat ramai membuat orang yang mengenakan pastilah akan selalu menjadi perhatian khusus.

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Labbu

Pakaian ini memiliki bentuk yang sederhana namun elegan, karena diimbangi dengan berbagai aksesoris tambahan pada leher dan juga pada bagian kepala. Sehingga keindahan dan kecantikan akan terpancar ketika mengenakan pakaian adat yang satu ini. Selain itu pula pakaian ini juga dijadikan pakaian wajib di daerah tempat tersebut, sebagai pakaian budaya. Sehingga penggunaan ini tidak sekadar pada acara pernikahan dan acara adat saja.

Artis cantik pada gambar tersebut aja mau memakai baju adat karena sangat pantas dan keren sekali untuk di jadikan gaya masa kini. Busana tersebut sangat cocok dengan gaya fashion zaman sekarang. Pakaian adat tidak perlu menyesuaikan trand fashion masa kini tapi fashion lah yang harus mengikuti baju adat.

  1. Baju Bella Dada Makassar

Baju bella dada makassar ini memiliki ciri khusus yakni pada bagian bawahnya, yaitu berupa tenunan kain sarung yang memiliki corak khas Sulawesi. Untuk pakaian bagian atas seperti halnya jas namun polos dengan lengan panjang. Sehingga kebijaksanaan terpancar dari pakaian ini.

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Bella Dada Makassar

Yang menjadikan tampilan pakaian adat semakin ciamik lagi, ketika mengetahui tentang aksesoris yang digunakan. Karena kebanyakan aksesoris yang ada berupa lempengan emas dengan bentuk yang unik. Inilah yang pastinya membuat para orang yang melihat pakaian adat ini semakin dikenal oleh masyarakat lokal, maupun internasional. Didukung pula dengan seringnya mengadakan acara budaya, sehingga akan semakin dikenal untuk pakaian yang satu ini.

Bagaimana guys apakah pakaian adat yang berasal dari sulsel ini unik?. Kalo menurut saya sih sangat luar biasa sih sob bahkan presiden kita pun memakainya dalam acara tertentu. Mudah mudahan sobat tertari ya untuk mencoba memakai baju adat ini. Melestarikan budaya nenek moyang khusus nya dalam baju adat itu merupakan kewajiban kita sebagai penerus bangsa ini. Saya kira budaya kita ini tak lekang oleh waktu dan zaman, masyarakat indonesia pun sangat menjaganya sekali.

Memperkenalkanya ke bangsa lain sehingga mereka berminat dan tertari untuk mempelajari budaya kita. Otomatis jika mereka berkunjung indonesia dan melakukan wisata, baik itu wisata alam, budaya dan lainya akan menambah pemasukan kas negara. Negara kita akan jauh lebih dikenal karena budaya dalam negeri yang unik ini mendunia.

Thanks sobs sudah membaca postingan kali ini tentang Pakaian Adat Sulawesi Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *