Pakaian adat Indonesia keunikan desain yang menakjubkan

Pakaian adat - Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan budayanya, yang mana semua kekayaan ini di dapat dari peninggalan nenek moyang yang dilestarikan. Ya, bedanya kita dengan negara barat yang mayoritas berorientasi maju terletak pada peninggalan nenek moyang mereka yang cenderung di tinggalkan. Walaupun sebenarnya banyak sekali budaya yang mereka miliki, namun karena tidak dilestarikan, maka semuanya akan hilang dimakan zaman.

Ragam Pakaian Adat

Nah sebagai salah satu negara yang kaya akan hal primitif dan budaya, Indonesia merupakan salah satu negara yang dapat membuat setiap mata yang melihat tercengang dan tak berkedip, bila di perlihatkan kebudayaan yang kita miliki. Salah satu budaya yang masih dipegang erat oleh masyarakat Indonesia adalah busana khas. Busana adat adalah simbol dari setiap daerah atau provinsi yang menyimbolkan kekayaan dan keunikan daerah masing – masing. Oleh karenanya pakaian adat selalu membawa kebanggaan tersendiri bagi para anggota suku atau provinsi tersebut, berikut penjelasan baju adat di Indonesia.

pakaian adat

BeberapaPakaian adat di Indonesia

Penulis coba akan bahas secara garis besar karena nantinya pembahasan pakaian khas dari berbagai daerah akan di buat artikelnya dari masing masing provinsi dan daerah nusantara. Namun untuk secara garis besar ialah :

  1.  Aceh atau Ulee Balang

Aceh secara umum atau keseluruhan sebenarnya disebut dengan Ulee Balang. Namun bagi masyarakatnya ada penamaan tersendiri bagi busana adat wanita dan laki – laki. Untuk baju adat wanita mereka menyebutnya Daro Baro, sedangkan untuk pakaian adat pria disebut Linta Baro.

pakaian adat Aceh atau Ulee Balang

Masing – masing baju adatnya juga memiliki filosofi tersendiri. Seperti contohnya busana adat pria (Linta Baro) yang cenderung berwarna hitam yang menggunakan aksesoris kain sarung, sebilah siwah (senjata tradisional) dan juga penutup kepala (Meukeutop), semua ini dikenakan pria aceh dengan makna kebesaran seorang pria dalam hidup ini.

Sedangkan untuk wanita (Daro Baro) merupakan paduan warna cerah dengan merah dan kuning keemasan, wanita juga mengenakan sarung dan aksesoris seperti mahkota di kepala. Biasanya pakaian jenis ini digunakan untuk acara resmi, seperti pernikahan dan acara adat.

  1. Sumatera Utara (Ulos)

Salah satu bukti kekayaan Indonesia lagi adalah di Sumatera Utara tidak hanya ada satu jenis baju adat, namun ada sekitar 7 pakaian adat.Diantarannya adalah Melayu, Nias, Pak pak, batak mandaling, batak karo, batak toba, batak Simalungun.

pakaian adat Sumatera Utara (Ulos)

Selain itu kain ulos merupakan salah satu item yang tak lepas dari Sumatera Utara, karena memang kain Ulos hampir di pakai di semua busana adat mereka, khususnya Batak. Kain ulos sendiri sudah terkenal di kancah nasional sebagai simbol daerah sumatera utara dengan keunikannya sendiri. Kain ulos pada dasarnya di dominas warna merah, hitam, dan putih dengan asseoris rajutan benang perak atau emas. Kain ulos biasa dikenanakn sebagai selendang ataupun sarung dalam pakaian khas.

  1. Riau

Riau sebenarnya dibagi berdasarkan kebutuhan akan kondisi dan situasi bagi masyarakatnya, seperti baju adat untuk anak, untuk sesepuh dan juga untuk dewasa. Bahkan mereka juga membagi menjadi pakaian adat untuk sehari hari dan juga untuk resmi.

pakaian adat Riau

resmi pria bernama baju Kurung Cekak Musang. Bahan yang digunakan biasanya kain sutra atau kain satin. Dengan demikian pria akan terlihat cerah dan elegan dalam pemakaiannya. Sedangkan untuk wanita pakaian khas resminya bernama Kebaya Laboh. Biasnya terbuat dari kain tenun khas dari daerah Riau sendiri.

  1. sumatera Barat

sumatera barat biasnya juga mendapat julukan pakaian khas padang atau minang. Dikarenakan ibu kota dari sumatera barat adalah kota padang. busana adat sumatera barat ini juga dibagi anatar pria dan wanita.

busana adat pria disebut baju Penghulu. Baju adat yang satu ini tidak bisa sembarang orang yang memakai. Hanya tetuah dan beberapa orang penting tertentu saja yang boleh memakai baju adat ini. pakaian khas pria ini di dominasi warna hitam dengan beberapa aksesorsi seperti cawek, tungkek, sarawa, sandang, dan keris.

pakaian adat sumatera Barat

Untuk wanita busana adatnya bernama Bundo Kaduang. Baju yang satu ini cukup unik karena memiliki aksesoris penutup kepala berbentuk tanduk yang sangat terkenal. Baju adat ini terdiri dari penutup kepala, baju kurung, kain sarung, selempang dan aksesoris lainya berupa kalung dan anting anting.

  1. kepulauan riau

Kepualaun riau sendiri sebenarnya adalah perpecahan dari provinsi riau. Mengingat posisi kepulauan riau yang strategis di jalur pelayaran sehingga busana adat mereka terakulturasi dari berbagi wilayah seperti china, eropa dan arab.

pakaian adat kepulauan riau

pria kepulauan riau bernama Teluk Belanga. busana adat yang satu ini cukup sederhana yang hanya terdiri dari atasan , bawahan, penutup kepala, dan juga sarung yang dililitkan di pinggang setinggi lutut. Warnanya pun cenderung polos seperti hitam , putih, merah, dan hampir tanpa motif.

wanita kepulauan riau bernama Kebaya Labuh. Pakaian ini biasa dikenakan saat acara resmi dan acara adat. Baju adat ini sangat sederhana karena seperrti kebaya yang hanya memiliki tiga kancing sehingga bagian bawahnya terbuka berbentuk segitiga dengan ditutupi sarung yang menjuntai ke bawah.

  1. Jambi

Pakaian khas jambi disebut juga pakaian adat melayu jambi. Tidak ada penamaan yang spesial untuk wanita maupun pria, semua sama. Hanya saja atribut yang membedakan untuk pakaian khas pria dan wanita.

pakaian adat Jambi

Untuk pakaian khas pria dan wanita sama sama menggunakan baju kurung dan bahan yang digunakan adalah beludru. Untuk wanita biasanya akan dilengkapi dengan selendang, teratai dada, dan ikat pinggang. Sedangkan untuk pria menggunakan lacak untuk penutup kepala. Keunikannya busana adat jambi sama sama di hiasi dengan rajutan benang emas, sehingga terlihat mewah dan elegan.

  1. Bengkulu

Pakain adat bengkulu juga tidak memiliki perbedaan nama untuk pria dan wanita, jadi nama baju adat bengkulu adalah pakaian khas melayu bengkulu.

pakaian adat Bengkulu

baju adat wanita bengkulu merupakan baju kurung berlengan panjang dengan bahan beludru,biasanya akan dipadukan dengan kain songket berhias benang emas dan perak yang berbahan sutra. Untuk baju adat pria biasa menggunakan jas, sarung, celana panjang dan alas kaki. Tak lupa senjata tradisional keris juga disematkan untuk pria. Bahan baju adat pria biasanya menggunakan kain wol yang berwarna hitam atau biru tua, sehingga terlihat berwibawa.

Pulau sumatera khususnya mereka memiliki hampir sama tipe pakaianya karena mungkin serumpun. Kalo dari segi desain, eleganya, rumit dan mahal adalah berasal dari sumatera. Sobat pernah liat ga pernikahan adat ala sumatera itu sangat mahal sekali biayanya. Ini di sebabkan pakaian yang mereka kenakan itu sangat mahal sekali bayaranya karena mungkin bahan dan pembuatnya itu mahal.

  1. Lampung

Lampung merupakan daerah yang heterogen karena banyaknya masyarakat dari berbagai macam wilayah, seperti jawa, bali, madura, dll transmigrasi ke lampung. Pakaian khas lampung juga disebut Tulang  Bawang, dan tidak ada perbedaan nama untuk baju adat pria dan wanita.

pakaian adat Lampung

Untuk pria biasanya akan mengenakan kemeja putih lengan panjang dengan bawahan celana panjang pula, dibekali aksesoris sarung tumpal, sesapuran dan khika akhir. Sedangkan untuk wanita biasanya menganakan selappai merupakan baju tanpa lengan yang memiliki hiasan rumbai. Tak lupa sarung tapis, sesapuran, dan khika akhir juga disematkan. Tambahan aksesoris bebe yang merupakan kain menyerupai bunga teratai dan  juga kain tapis yang merupakan rumpai ringgit.

Sobat Bisa menemukan artikel khusus dari daerahnya namun belum banyak diantaranya :

Baju tradisional dari berbagai wilayah indonesia

Klik link di atas kalian akan di arahkan ke kategori pakaian khas indonesia !!!!

Terimakasih sob sudah mampir pada postingan kali ini tentang Pakaian adat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *