Panjang Tongkat Estafet Ukuran dan Aturan Perlombaan

Panjang tongkat estafet tidak sama dengan tongkat-tongkat yang lain. Tongkat estafet merupakan jenis tongkat yang umum digunakan untuk ajang lomba lari estafet. Melainkan lebih kecil dan pendek. Lari estafet adalah satu-satunya cabang dalam perlombaan lari yang memiliki sistem beregu dan membawa tongkat. Dimana dalam satu kelompok setidaknya ada empat orang.

Lari estafet menggunakan tongkat estafet memiliki beragam aturan dan teknik di dalamnya. Karena sistemnya regu, tentu saja aturannya menjadi lebih rumit dibandingkan dengan cabang lomba lari yang lainnya. Karena itu, pada kesempatan ini akan diulas mulai dari pengertian, ukuran tongkat estafet, trik dan teknik menerima dan memberikan tongkat serta berbagai hal yang berkaitan dengannya.

Panjang Tongkat Estafet

Panjang Tongkat Estafet Ukuran dan Aturan Main

Pengertian Lari Estafet Menggunakan Tongkat

Lari estafet sebenarnya adalah nama keren dari istilah lari sambung. Lari satu ini adalah sejenis lomba lari yang pelaksanaannya adalah dengan beranting dan bergantian. Sistem perlombaan lari satu ini adalah regu dimana menggunakan empat orang pelari. Teknik dalam lari estafet ini adalah dengan memindahkan tongkat estafet dari satu pelari kepada pelari yang berikutnya.

Di dalam ajang lomba lari, ini adalah satu-satunya jenis lomba yang memiliki sistem beregu. Ajang ini memiliki empat bagian lintasan yang akan memberikan tongkat kepada pelari yang lain sampai kepada garis finish. Adapun jarak untuk zona serah terima tongkat estafet tersebut adalah 20 meter.

Panjang Tongkat Estafet

Bentuk dari tongkat estafet sendiri adalah silider. Tongkat ini tidak begitu panjang. Adapun panjang dari tongkat estafet sendiri tidak melebihi dari 30 cm dan tidak kurang dari ukuran 28 cm. Adapun untuk bagian diameter tongkatnya adalah 3,81 cm untuk kalangan dewasa dan 2,54 cm untuk kalangan anak-anak. Sementara untuk berat tongkatnya adalah 50 gram.

Sementara untuk menghindari tertukarnya tongkat antara satu dengan yang lain, maka tongkat estafet tersebut akan dicat dengan menggunakan 8 warna yang beragam. Untuk cara memegang tongkat ini harus benar-benar tepat. Untuk pemegangan bisa dilakukan dengan tangan kiri atau kanan tepat pada bagian tengah tongkat. Dan harus dipegang di belajang garis start untuk pelari yang pertama Nah itu dia sob Panjang Tongkat Estafet yang mesti diketahui.

Teknik Pergantian Tongkat dalam Lari Estafet

Ada dua langkah pergantian tongkat dalam lari estafet yang biasa digunakan dalam perlombaan. Pertama adalah penerimaan tongkat dengan cara melihat atau visual. Cara ini dilakukan dengan penerima berlari sembari menolehkan kepadanya untuk melihat tongkat yang diberikan kepadanya dari atlit sebelumnya. Penerimaan tongkat secara visual ini biasa dilakukan dengan nomor 4 x 400 meter.

Kedua adalah penerimaan tongkat dengan cara non visual atau tidak melihat. Pelari yang akan menerima tongkat berlari tanpa melihat tongkat yang ia terima. Biasanya, teknik penerimaan tongkat satu ini dilakukan pada ajang lomba lari estafet 4 x 100 meter.

Dari kedua cara tersebut, penerima tanpa melihat memang lebih sulit dibandingkan dengan penerima tongkat yang melihat terlebih dahulu. Untuk dapat mempraktikkan hal ini secara mudah dan tepat, pelari harus benar-benar melakukan latihan ekstra.

Cara Penerimaan dan Pemberian Tongkat Estafet

Dikarenakanpanjang tongkat estafet relatif panjang, maka dibutuhkan trik dan cara khusus saat memberikan dan menerima tongkat. Seorang atlit harus mampu menerima dan memberikan tongkat estafet dengan benar dan sesuai aturan. Berikut adalah cara pemberian dan penerimaan tongkat estafet yang harus diperhatikan.

Untuk cara pemberian dan penerimaan tongkat estafet dari bawah dilakukan dengan memakai tangan bagian kiri. Kemudian memberikan tongkatnya dengan tangan kiri. Ketika waktu pemberian tongkat, usahakan untuk mengayunkan tongkat dari bagian belakang ke arah depan melalui bawah.

Adapun untuk penerimanya sudah siap berada di belakang dengan bagian telapak tangan menghadap bawah. Usahakan untuk ibu harinya dibuka dengan lebar sedangkan untuk bagian jari yang lainnya dirapatkan. Tujuan dari hal ini adalah untuk memudahkan pelari dalam menerima tongkat.

Sedangkan untuk pemberian dan penerimaan tongkat estafet dari atas dapat dilakukan dengan mengayunkan tangan dari arah belakang ke depan. Lalu bergegas meletakkan tongkatnya dari arah atas kepada telapak tangan sang penerima.

Dan untuk pelari yang menerima tongkat, sebaiknya mengayunkan tangan dari depan ke arah belakang. Tentunya dengan telapak tangan yang dihadapkan ke atas. Selanjutnya, bagian ibu jarinya dibuka dengan lebar sementara bagian tangan yang lain ditutup rapat-rapat.

Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Lari Estafet

Setelah kita mengetahui Panjang Tongkat Estafet ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Saat mengikuti ajang lomba lari estafet ini, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Di antaranya adalah saat pemberian tongkat. Usahakan memberikan tongkat dengan cara bersilang. Jika pelari 1 dan pelari 3 memegang tongkat memakai tangan kanan. Maka pelari dengan nomor 2 dan nomor 4 harus menerimapanjang tongkat estafet memakai tangan kiri.

Hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah tentang penempatan pelari. Sebaiknya penempatannya disesuaikan dengan keunggulan tiap atlit. Jika atlit nomor 1 dan 3 pandai di bagian tukungan, maka sebaiknya diletakkan di tikungan saja. Dan untuk atlit yang daya tahannya baik, maka dijadikan sebagai pelari.

Selain itu, usahakan jarak penantian antara pelari 2, pelari 3 dan pelari 4 adalah tepat sebagaimana saat latihan berlangsung. Dan jika tongkat estafet sudah diberikan, maka jangan bergegas keluar dari masing-masing lintasan. Tunggulah beberapa saat.

Peraturan dalam Perlombaan Panjang Tongkat Estafet

Dalam ajang perlombaan lari estafet, ada beberapa peraturan perlombaan yang biasa diberikan. Di antaranya adalah mengenai panjang area perlombaan. Panjang daerah untuk pergantian tongkjatnya adalah 20 an meter. Sementara untuk pelari sendiri adalah 4 x 100 meter ditambah lagi dengan 10 meter prazona.

Peraturan berikutnya adalah pelari harus tetap tinggal pada lintasan jalur masing-masing. Hal ini harus tetap dilakukan sekalipun pelari sudah memberikan tongkatnya kepada pelari selanjutnya. Jika ada tongkat yang terjatuh, maka pelari yang menjatuhkan tongkat tersebut harus mengambilnya.

Di dalam ajang lomba lari estafet sendiri, pelari yang paling pertama akan berlari pada lintasannya sampai kepada bagian tikungan pertama. Lalu dilanjutkan memasuki lintasan dalam oleh pelari yang ketiga. Sementara untuk pelari yang keempat menanti di kawaasan pergantian dengan berurutan satu sama lain sesuai dengan datangnya pelari sebelumnya.

Masing-masing pelari harus memahami aturan ini dan mempraktikkannya dengan baik. Jika ada kesalahan dalam permainan, maka satu grup harus menanggung akibatnya karena terkena diskualifikasi. Oleh karena itu, berlatih secara intens dengan grup sangat dibutuhkan. Terlebih untuk para pemula yang belum profesional. Perlu pendampingan dan arahan untuk bisa mahir dalam ajang lari estafet ini.

Panjang tongkat estafet sudah ditentukan untuk ajang lomba lari estafet. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan tingkat dengan ukuran yang tepat dan nyaman digunakan. Kualitas dan ketepatan pada tongkat juga akan berpengaruh kepada perlombaan. Dengan pemilihan tongkat yang terbaik, maka hasilnya juga akans semakin maksimal.

Nah itu dia sob Pembahasan kali ini, Mudah mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian tentang Panjang Tongkat Estafet  di dalam peraturan permainan olahraga ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *