Pelanggaran Bola Basket Kesalahan Pemain dan Hukumanya

Pelanggaran bola basket sangatlah penting untuk diketahui, khususnya bagi seorang pemain bola basket. Memang kita lihat sekilas tentang permainan bola basket, ketika terjadi fouls pastilah terjadi pada posisi yang rumit. Sehingga perlu pengawasan dan kejelian untuk mengetahui tentang pelanggaran yang sedang dilakukan.

Bagi seorang pemain bola basket, memahami dan mengetahui tentang pelanggaran yang terjadi ini sangatlah diperlukan. Guna tidak akan melakukan kesalahan hingga menghasilkan pelanggaran, yang tentunya akan membuat kerugian pada tim yang sedang bermain tersebut. Ada poin-poin yang bisa dipahami oleh seorang pemain bola basket, agar senantiasa mengurangi jumlah pelanggaran.

Pelanggaran bola basket

CiriPelanggaran Bola Basket

  1. Pelanggaran Perorangan

Pelanggaran bola basket yang sering terjadi dalam sebuah permainan bola basket yaitu, yang sering terjadi ialah kontak fisik secara langsung antar 2 pemain. Hal ini sangatlah tidak diperbolehkan, dikarenakan akan mampu membuat pemain lain terganggu pergerakannya, dan bisa membuat terjatuh ataupun jenis lainnya.

Seorang wasit yang memimpin jalannya sebuah pertandingan, pastilah akan memberikan peringatan pelanggaran sebanyak 4 kali. Ketika seorang pemain yang memainkan permainan bola basket ini telah melakukan pelanggaran sebanyak 5 kalinya, maka pastilah akan mendapatkan foul out dari wasit kepada seorang pemain tersebut.

  1. Pelanggaran Tim

Ketika sebuah pertandingan permainan bola basket berlangsung secara sengit, pastilah akan ada yang menggunakan teknik dengan sangat ketat. Sehingga menyebabkan banyak sekali pelanggaran. Hal ini akan bisa terjadi pelanggaran secara tim. Apabila dalam satu babak, salah satu tim melakukan pelanggaran dengan telah mencapai batas kewajaran, maka pastilha akan dikenai foul team.

Pelanggaran bola basket jenis ini yaitu, ketika sebuah tim secara bergantian ingin mendapatkan poin  dari ketertinggalan, maka pastilah akan banyak menghasilkan foul yang tidak perlu. Namun demikian, meskipun banyak nya pelanggaran para individu, setiap pemain akan tetap menanggung resiko pelanggaran sebanyak 4 kali. Ketika telah melampauinya, maka foul out akan diberikan.

  1. Pelanggaran Teknik

Pelanggaran teknik terjadi jika seorang pemain bola basket yang melakukan sebuah pelanggaran, namun tidak memperdulikan nasehat dari wasit dan justru melakukan tindakan yang kurang sopan, maka pastilah pelanggaran teknik ini akan diberikan kepada salah satu pemain yang kuran sopan tersebut.

Sebagai seorang wasit, memanglah harus tetap dihormati dari setiap keputusan yang diberikannya. Namun memang kadang sebuah keputusan, tetaplah akan menimbulkan kontroversial. Karena merasa dirugikan oleh hasil yang ada. Meskipun demikian, tetaplah seorang pemain harus tetap memberikan yang terbaik dan tidak melakukan hal-hal yang tidak perlu agar tidak mendapatkan foul.

Contoh Pelanggaran Lainya

  1. Travelling

Pelanggaran bola basket yang sering terjadi ialah, pelanggaran travelling ini. Pelanggaran ini terjadi dikarenakan ketika pada proses menggiring bola basket, pada tiga langkah tidak adanya pendriblingan bola. Maka pastilah akan mendapatkan pelanggaran. Pada hakekatnya permainan bola basket haruslah menggiring bola secara terus menerus tanpa berhenti.

Hal inilah yang membedakan antara bola tangan, dan bola basket. Ketika bola tangan, cukup melempar bola ke teman tim lainnya. Jika bola basket, haruslah melakukan pendriblingan bola pada 3 langkah. Ketika melebihi tiga langkah baru mendribling, maka pastilah akan dikenakan pelanggaran. Hal inilah mengapa permainan bola basket memberikan kerumitan yang sangat tinggi.

  1. Offensive Foul

Pelanggaran bola basket yang satu ini yaitu, ketika terjadi peristiwa seorang pemain bola basket menabrak pemain lawan. Sehingga menyebabkan pemain lawan tersebut tidak mampu menghindar. Adapun beberapa hal yang termasuk ke dalam kategori tersebut yaitu ketika seorang pelaku penabrakan tersebut, melakukannya secara sengaja maka di sinilah yang tidak sesuai.

Bagi seorang pemain bola basket konsentrasi itu sangatlah diperlukan. Sehingga tabrakan dan gesekan antar pemain sudah pastilah akan terjadi. Namun ada tabrakan yang memang karena ketidak sengajaan, dan karena kesengajaan. Sehingga para wasit pun kini telah dibekali berkaitan tentang hal tersebut, sehingga pelanggaran apapun tidak akan luput dari pengawasan wasit.

  1. Foul Out

Pelanggaran yang satu ini, termasuk tindakan pelanggaran yang cukup berat. Dikarenakan seorang pemain ketika telah mendapatkan pelanggaran foul out ini, maka haruslah meninggalkan lapangan pertandingan. Hal ini terjadi dikarenakan, seorang pemain tersebut berulang kali melakukan pelanggaran keras kepada pemain lawan. Sehingga membuat pemain lawan tersebut kesakitan.

Dari hal tersebut, ketika dilakukan secara berulang kali sebanyak 5 kali, maka pastilah pelanggaran foul out akan diberikan kepada seorang pemain bola basket. Guna mengikuti keputusan dari seorang wasit, dan meninggalkan jalannya pertandingan bola basket tersebut.

Pelanggaran bola basket Lanjutan

  1. Foul 

Foul ini sering terjadi ketika pada posisi bertahan. Kebanyakan pelanggaran yang terjadi pada posisi menyerang dan bertahan. Hal ini sudah memang biasa terjadi dikarenakan, pada posisi tersebut kedua tim sama-sama ingin menambah poin. Dan sebaliknya, tim lain ingin mempertahankan keadaan. Namun demikian sebagai seorang pemain bola basket, sepatutnya tidak melakukan berlebihan.

  1. 8-Second Violation

Pelanggaran jenis ini dilakukan dengan cara para pemain yang dikenai sanksi pelanggaran, maka harus menempatkan diri setengah lapangan pada bagian wilayah permainannya. Ketika bola telah dilancarkan oleh tim lawan, barulah tim yang dikenai sanksi tersebut keluar dari daerah pertahanan. Adapun waktu yang ditentukan untuk bisa keluar dari wilayah pertahanan selama 8 detik.

  1. 24-Second Violation

Pelanggaran jenis ini terjadi dikarenakan tim yang dikenai sanksi ini melakukan pelambatan waktu, sehingga pastilah akan merugikan tim lawan. Maka hukuman yang diberikan kepada tim yang memperlambat waktu tersebut, dengan memberikan sanksi berupa tim tersebut berada pada wilayah pertahanan selama 24 detik. Hal ini dimungkinkan agar tim tersebut bersikap kompetitif.

  1. Defensive 3 Second

Permainan bola basket memanglah sangat unik, hingga ketika seorang pemain dari sebuah tim tidak melakukan pergerakan selama 3 detik pada wilayah nya, maka akan diberikan throw in kepada tim lawan. Hal ini dilakukan agar pergerakan permainan ini semakin dinamis dan agresif. Karena ketika peraturan macam ini belum dilakukan, maka akan mengakibatkan tidak maksimalnya permainan.

  1. Three Seconds Violation

Bagi seorang pemain bola basket yang mempertahankan dirinya pada key area selama 3 detik, maka akan diberikan sanksi berupa throw in kepada tim lawan. Hal ini diharapkan para pemain bola basket senantiasa tetap bermain agresif dan tidak berhenti untuk menyerang. Ketika permainan ini berjalan secara semestinya maka akan lebih enak dipandang mata.

Pelanggaran Selanjutnya

  1. Offensive 3 Second

Terlalu lama berada pada wilayah pertahanan lawan juga akan mendapatkan peringatan, dan pelanggaran. Sehingga ketika melakukan permainan bola basket ini, jangan terlalu sering berada di pertahanan lawan namun terus bergerak dan melakukan perlawanan dan serangan tanpa henti. Agar senantiasa memberikan permainan yang maksimal dan kompetitif.

Baca Juga Konten lainya :

  1. Shot Clock Violation

Dalam sebuah penyerangan pun haruslah mencermati waktu yang ada pada proses penyerangan. Pada proses tersebut diberikan waktu 30 detik untuk dilakukan penyerangan. Ketika batas waktu tersebut tidak mampu dilakukan untuk meraih angka, maka bola pun beralih ke tim lawan.

Terimakasih sob sudah mampir dan mengambil informasi dari pembahasan kali ini tentang pelanggaran bola basket.