Peraturan Bola Basket Terbaru Untuk Pemain dan Pelatih

Peraturan bola basket perlu dan wajib diketahui, bagi para pemain bola basket. Hal tersebut terjadi dikarenakan ketika seorang pemain bola basket tidak mengetahui tentang aturan yang berlaku pada sebuah permainan bola basket, maka dikhawatirkan akan memainkan sebuah permainan yang tidak sesuai dengan kaidah permainan. Oleh karena itu, wajib diketahui tentang peraturan ini.

Ketika seorang pemain permainan bola basket telah mengetahui tentang aturan-aturan permainan ini, maka akan menghasilkan sebuah permainan yang tidak asal-asalan dan tidak terlalu banyak pelanggaran. Bisa anda saksikan ketika dalam sebuah permainan bola basket tidak adanya pemahaman tentang sebuah aturan bermain, pastilah yang ada hanyalah pelanggaran yang tidak seharusnya terjadi.

Peraturan Bola Basket

Nah sob peraturan ini sangat penting sekali bagi wasit. Wasit ini harus mengetahui seluk beluk dari olahraga ini karena akan menjadi penentu dalam sebuah pertandingan.

Baca Juga :

Macam-macamperaturan bola basket

  1. Ukuran Lapangan

aturan bola basket memiliki beberapa kriteria, dan salah satunya ialah tentang ukuran dari sebuah lapangan bola basket. Sebuah lapangan bola basket memiliki standar yaitu panjang 26 meter, dan lebar 14 meter. Ke akurasian dari sebuah panjang dan lebar pada lapangan bola basket ini, sejatinya haruslah pas dan tidak kurang. Apabila ada sebuah ukuran yang tidak sesuai, maka tidak layak.

Memang pergantian wilayah pertandingan dilakukan, namun akan merasa dirugikan oleh salah satu pihak atau salah satu tim. Oleh karena itu, agar tidak terlalu bingung dan resah, perhatikan dengan baik sebelum akan membuat sebuah lapangan bola basket agar lebih maksimal.

  1. Ukuran Garis Pada Lapangan

Dengan garis lapangan yang mampu mengakomodir jalannya sebuah pertandingan bola basket. Bagian tengah sebagai pemisah antara satu tim dengan tim lainnya. Pembagian tersebut panjang 13 meter, dan pada garis tengah tersebut terdapat lingkaran dengan diameter 18 meter.

Sejatinya ukuran ini diharapkan untuk memberikan perhitungan, ketika terjadi pelanggaran dan perhitungan akan sebuah langkah yang harus diambil, untuk menentukan langkah dalam memainkan permainan bola basket. Sehingga ketika sebuah lapangan tidak terdapat garis yang akurat dan sesuai, maka permainan pun tidak akan mampu berjalan adil.

  1. Ukuran Bola

Peraturan bola basket agar tercapainya standar dan ketentuan dalam bermain bola basket yaitu, ukuran bola yang haruslah mengikuti aturan standar yang berlaku. Panjang keliling dari sebuah bola basket yaitu 75 cm, dengan berat bola basket sekitar 600 gram. Ke akurasian dari perhitungan bola ini, diharapkan akan mewujudkan permainan yang senantiasa stabil.

Stabil ini maksudnya ialah, ketika seorang pemain permainan bola basket melakukan sebuah tembakan ataupun umpan, kepada rekan se tim. Maka pergerakan dari bola tersebut akan bisa lancar, dan tidak terganggu. Adapun ketika bola tersebut tidak memiliki ukuran yang standar, maka pastilah tidak akan bisa stabil dalam pergerakannya dan tidak akan maksimal dalam lajunya.

Peraturan Bola Basket Permainan dan Jumlah Pemain

  1. Waktu Permainan

Pada sebuah pertandingan bola basket, juga memiliki aturan waktu layaknya permainan lainnya. Memang khusus untuk bola basket ini memiliki pembagian waktu yang berbeda dengan lainnya, karena memang permainan bola basket ini lebih menguras energi dan mental. Sehingga sudah sepantasnya lah ketika melakukan basket ini, sebentar saja maka akan terasa capek.

Peraturan bola basket terkait waktu yaitu memiliki 4 babak, yang mana 4 babak ini memiliki durasi waktu 10 menit. Dari 10 menit ini nanti akan ditentukan siapa yang akan mampu memenangkan sebuah pertandingan. Apabil diakhir babak terjadi hal berupa sama jumlah poin, maka solusinya ialah ditambah dengan babak lanjutan, hingga mampu menghadirkan tim pemenang.

Selain itu juga, memang pembagian waktu ini dimaksudkan agar tetap menjaga kesehatan dari seorang pemain. Ketika seorang pemain harus bermain selama 40 menit lebih, dengan fokus antara tangan dan kaki untuk bisa mempertahankan bola. Maka di sinilah letak kesulitan dari permainan bola basket.

  1. Jumlah Pemain

Adapun peraturan bola basket ini juga mengatur tentang jumlah pemain yang bermain di lapangan. Hal ini dilakukan mengingat agar persaingan ini lebih terasa. Bisa kita bayangkan ketika pada sebuah lapangan bola basket terdapat banyak pemain, maka pastilah hanya justru akan mengganggu jalannya pertandingan.

Standar pemain yang memainkan permainan bola basket yaitu 5 orang untuk satu tim. Dan dari 5 tersebut memiliki 7 orang sebagai pemain pengganti. Dari ini memang telah diatur sedemikian rupa, sehingga pergantian pemain dan jumlah pemain yang ada ini benar-benar telah diperhitungkan secara matang.

  1. Jumlah Wasit

Layaknya sepak bola, permainan bola basket pun juga memiliki wasit yang mengakomodir jalannya sebuah pertandingan bola basket. Wasit bertugas untuk memaksimalkan permainan dan persaingan. Jumlah wasit yang memimpin jalannya pertandingan sepak bola yaitu 3 orang. Persis seperti sepak bola, namun yang membedakan ialah posisi dan kondisi dari pelanggaran yang terjadi.

Aturan Basket Selanjutnya

  1. Perlengkapan Pertandingan

Dalam sebuah pertandingan bola basket, pastilah tidak terlepas dari keberadaan perlengkapan yang ada. Salah satu contoh nya ialah jam dan stopwatch. Alat ini sangatlah penting ketika pertandingan berlangsung, dan alat ini bisa merubah keadaan ketika tidak mampu memberikan ke akurasian dari sebuah pertandingan.

Oleh sebab itu, ada masih banyak perlengkapan yang wajib untuk dipersiapkan guna menjadikan pertandingan bola basket yang ada ini, mampu memberikan pertandingan yang nyaman, adil dan berkualitas.

  1. Seragam

Bagi seorang pemain bola basket, seragam itu sangatlah penting. Ketika seorang pemain mengenakan seragam, maka pastilah akan mampu melihat lawan dan teman. Fokus ketika melakukan pertandingan bola basket ini sangat lah tinggi. Seorang pemain akan diminta untuk fokus tidak hanya untuk mengendalikan diri saja, melainkan juga mempertahankan bola di tangan.

Jadi penggunaan seragam ini sangatlah penting, guna mampu memaksimalkan permainan dan mampu meraih sebuah kemenangan. Akan sangat disayangkan ketika terjadi kekalahan, dikarenakan seragam yang kurang memadai. Oleh karena itu, bagi seorang pemain bola basket harus memperhatikan hal terkecil dalam bermain bola basket.

  1. Foul

Peraturan bola basket yang satu ini memiliki kriteria dan penjabaran yang sangat luas. Foul atau pelanggaran menjadi hal paling sensitiv dalam pertandingan bola basket. Ketika seorang pemain mampu melewati permasalahan yang berkaitan tentang pelanggaran dalam permainan pertandingan, maka akan mampu memberikan permainan yang terbaik.

Tetapi ketika seorang pemain tidak bisa mengendalikan diri, maka akan sangat disayangkan. Karena pastilah akan mendapati pelanggaran demi pelanggaran. Sejatinya pelanggaran ini terjadi karena, kurangnya pemahaman berkaitan tentang cara bermain yang baik dan benar. Oleh karena itu, bagi seorang pemain bola basket haruslah belajar dan memahami peraturan yang ada dengan detail.

Jika ada informasi yang kurang berkenan dan ada yang salah mohon untuk memberikan saran dan kritiknya ke kontak website ini. membantu dalam pengembangan website ini kedepanya. Terimakasih sob sudah mampir dan membaca postingan kali ini tentang Peraturan Bola Basket.