Pola Makan Sehat Cara Penerapan & Mengatur Jadwal Tepat

Pola Makan Sehat - Memiliki pola makan yang sehat bukanlah hal yang mudah untuk di jalankan secara konsisten. Godaan selalu ada, terutama saat orang sudah terlalu lelah menjalankan aktivitas. Kebanyakan orang memang lebih memilih makanan yang cepat, praktis dan siap saji dari pada memasak sendiri di rumah yang  pada dasarnya memang lebih sehat.

Pola makan sehat untuk gaya hidup sehat ternayata juga bisa memperpanjang usia. Hampir semua makanan pada dasarnya memamng enak untuk di makan dengan lahap, namun jika semua di lahap tanpa adanya batasan akan membuat kondisi tubuh semakin tidak baik, biasanya saat bepergian sering kali menemukan makanan cepat saji yang notabane memang enak, namun hal itu tetap harus di batasi.

pola makan sehat

Mengatur Pola Makan Sehat

Memilliki pola makan yang teratur memang akan membuat metabloisme tubuh dapat bekerja dengan baik. namun jarang sekali beberapa orang kurang menyadarinya. Pola konsumsi sehat setidaknya harus terpenuhi standrat gizi dan nutrisi yang di perlukan oleh tubuh, seperti halnya makanan 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari daging, buah-buahan, sayuran dan lain sebainya.

Bukan itu saja, terkadang ketika lelah dan penat dalam beraktivitas memungkinkan untuk memilih makanan cepat saji dari pada memasak sendiri. Ketika merasa lelah hormon ghrelin akan naik dan kadar leptin hormon yang membantu merasa kenyang menurun, sehingga beberapa daerah di otak untuk mengontrol keinginan makan junk food sulit untuk di bendung.

Berikut beberapa cara mengatur pola makan agar tubuh tetap sehat :

  1. Buat Persiapan dalam porsi lebih

Mempersiapakan bahan dasar sebelum memasak memang membutuhkan waktu cukup lama, dan sulit membuat kebiasaan ini menjadi salah satu rutinitas. Oleh karena itu, sebaiknya setiap kali membersihkan atau memotong bahan dasar, usahakan untuk mempersiapkannya dalam porsi yang lebih banyak dan beragam.

  1. Menyimpan camilan yang tahan lama

Camilan memang salah satu menu favorit setaip orang di saat kelaparan melanda, pasalnya dengan adanya camilan dapat menahan kenyang untuk sementara waktu, namun setidaknya dalam memilih camilan harus memperhatikan komposisi bahan yang di gunakan. Pola makan sehat terutama untuk camilan akan lebih baik jika membuatnya sendiri.

Ketika membuat camilan atau memilih camilan, buat dan pilih camilan yang tahan lama serta simpan camilan yang bisa bertahan lama tersebut di meja kerja, mobil atau tas. Pilih camilan yang bisa menstabilkan kadar gula darah. Beberapa contoh camilan seperti ini adalah kacang-kacangan, biji-bijian atau popcron (tanpa tambahan mentega).

Simpan camilan tersebut di tempat yang dekat dengan jangkauan, sehingga ketika perut terasa lapar, camilan tersebut dapat langsung di makan untuk mengganjal perut hingga waktu makan siang dan makan malam.

Pola Makan Sehat Selanjutnya

  1. Rencanakan kapan akan menyantap makanan idaman

Ketika ingin memakan makanan manis dan keinginan belum terhenti dan akhirnya tercapai, sebaiknya jangan di tahan keingian tersebut.  Jika memang sangat ingin memakannya jangan di tahan-tahan terlalu lama, karena tidak ada salahnya memakan makanan idaman tersebut, namun jangan berlebihan memakannya, setidaknya lakukan dengan perencanaan terlebih dahulu.

Menyerah pada keinginan akan menghentikan keinginan kalap yang tidak terkendali sekaligus membiarkan makanan yang tidak di butuhkan akan masuk ke dalam tubuh. Sehingga, hal inilah yang akan menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat, karena semua makanan masuk tanpa adanya perencaan yang matang.

  1. Ganti makanan idaman dengan alternatif makanan yang lebih sehat

Pada saat sedang mengingkan memakan satu makanan, biasanya karena kurang tidur. Jika ini terjadi, sebaiknya ganti makanan idaman dengan versi yang lebih sehat. Seperti halnya ketika ingin makan es cream ganti dengan greek yogurt  atau sebatang coklat protein. Hal ini mungkin bisa memenuhi nafsu makan dan asupan protein membuat kenyang lebih lama.

  1. Membuat daftar menu makanan sehat

Memiliki pola makan yang teratur tentunya akan membantu untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. Pola makan sehat seharusnya tidak meleawatkan untuk sarapan untuk menghindari asupan kalori, kalori ini sebenarnya bisa terpakai saat kegiatan sepanjang siang hari.

Oleh karena itu, tetaplah untuk sarapan di pagi hari dengan menyantap hidangan yang rendah lemak dan mengandung serat tinggi. Selain itu, sering makan malah di anjurkan agar metabolisme tubuh dapat berjalan lebih baik, karena apabila kurang makan metabolisme tubuh juga akan berjalan lebih lambat. Namun, ketika di perbolehkan sering-sering makan, harus tetap selektif dalam memilih makanan agar metabolisme tubuh dapat terjaga dengan baik.

Aturan Pola Makan Berikutnya

  1. Mengatur pola makan

Dengan membuat daftar menu masak makanan sarapan hingga makan malam dapat membantu kebutuhan sehari-hari. Terkait kandungan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu cara yang bisa di bilang efektif untuk pola makan sehat adalah dengan mempersiapkan daftar menu masakan sehat. Agar metabolisme tubuh dapat terjaga dengan baik.

  1. Hindari makanan junk food

Makanan jank food memang merupakan makanan kesukaan sebagian orang, namun makanan ini termasuk minuman bergula seperti soda dan makanan ringan yang memiliki tinggi kalori seperti halnya keripik kentang. Metabolisme tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik apabila hanya memakan makanan junk food saja.

Makanan junk food hampir selalu mengandung kadar lemak tinggi, terutama lemak jenuh, garam dan gula lebih tinggi, rendah serat, nutrisi rendah seperti halnya kalsium dan zat besi. Sehingga, haruslah di batasi jika ingin memakan junk food. Memiliki pola makan yang buruk dapat menyebabkan kenaikan berat badan, masalah konstentrasi dan lain sebagainya.

  1. Mengurangi konsumsi makanan manis

Semua orang banyak sekali yang menyukai makanan dan minuman manis. Namun sayangnya, makanan manis ini lebih banyak menimbulkan kerugian dalam tubuh dari pada manfaatnya. Oleh karena itu, ketika ingin makanan dan minuman manis batasi, jangan terlalu berlebihan memberi campuran gula pada makanan dan minuman.

Makanan manis selain memicu obesitas, makanan manis juga dapat mengakibatkan lonjakan gula darah meningkat yang pada akhirnya menyebabkan penyakit diabetes.

Penutup

  1. Makan minimal 5- 6 kali sehari

Makan lebih sering yaitu 3 kali makan utaman dan 2-3 kali makanan pendamping atau camilan. Di antara waktu malam merupakan cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika memilih makanan ringan pilih makanan yang rendah lemak, rendah gula dan tinggi protein. Non-fat yogurt dan kacang-kacangan mungkin makanan ringan yang baik untuk menahan rasa lapar.

Baca juga konten lainya tentang :

Oleh karena itu, dengan menjaga pola makan sehat salah satunya adalah makanan. Makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang cukup yang masuk dalam tubuh, dengan gizi dan nutrisi yang cukup. Maka akan membantu metabolisme tubuh dapat bekerja dengan baik. Namun, harus tetap selektif dalam memilih makanan serta harus memiliki pola makan yang teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *