Program Diet Sehat Turunkan Berat Badan Ampuh dan Cepat

Jika Anda merupakan salah satu orang yang sedang ingin melakukan program diet, pasti Anda tengah disibukkan dengan mencari referensi mengenai beragam program diet sehat yang cocok untuk Anda. Apalagi jika Anda adalah pemula, untuk itu Anda perlu mengetahui beragam informasi mengenai macam-macam program diet yang bisa Anda pilih tergantung dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Program Diet Sehat

Memilih Program Diet Sehat

Memilih program diet sehat yang cocok bagi kondisi tubuh Anda sama saja seperti memilih jodoh yang tepat bagi hidup Anda. Tentu, petuah ini bukan tak beralasan. Sebab program diet yang tidak cocok bagi tubuh dapat mengancam kesehatan tubuh Anda. Itulah mengapa sebelum memutuskan untuk menjalani program diet Anda harus mengetahui detil program dietnya dan kondisi tubuh Anda memungkinkan atau tidak.

Contoh Program Diet yang Sedang Tren

Belakangan ini banyak sekali tokoh kesehatan yang membuat program diet ala mereka sendiri. Tak hanya dokter dan binaragawan, ahli gizi juga ikut andil dalam hal ini, karena tak dapat dipungkiri yang paling penting dalam program diet adalah memastikan kebutuhan gizi dalam tubuh Anda tetap terjaga dengan baik sehingga metabolisme tubuh juga berjalan lancar.

Di bawah ini beragam program diet yang dapat Anda pilih karena sistem dan aturannya berbeda-beda :

  1. Diet Mayo

Diet mayo adalah program diet sehat yang aturan dasarnya adalah memotong garam dan karbohidrat. Hal ini bertujuan untuk menurunkan besarnya kandungan karbohidrat serta garam yang ada di dalam tubuh Anda. Jika Anda perhatikan menu makanan di program diet mayo memang jauh dari unsur garam dan karbohidrat.

Seperti yang kita tahu bahwa karbohidrat dan garam sifatnya mengikat air, jadi dengan berkurangnya kandungan kedua zat tersebut dalam tubuh Anda maka yang terjadi adalah tubuh Anda kehilangan banyak air yang dapat menjadikan berat tubuh Anda berkurang.

Yang perlu Anda ketahui adalah, diet mayo tidak akan menjadikan tubuh Anda menjadi lemas hanya karena tidak mengkonsumsi karbohidrat dan garam karena di dalam tubuh Anda masih terdapat cadangan gula yang akan digunakan sebagai sumber energi Anda dalam beraktivitas.

Untuk mengimbangi agar metabolisme tetap lancar, jangan lupa agar selalu minum air putih minimal 8 gelas dalam satu hari, namun Anda perlu tahu bahwa jika Anda melakukan program diet Anda harus menghindari minum air es. Meskipun menyegarkan namun air es akan menghambat program diet Anda.

Bagi Anda yang pemula dalam beragam program diet sehat, Anda perlu tahu bahwa diet mayo ini harus dilakukan selama 14 hari berturut-turut dengan rajin karena apabila Anda gagal di pertengahan jalan, maka Anda harus mengulang lagi dengan hitungan hari pertama. Diet mayo ini menjanjikan Anda dapat kehilangan berat badan hingga 8 kilogram.

Program Diet Sehat Lainya

  1. Healthy Portion Diet

Program diet sehat yang satu ini dapat Anda pilih jika Anda tetap ingin mengkonsumsi karbohidrat dan protein meskipun sedang dalam masa diet. Karena diet jenis ini tidak mengharuskan Anda untuk menjaga jarak dari berbagai macam kandungan seperti karbohidrat dan protein hanya saja program ini menganjurkan untuk membatasi jumlah konsumsinya.

Sehingga jika Anda berkeinginan menjalani diet dengan sistem healthy portion diet, maka Anda harus pintar dalam memperhitungkan kandungan apa saja yang dapat Anda makan dalam satu hari. Hal ini perlu diperhatikan agar diet Anda berjalan lancar namun tetap menyenangkan.

Untuk diet ini Anda hanya perlu membagi piring makan Anda menjadi 4 bagian sama besar yang kemudian masing-masing bagian diisi dengan kandungan makanan yang berbeda. Empat bagian tersebut adalah: ¼ untuk karbohidrat; ¼ untuk protein nabati, hewani, dan lemak (seperti daging ayam, sapi, ikan, dan lainnya); ¼  untuk sayur-sayuran; dan ¼ bagian sisanya tersebut untuk buah-buahan.

Yang perlu Anda ingat adalah, jangan sampai Anda banyak memakan makanan ringan atau camilan, makanan sampingan seperti itu hanya akan membuat simpanan cadangan makanan Anda dalam tubuh membengkak sehingga beragam program diet sehat yang Anda jalani sama saja tidak memberikan hasil.  Anda juga harus rutin olahraga agar tubuh Anda tidak hanya sehat namun juga bugar.

Keuntungan jika Anda mengikuti program diet ini adalah Anda tidak perlu menjaga jarak dengan makanan kesukaan Anda, karena Anda tetap dapat memakannya dengan membatasi pola konsumsi dan jumlah konsumsinya.

Diet Ala Artis

  1. OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet)

Anda juga bisa mencoba salah satu program diet yang sedang naik daun saat ini. Program yang sudah banyak populer di luar negeri ini kini mulai menjadi tren di Indonesia karena diperkenalkan oleh Deedy Corbuzier seorang magician yang juga aktif dalam dunia kesehatan. Dengan sistem intermittent fasting Anda bisa mendapatkan berat badan ideal dalam waktu singkat.

Prinsip diet OCD  ini sangat sederhana dan dapat Anda pahami sekalipun jika Anda adalah seorang pemula. Aturan dasarnya hanyalah Anda harus mengistirahatkan perut dengan cara tidak makan atau berpuasa selama beberapa waktu tertentu. Jika Anda telah 16 jam puasa maka Anda dapat 8 jam makan sesukanya.

Jika jumlah jam puasa Anda bertambah mencapai 18 jam puasa, maka Anda bisa 6 jam makan sesuka yang Anda inginkan. Selanjutnya untuk durasi puasa Anda mencapai 20 jam puasa maka Anda diberi waktu 4 jam untuk makan sesukanya. Sedangkan jika menjalani puasa selama 24 jam, maka hanya dapat sekali makan sesukanya

Seperti yang sudah diketahui bersama jika Anda menjalani program diet, maka Anda perlu menjaga konsumsi makanan. Anda agar tetap mengkonsumsi makanan yang penuh gizi bukan asal asalan makan tanpa mengetahui kandungan yang ada di dalamnya. Untuk minuman, usahakan tetap rutin minum air mineral delapan gelas sehari dan jika ingin meminum teh atau kopi hendaknya tanpa gula.

Yap sob apakah sobat akan mencoba program diet sehat ini ?

Anda dapat menurunkan berat badan hingga 12 kg dalam waktu dua bulan saja dengan menjalani diet ketat ini.

Diet Sehat Terkenal di Barat

  1. Program Diet DASH

DASH adalah kependekan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension ini merupakan salah satu program diet yang telah lama hadir di Amerika sana. Program diet ini diformulasikan oleh cabang NIH (National Institute of Health) dan dibagi ke dalam dua fase.

Fase pertama memakan waktu hingga 2 minggu. Dalam fase ini konsumsi karbohidrat untuk tubuh dikurangi agar sistem metabolisme bisa di-reset ulang oleh tubuh. Fase ini adalah fase di mana kamu harus memperbanyak konsumsi protein yang berasal dari sumber makanan seperti daging dan minum susu. Yang perlu diperhatikan adalah menghindari makanan dengan kandungan sodium.

Diet ini selain dapat menurunkan berat badan dalam jangka waktu pendek, juga memiliki berbagai manfaat lain. Seperti caranya yang juga mudah, nutrisi yang masuk dalam tubuh berimbang. Sistem diet nya yang tidak berbahaya, serta mampu mengurangi munculnya resiko penyakit jantung dan diabetes.

Menu Makanan Sehat Program Diet yang Disarankan

  1. Ikan
  2. Brokoli
  3. Putih telur
  4. Apel
  5. Oatmeal

Baca Juga Konten Lainya Tentang :

Pada fase pertama diet DASH ini, Anda bisa kehilangan berat badan sebanyak 2,2 kg. Sedangkan untuk fase selanjutnya, pola yang sudah terbangun tersebut harus tetap Anda jaga agar tetap seimbang. Selain itu, ada juga aturan diet DASH yang perlu ditaati dengan teliti seperti beragam program diet sehat lainnya.  Banyak minum air putih, hindari minum kopi atau teh, membatasi banyak konsumsi kalori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *