Resep Menu Diet DEBM Enak, Sederhana, Mudah dan Sehat

Resep menu diet DEBM Salah satu yang di anjurkan untuk yang sedang menjalani program ini agar lebih maksimal. DEBM merupakan salah satu jenis diet yang memfokuskan kepada metode rendah karbo dan tinggi lemak. Nama DEBM Sendiri merupakan singkatan dari diet enak, bahagia dan menyenangkan. Dalam menjalankan diet ini, ada aturan ketat mengenai mana jenis makanan yang boleh dimakan dan mana yang harus dihindari. 

Resep menu diet DEBM

Seseorang yang sedang menjalankan diet DEBM mungkin akan merasa bosan dengan menu yang itu itu saja. Anda tidak perlu kebingungan karena ada beberapa resep terbaik yang dijamin kelezatannya. Dengan demikian, seseorang tidak akan tersiksa dan tetap bisa makan makanan bahagia ketika menjalani diet DEBM.

Beberapa Resep Menu Diet DEBM yang Lezat

Ada banyak sekali resep makanan diet DEBM yang bisa dijadikan pilihan. Pada intinya, resep-resep yang ada tetap memiliki bahan yang sama. Atau bisa dikatakan bahan yang dibolehkan untuk dikonsumsi pada diet ini. Namun, olahannya dibuat dengan lebih bervariasi. Berikut adalah beberaparesep menu diet DEBMyang bisa dijadikan alternatif pilihan.

  • Ayam Asem Ala DEBM

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menu diet Ayam Asem ini adalah daging ayam sebanyak ¼ kg, wortel dengan ukuran besar sebanyak 1 buah, buncis 10 buah, cabe 10 buah, bawang merah sebanyak 2 siung, bawang putih sebanyak 1 siung dan penyedat sebanyak sdt. Ditambah dengan gula rendah kalori sebanyak satu sachet dan tomat dengan ukuran sedang sebanyak 3 buah.

Langkah untuk memasak menu ini, pertama dengan mengiris bawang merah, bawang putih, tomat dan buncis. Lalu, ditumis menggunakan minyak hingga harum. Sesudah itu, masukan ayam, wortel, lengkuas dan buncis, aduk sampai benar-benar merata. Masukkan air sebanyak 500 an ml hingga mendidih. Tambahkan penyedam, gula dan garam. Rebus ayam sampai matang dan siap disajikan.

  • Bola-Bola Keju

Menu diet DEBM yang recommended selanjutnya adalah Bola Bola Keju. Menu ini menggunakan bahan-bahan yang sederhana, yaitu 2 telur ayam, 1 agar-agar plan dan 1 blok keju. Langkah memasaknya juga sangat sederhana, pertama kocok telur, masukkan agar-agar plan, tambahkan keju dan aduk. Setelah itu, buat adonan berbentuk bulat dan goreng sampai benar-benar matang.

Resep Menu Diet DEBM yang Enak

  • Keju Kukus  

Keju Kukus merupakan adonan kue yang murmer dan lezat namun cocok untuk dijadikan menu diet. Bahan yang harus dipersiapkan adalah telur 4 butir, gula diet 4-5 sachet, sp 1 sdt, agar bubuk 2 sachet, baking powder 1 sdt, keju spread 5 sdm, mentega yang dicairkan 8 sdm. Keju blok parutan ½ blok.

Cara pembuatannya adalah dengan melelehkan mentega dan keju menjadi satu dan sisihkan. Kemudian, kocok telur bersama dengan gula dan sp sampai mengembang. Tambahkan agar-agar bubuk, mentega dan spread, baking powder aduk hingga merata. Langkah selanjutnya adalah memasukkan adonan ke dala cup-cup kecil yang telah diolesi dengan mentega.

Langkah berikutnya dengan menambahkan parutan keju di atasnya kemudian mengukus roti keju hingga matang. Untuk durasinya sekitar 15-20 menitan. Sesudah itu, tambahkan parutan keju kembali di atasnya sesuai dengan kesukaan. Keju Kukus enak dan lezat siap dinikmati.

  • Sayur Daun Singkong

Selain beberapa menu di atas, kini saatnya mencoba menu sayuran, yaitu Sayur Daun Singkong. Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah 150 gram dau singkon muda yang ditumbuk kasar, udang kecil 100 gram, santan kara 2 bungkus, air 1 liter, sereh 1 batang, daun salam 2 lembar, lengkuas geprek 2 cm, garam dan kaldu bubuk secukupnya.

Langkah pembuatannya adalah dengan memanaskan air, santan, salam, lengkuas, sereh dan berbagai bumbu halus dalam wadah hingga masak. Kemudian masukkanlah daun singkong bersama dengan udang hingga benar-benar matang. Tambahkan kaldu bubuk dan garam. Sajikan dengan ikan tongkol atau teri balado agar lebih nikmat.

Beberapa Resep Menu Ala Diet  DEBM Sederhana

  • Siomay DEBM

Resep selanjutnya adalah siomay khusus untuk diet DEBM. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep ini adalah ikan tenggiri giling sebanyak 500 gram, labu siap parut sebanyak 100 gram, bawang putih halus sebanyak 2 siung, daun bawang iris tipis sebanyak 1 batang, agar-agar plan 1 bungkus, lada bubuk 1 sdt, telur ayam 2 butir dan garam serta bubuk kaldu secukupnya.

Cara untuk membuat menu ini adalah, pertama campurkan semua bahan menjadi satu adonan hingga merata. Panaskan air dengan api ukuran kecil dan jangan sampai kematangan. Masukan adonan hingga mengapung. Sesudah itu, cek rasanya apakah sudah sesuai atau belum. Untuk adonannya, cetak seperti bakso.

  • Sop Tetelan

Sop Tetelan juga bisa dijadikan sebagai pilihan menu. Untuk bahan yang harus dipersiapkan adalah tetelan atau lemak ¼ kg, sayur sop yang telah diiris, daun bawang sebanyak 2 batang, seledri sebanyak 2 tangkai, tomat sebanyak 1 buah, jahe sebanyak 2 cm, bawang Bombay sebanyak ½, bawang putih cincang 3 siung, garam, ladaku, penyedap rasa sapi, air, bawang goreng dan minyak 2 sdm.

Cara untuk membuat menu diet ini adalah dengan menumis bawang putih serta bawang Bombay hingga harum. Kemudian masukkan bahan garam, lada, jahe dan air hingga mendidih. Sesudah itu, masukan berbagai sayuran yang ada dan diamkan sampai matang. Setelah itu, masukkanlah tetelan sambil diaduk. Tambahkan tomat, daun bawang dan seledri dan angkat. Lalu taburi bawang goreng.

Baca Juga Postingan Lainya tentang :

Resep Menu Jus Alpukat Diet DEBM

Selanjutnya Anda bisa mencoba untuk menikmati jus alpukat sebagai pelengkap menu diet DEBM. Bahan yang dibutuhkan sangat sederhana, alpukat matang sebanyak 1 buah, kara ukuran kecil 1 bungkus, gula diet 1 sachet, es batu dan air dingin.

Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan seluruh bahan tersebut dalam blender. Kemudian haluskan di blender tersebut. Sesudah itu, hidangkan menu untuk langsung dinikmati.

Ada berbagairesep menu diet DEBM yang dapat dijadikan pilihan. Mulai dari olahan kue, sayur, bahkan minuman untuk dikonsumsi sehari-hari. Anda yang sedang dalam proses diet enak bahagia dan menyenangkan tidak perlu khawatir soal makanan. Karena pelaku diet ini tetap bisa mengkonsumsi makanan enak dan sehat.

  • Brownis Lezat Ala Amanda

Resep menu diet DEBM selanjutnya adalah brownis. Kesannya memang banyak mengandung karbo, namun sebenarnya tidak. Bahan yang digunakan untuk menu ini adalah tepung almond sebanyak 75 gram, baking powder sebanyak 1 sdt, garam ½ sdt, vairhona bubuk sebanyak 35 gram, erythol sebanyak 35 gram, telur 4 butir, sp 1 sdm, vanilla 2 sdm, coklat batang 40-100 gram, butter 100 gram.

Cara pembuatannya adalah memanaskan dandang kukus, tim coklat batang dan butter sampai melelej. Kemudian moxer telur, SP dan valina sampai mengembang. Kemudian masukkan bahan-bahan yang lain seperti tepung almond, baking powder dan sebagainya secara perlahan. Setelah itu, bagilah adonan kue tersebut menjadi dua. Kukus setengah bahannya selama 15 menit. Kemudian kukus sisanya.