Sejarah Lari Marathon Awal Mula Olahraga Ini Tercipta

Bila berbicara mengenai sejarah lari marathon, kita akan seolah dibawa menuju ke masa lalu dimana saat peperangan masih terjadi di Yunani. Olah raga atletik yang kini terkenal dan banyak diminati oleh semua kalangan baik tua muda, muda dewasa hingga tua bisa mengikuti kegiatan perlombaan lari marathon ini. Sehingga sering digunakan sebagai acara tahunan dalam suatu daerah.

Sejarah Lari Marathon

Olahraga atletik ini, biasanya dalam suatu perlombaan, pelari atau atlet akan menempuh lintasan sejauh 42.195 kilometer. Lari marathon atau lari jarak jauh adalah perlombaan atletik yang pertama kali dilombakan dalam event olimpiade kuno, tepatnya pada tahun 490 SM. Untuk mempelajari lebih dalam lagi, mari kita mulai dengan mengetahui dan memahami sejarah lari marathon, berikut penjelasannya :

Legenda Yunani Sebagai Sejarah Lari Marathon

Banyak tinta sejarah yang sengaja dituliskan dengan berbagai imajinasi liar yang dibuat dengan tidak persis dengan kisah yang sebenarnya. Fakta yang sebenarnya, legenda dan kisah ini pertama kali hadir dalam naskah Mengenai Kejayaan Athena karya dari penulis Plutarkhos pada abad pertama SM, yang mencuplik dari karya tulis dari lembaran yang hilang yang merupakan karya dari Herakleides dari Pontos, yang disebutkan bahwa nama pelari Thersipos dari Erkhios atau Eukles.

Lukianos dari Samosata pada abad kedua M juga telah memberi kisah yang sama persis namun terdapat perbedaan dari nama pelari Athena yang bernama Philippides bukan Pheidippides. Pada beberapa copy naskah Herodotos dari Abad Pertengahan, orang yang telah berlari dari kota Athena menuju Sparta sebelum dimulainya pertempuran adalah Philippides dan dalam beberapa edisi modernnya nama ini lebih disukai karena lebih mudah dalam pengucapan nama.

Berdasarkan Herodotos, dahulu kala terdapat seorang pelari Athena bernama Pheidippides yang sengaja dikirim untuk berangkat ke  Athena menuju Sparta dengan berlari untuk meminta bantuan sebelum pertempuran dimulai. Dia berlari sejauh kurang lebih sekitar 225 kilometer atau 140 mil dan tiba di Sparta pada hari selanjutnya.

Lalu, selepas pertempuran, para pasukan Athena menempuh perjalanan sejauh kira-kira 40 kilometer atau 25 mil untuk kembali lagi menuju ke Athena dengan intensitas kecepatann tempuh yang tinggi. Mengapa hal tersebut dilakukan? Hal ini bertujuan untuk dapat menghalangi para armada Persia yang hendak berlayar pada sekitar Tanjung Sounion.

Sejarah Lari Marathon Kemudian tiba di Athena pada siang harinya, tepat waktu untuk membuat kapal-kapal Persia berbalik, mengurungkan niat untuk menuju ke Athena dan akhirnya menjauh dari Athena. Hal ini kemudian yang menjadi symbol kemenangan Athena, sekaligus melengkapi kesempurnaan kemenangan.

Masuknya Sejarah Lari Marathon di Olimipiade

Sejarah lari marathon dimulai dari pikiran untuk membuat gagasan perlombaan atletik marathon. Dilatar belakangi dari adanya usulan untuk mewujudkan diakannya event perlombaan olah raga modern.  Akan diadakan di Yunani. Para penggagas berkeinginan untuk mengangkat kembali peristiwa dan sejarah – sejarah besar Yunani. Untuk dijadikan sebuah nama event agar selalu diingat dan terkenang bahwa kerajaan kuno Yunani dahulu pernah berjaya.

Asal muasalnya adalah ide yang terpikirkan teebut terucap dari dari Michel Bréal yakni sebuah pelaksanaan event lomba lari marathon. Dia berkeinginan untuk adanya nomor pertandingan lari marathon yang disertakan di penyelenggaraan Olimpiade modern yang diadakan pertama kalinya di tahun 1896 di Yunani, Athena. Rencana yang telah dikemukakan tersebut ternyata sangat didukung penuh dan diamini oleh banyak pihak, terutama Pierre de Coubertin, penggagas Olimpiade modern Akhirnya tercipta pertandingan Sejarah marathon pertama kalinya.

Agar terasa keasliannya dengan sejarah perang kuno yang ada. Sistematika perlombaan dibuat semirip mungkin dengan jalur lari yang berawal dari Marathon menuju ke arah Athena. Sampai kepada keberhasilan acara yang di selenggarakan tersebut, maka nomor lari ini ditetapkan sebagai nomor wajib di ajang olimpiade.

Kemudian secara perlahan peraturan atau rule of the game mulai dikembangkan untuk meningkatkan mutu perlombaan. Sehingga salah satunya adalah peresmian dari ajrak tempuh lari 385 yard, atau 42,195 km. Namun hal tersebut ternyata masih fleksibel di berbagai daerah mengingat lokasi geografis lintasan yang berbeda di tiap Negara lainnya dengan kisaran ±25mil.

Seperti buah tangan, dengan ikutnya peserta dari negara – negara lainnya, maka kegiatan semacam ini diadopsi pula di daerah tempat mereka berada. Pelari asal Amerika Serikat yang berpartisipasi dalam nomor marathon di Olimpiade 1986 membawa “oleh-oleh” lomba Marathon ini ke negara asalnya. Mulai tahun 1897 mereka memulai menyelenggarakan perlombaan itu yang diberi nama Boston Marathon dan selalu diselenggarakan setiap tahunnya hingga saat ini. Tak heran kalau Boston Marathon menjadi lomba marathon paling bergengsi.

Peresmian Peraturan Lari Marathon

Jarak resmi yang disepakati oleh Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee, IOC) pada tahun 1907.  Adalah 25mil atau 40 km untuk penyelenggaraan Olimpiade 1908 di London. Namun nyatanya event ini di tetapkan oleh penyelenggara dan diputuskan untuk menggunakan rute sejauh 26mil. Dari Windsor Castle menuju White City Stadium, ditambah 1 putaran lapangan berukuran 586 yards 2 feet, agar garis finish bisa dengan tepat berada di depan tribun singgasana raja Inggris.

Pada akhirnya, Mei 1921, International Amateur Athletic Federation (IAAF) menetapkan 42,195 km sebagai jarak resmi. Jarak tersebut menjadi aturan lomba Marathon yang masih digunakan sebagai acuan hingga saat ini. Dengan panjang jaraknya yang masih dapat di toleransi. Dengan menambahkan maksimal 0,1% dari total jarak lintasan tersebut, yang berarti hanya sebesar 42 meter.

Walaupun berdasar sejarah lari marathon yang ada telah ditetapkan jarak yang khusus. Namun saat ini di berbagai acara lari marathon yang diadakan biasanya menyediakan empat jarak tempuh. Yaitu 5K dan 10K , dan tentunya jarak tersebut belum bisa disebut sebagai marathon. Hal ini mengingat partisipan yang bukan merupakan atlet khusus lari marathon sehingga dibuka untuk umum.

Sedangkan ada beberapa versi lain yatu dengan jarak 21K. Jarak yang semacam ini sudah dikategorikan sebagai marathon karena memiliki jarak setengah dari marathon, yakni 21 km. Dengan jarak 21K, banyak orang menyebutnya sebagai half-marathon. Sedangkan yang berjarak resmi sering disebut sebagai full marathon.

Sejarah lomba Marathon biasanya memanfaatkan jalur yang telah ada, misalnya bentangan jalan raya di dalam kota. Dengan begitu, walaupun jarak setiap marathon dengan sertifkiat IAAF itu sama-sama 42,195 km. Tentunya rute yang ada akan berbeda di setiap kota tergantung kepada kondisi kontur, ketinggian, elevasi, dan bahkan iklim. Tentunya unik di setiap daerah. Sebagaian pelari akan sangat antusias untuk me ngikuti event marathon diberbagai Negara dengan alasan mencari pengalaman baru.

Catatan Rekor Lari Marathon

Baca Juga Postingan Lainya Tentang

Sejarah lari marathon mencatat, rekor dunia yang pernah di pecahkan di ajang lari marathon berkisar di waktu 2 jam. Dengan torehan untuk pria selama 2 jam 3 menit dan 38 detik, sedangkan untuk wanita selama 2 jam 15 menit 25 detik. Pemecahan rekor semacam ini tentu dilakukan oleh atlet profesional. Sementara untuk pelari amatir biasanya akan lebih lama lagi.

Nah itu dia sobat sedikit penjelasan mengenain Sejarah Lari Marathon. Mudah mudahan menjadi pengetahuan dan wawasan kalian ya. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *