Senjata Tradisional Bali Beragam Model dan Jenis Jenisnya

Ada banyak peninggalan senjata tradisional Bali yang dipergunakan oleh para pendahulu kota Bali, yang hingga saat ini masih terjaga dengan baik keberadannya. Bali yang kini telah menjadi sebuah kota dengan destinasi wisata yang sangat menakjubkan di dunia, dahulunya juga memiliki sejarah perjuangan yang patut untuk kita pelajari bersama. Pada hakekatnya seluruh daerah yang ada di Indonesia ini,pernah merasakan perjuangan demi mempertahankan tanah yang dimilikinya salah satunya ialah Bali.

Bali dan berbagai kota lainnya yang ada di Indonesia memiliki sepak terjang yang berbeda-beda, menurut lokasi dan hal yang ingin dicari dari para penjajah terdahulu. Adapun peralatan yang dimiliki oleh masing-masing daerah ini menurut dari cara penjajah, menghancurkan orang yang ada di daerah. Dari situlah menemukan sebuah peralatan yang bisa menekan penjajahan di Indonesia, dan peralatan yang ada tersebut diabadikan ke dalam sebuah senjata tradisional, yang hingga kini masih terjaga secara baik sebagai instrumen sejarah.

Senjata Tradisional Bali

Model Senjata Tradisional Bali

  1. Blakas

Senjata tradisional Bali yang satu ini bentuknya secara dilihat langsung seperti golok, namun bidang mata pisaunya yang kecil dan tipis. Sehingga penggunaannya memang dilakukan untuk melukai. Misal dalam hal ini dipergunakan untuk berburu binatang buruan, maka akan sangat cocok menggunakan alat ini.  Panjang dari blakas ini sekitar 20 sampai 30 centi, sehingga memang panjang untuk ukuran sebuah pisau. Namun demikian kini alat ini laris pembeli untuk dipergunakan sebagai bahan koleksi.

Senjata Tradisional Bali Blakas

  1. Keris

Senjata tradisional Bali ini memang sudah tidak asing lagi di pengertian dan wawasan seluruh lapisan masyarakat. Memang setiap daerah yang pernah dimiliki oleh sebuah kerajaan, pastilah akan mengetahui dan memiliki keris ciri khas dari tempat tersebut. Sebenarnya keris ini menggambarkan tentang sejarah yang sedang terjadi pada masa lampau, yang tertuang pada tiap batang dari keris tersebut. Dan pada masing-masing motif dari keris ini, pastilah berbeda seiring masa kerajaan tertentu.

Keris yang dimiliki oleh Bali ini ada yang memang memiliki bentuk bergelombang, dan adapula yang berbentuk seperti golok. Arti dan makna dari setiap bentuk dari keris ini ialah, membedakan penggunaan yang dipergunakan untuk berperang, ataupun yang dipergunakan untuk melakukan energi spiritual. Dan hal inilah yang menjadi keunikan dari kekuatan keris ini sendiri.

Senjata Tradisional Bali Keris

  1. Tombak

Alat tradisional yang satu ini sebagai saksi bisu perjuangan para pahlawan bangsa, dalam memerdekakan kedaulatan Indonesia. Tombak ini memiliki panjang sekitar 2 sampai 3 meter. Pada mata tombak berbentuk lonjong panjang dengan mata pisau pada 2 sisi. Sehingga ketika tombak tersebut mengenai kulit, pastilah akan terkoyak dan dalam. Hingga saat ini keberadaan dari alat tradisional ini sangatlah banyak, karena dijadikan sebagai alat yang mampu meningkatkan wawasan dan kecintaan terhadap sejarah.

Senjata Tradisional Bali Tombak

Jenis Senjata Tradisional Bali

  1. Tiuk

Alat tradisional yang ada di Bali yaitu berupa pisau kecil dengan nama tiuk. Alat ini dahulunya dipergunakan untuk melakukan aktivitas berburu, ataupun melakukan bercocok tanam. Alat ini tergolong ringan dan bisa dikantongi karena memang bentuknya yang kecil. Namun walaupun kecil, memang alat ini bisa dijadikan salah satu alat penyelamat dan teman bepergian jauh. Dahulunya alat ini menggunakan gagang pisau dengan variasi yang unik, dan sesuai keinginan layaknya keris. Adapun saat ini yang menginginkan memiliki alat tradisional ini bisa pula memesan secara khusus.

Senjata Tradisional Bali Tiuk

  1. Caluk

Alat pertahanan yang satu ini memang memiliki keunikan tersendiri, yaitu bentuk dari alat tradisional yang satu ini. Bentuk dari alat ini memiliki 2 sisi yaitu berupa mata pisau seperti parang atau golok, yang mana fungsinya untuk menebang dan melakukan perlawanan ketika menghadapi musuh ataupun binatang liar. Kemudian pada tengah batang alat ini terdapat pegangan, yang mana bisa membolak balikkan mata pisau atas maupun bawah. Sehingga ketika mendesak, bisa memotong ataupun memukul mundur hal yang dianggap berbahaya. Pada bagian sisi satunya dari alat ini yaitu berupa tongkat untuk memukul.

Senjata Tradisional Bali Caluk

  1. Kandik

Senjata tradisional Bali yang satu ini yaitu memiliki bentuk seperti kapak. Yang mana kapak ini memiliki ukuran mata pisau yang besar, sehingga memang alat ini dipergunakan untuk memotong atau menebang pohon dengan ukuran yang besar. Adapun sejarah yang mencatat tentang penggunaan dari alat ini yaitu, sebagai alat peperangan dengan musuh yang lebih banyak. Maka menggunakan alat seperti ini akan lebih maksimal dalam menjatuhkan lawan-lawannya.

Saat ini kapak ataupun kandik menjadi salah satu alat yang bisa dipajang dirumah, sekadar hiasan semata. Karena memang saat ini penggunaan alat-alat seperti kapak ini hanya dilakukan oleh pekerja penebang kayu, dan sejenisnya. Dan dikarenakan pula, semakin menurunnya jumlah lahan pertanian ataupun tumbuh-tumbuhan.

Senjata-Tradisional-Bali-Kandik

Perkakas Tradisional Bali Lainya

  1. Taji

Bentuk dari senjata tradisional Bali ini yaitu seperti jalu ayam. Memang dahulunya alat dengan ukuran yang kecil-kecil itu sangatlah dibutuhkan, dikarenakan ketika menggunakan alat dengan ukuran yang besar maka tidak akan mungkin bisa, bahaya ketika menggunakan alat dengan ukuran yang besar maka akan ketahuan oleh lawan. Namun dengan menggunakan alat dengan ukuran yang kecil, maka akan mampu mengelabuhi lawan. Dan saat ini alat ini dipergunakan untuk mengadu ayam untuk menemukan mana sang pemenang.

Senjata Tradisional Bali Taji

  1. Penampad

Alat yang satu ini bentuknya seperti pisau, namun ukuran panjangnya seperti golok. Kebanyakan penggunaan saat ini hanya dipergunakan untuk memotong rumput. Memang dahulu penggunaan dari alat ini dipergunakan untuk memotong daging buruan. Ukuran yang kecil namun memanjang membuat alat yang satu ini bisa dipergunakan dengan tekanan yang ringan. ketika menggunakan alat ini pada tekanan yang besar maka akan bisa membuat penampad patah.

Senjata Tradisional Bali Penampad

  1. Arit

Senjata Tradisional Bali yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Dikarenakan alat ini memang terdapat pula di daerah yang kita tinggali. Pada hakekatnya seluruh barang ataupun senjata tradisional yang ada di Bali, maupun yang ada di tempat lain. Fungsi utamanya yaitu untuk mempertahankan keadaan, agar senantiasa selamat dari mara bahaya. Arit ini memiliki bentuk dan model yang berbeda-beda. Untuk arit di Bali, memiliki bentuk melengkung tajam. Sehingga setiap tebasan dari arit khas Bali ini pastilah sangat tajam untuk memotong sebuah objek benda.

Senjata Tradisional Bali Arit

  1. Wedhung

Senjata tradisional yang dimiliki oleh Bali yaitu berupa belati, ataupun pisau yang dengan ukuran yang kecil. Sehingga penyimpanannya pun bisa diletakkan pada dalam pakaian. Alat dengan ukuran kecil memang sudah banyak pula terdapat dan tidak hanya ada di Bali, tetapi hampir seluruh daerah memiliki benda ataupun senjata dengan ukuran yang kecil. Dengan mata pisau yang tajam serta tipis, maka ketika menebas sebuah objek akan langsung putus.

Senjata Tradisional Bali Wedhung

Baca Juga Konten Lainya Guys Mengenai :

Gimana sobat ku semuanya pendapat kalian mengenai pembahasan kita kali ini mudah mudah ada manfaatnya ya. Menambah wawasan dan pengetahuan tentunya. Ok sobat ku dicukup kan sekian uraian kali ini tentang Senjata Tradisional Bali. Oh iya sob kalian nanti bisa Request pembahasan apa saja yang kalian mau, nanti kalian bisa kirim ke kontak web ini. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *