Senjata Tradisional Jawa Barat Model dan Jenis Perkakas

Senjata tradisional Jawa Barat memang terkenal sangat banyak. Memang pada masa penjajahan dan pada masa peperangan dahulu kala, ada banyak hal yang dilakukan oleh para leluhur untuk mempertahankan tanah Jawa Barat, dengan berbagai daya dan upaya baik itu berupa mengembangkan sebuah senjata, dan peralatan perang maupun memunculkan hal baru untuk mampu menandingi kehebatan dari lawan. Senjata saat ini dengan senjata yang ada di masa lalu, pastilah berbeda dan sangatlah berbeda.

senjata tradisional jawa barat

Hal ini terjadi dikarenakan saat ini pengembangan akan teknologi yang semakin gencar dilakukan. Sehingga memiliki senjata yang paling mutakhir sangatlah diinginkan oleh setiap wilayah dan negara kesatuan. Namun demikian sejarah yang telah tertulis jelas ini, tidak sepatutnya untuk kita lupakanan. Jawa Barat menjadi saksi kunci perjuangan dalam memerdekakan negara Indonesia. Maka dari itu ada baiknya untuk kita mengetahui dan memahami tentang peralatan apa saja yang dipergunakan oleh orang terdahulu, hingga mampu memenangkan peperangan. Ok langsung saja sob saya akan bahas cukup rinci pembahasan kali ini, mudah mudah kalian bisa mengambil sedikit pengetahun tentang sejarah peninggalan nenek moyang salah satunya di tataran sunda.

Model Senjata Tradisional Jawa Barat

  1. Kujang

Senjata tradisional yang paling terdahulu ini memang telah menjadi sebuah senjata paling unik dan keren untuk dimiliki. Bentuknya yang variatif, tentunya membuat siapapun ingin memilikinya. Bentuk dari kujang ini membentuk lengkungan dan tidak lancip lurus layaknya pisau yang siap menerkam musuhnya. Namun dengan bentuk demikian, benda ini juga sangat tajam dan apabila dipergunakan untuk menghadapi musuh, maka akan bisa dengan mudah melukai lawannya dengan luka yang dalam.

senjata tradisional jawa barat Kujang

  1. Balincong

Senjata tradisional Jawa Barat ini fungsi utamanya yaitu untuk penggalian tanah ataupun pemecah batu. Bisa kita bayangkan pada masa itu tidak ada nya sebuah alat berat untuk melakukan hal seperti pemecah batu. Hingga menemukan sebuah alat atau senjata yang bisa dipergunakan untuk paling tidak, melakukan proses penggalian ataupun pemecah batu. Pada alat ini memiliki mata pisau 2 sisi, sehingga lebih tajam dan cepat dalam melakukan pemotongan sasaran.

senjata tradisional jawa barat Balincong

  1. Patik

Alat yang satu ini tidak lah asing di pandangan setiap orang, karena hingga kini penggunaannya masih sering dipergunakan. Karena memang penggunaan dalam beban berat masih sangat diperlukan menggunakan alat patik ini. Nama lain dari patik yaitu kapak, yang mana memiliki satu mata pisau yang tajam dengan sudut agak lebar, karena memang penggunaannya untuk menebang pohon dengan ukuran yang besar dan lebar. Sejak dahulu memang alat ini dipergunakan untuk melakukan hal-hal yang besar.

senjata tradisional jawa barat Patik

  1. Bedog

Senjata tradisional sunda berupa golok yang dinamakan bedog. Alat ini memang hingga saat ini dipergunakan secara terus menerus, dikarenakan dipergunakan sebagai sarana alat untuk berburu, berkebun, dan menjaga diri dari gangguan orang jahat di hutan ataupun perkebunan yang rawan akan bahaya. Pada perkembangannya, alat ini divariasikan dari sabuk yang ada sesuai dengan keinginan. Sehingga akan memberikan kesan menarik dan semakin hari permintaan akan golok ini semakin banyak.

senjata tradisional jawa barat Bedog

Jenis Senjata Tradisional Jawa Barat 

  1. Congkrang

Alat yang satu ini kini sudah mulai sulit untuk ditemukan. Bentuk menyerupai cangkul namun dengan ukuran yang kecil. Alat ini dahulunya dipergunakan untuk bercocok tanam, alat ini sangatlah mendukung untuk dipergunakan membersihkan kebun dan melakukan bercocok tanam. Kini alat ini sedikit mengalami perkembangan, karena akibat menurunnya pula intensitas pertanian saat ini. Namun demikian, alat-alat seperti ini masih saja dibutuhkan oleh sebagian petani dikarenakan memang, diperlukan dengan jenis pertanian khusus.

senjata tradisional jawa barat Congkrang

  1. Arit

Senjata tradisional Jawa Barat yang masih ramai dipergunakan ialah arit ini. Alat ini bentuknya seperti celurit dengan satu mata pisau pada sisi bagian dalam. Sehingga penggunaan seperti mencari rumput ataupun mencari tumbuhan atau ilalang pendek, maka ketika menggunakan arit ini akan langsung terpotong. Kemudahan dalam menggunakan alat ini pula yang memungkinkan, kini banyak yang menggunakan alat arit ini.

senjata tradisional jawa barat Arit

  1. Sulimat

Alat ini bisa ditemukan ketika mengetahui atau melihat proses pengkulitan buah kelapa. Alat ini tergolong langka, dikarenakan kini telah berkembang berbagai alat yang dipergunakan untuk menguliti kelapa. Namun demikian masih ada pula yang menggunakan alat tradisional ini, karena memang ketika menggunakan alat ini maka proses pengkulita kelapa bisa lebih cepat. Namun memang memerlukan tenaga manusia yang lebih banyak. Namun dari segi kecepatan akan lebih unggul menggunakan alat tradisional ini.

senjata tradisional jawa barat Sulimat

  1. Baliung

Sama halnya dengan kapak, alat ini memiliki mata pisau satu dengan ukuran yang besar. Sehingga ketika akan menebang sebuah pohon besar, akan mampu dilakukan dengan menggunakan alat seperti ini. Yang membedakan antara satu kapak dengan kapak yang lainnya yaitu berada pada bahan yang digunakan untuk menciptakan kapak tersebut. Ketika bahan yang dipergunakan ialah besi murni maka tidak akan bisa berkarat. Tetapi ketika menggunakan bahan besi tidak murni besi maka akan mudah terkena karat.

senjata tradisional jawa barat Baliung

Jenis Perkakas Tradisional Lainya

  1. Ani-Ani

Senjata Khas tradisional Jawa Baratini dipergunakan oleh para petani teh, bayam, kangkung, dan lain sebagainya. Alat ini tergolong langka saat ini, berbanding lurus dengan semakin menurunnya media pertanian. Apalagi sekarang telah banyak dikembangkan alat ini ke mesin otomatis, sehingga jarak tempuh dari alat ini akan semakin maksimal. Penggunaan dari alat ini cukup di masukkan ke jari tangan, dan meletakkan sasaran yang akan dipotong pada bagian atau depan mata ani-ani.

senjata tradisional jawa barat Ani-Ani

Namun patut diketahui jika alat ini meskipun kecil,  tetapi ketajaman dari alat ini sangatlah patut diwaspadai. Alat yang satu ini mampu memotong batang pohon dengan diamete 1,5 cm sehingga memang sangat tajamnya mata pisau alat ini.

  1. Gacok

Alat ini  sering dipergunakan oleh para petani untuk mencari padi ataupun tumbuhan di hutan.  Bentuknya yang melengkung dengan ujung yang tajam, sehingga akan mampu mendapatkan dan meraih sasaran yang ingin didapatkan. Salah satunya berupa padi tersebut. Memang penggunaan dari alat ini bisa bermacam-macam, namun memang kebanyakan pengguna dari alat ini berasal dari kalangan petani.

senjata tradisional jawa barat Gacok

  1. Bajra

Untuk saat perkakas ini sudah tidak ada dan bahkan hanya ada di museum saja. Bentuk dari alat ini memang pendek seperti belati, namun memang memiliki dua sisi sebagai sarana atau alat untuk melakukan perlawanan terhadap orang, ataupun hal-hal yang mampu mengganggu keselamatan kita. Bajra ini memiliki bentuk yang pendek, namun mata pisau yang tajam. Sehingga ketika kulit terkena ataupun tergores oleh bajra ini, maka akan membuat kulit tersebut sobek.

senjata tradisional jawa barat Bajra

  1. Gada

Senjata tradisional ini memiliki fungsi yang mendalam, yaitu berupa melakukan pemukulan. Memang alat ini tergolong alat yang aman untuk disimpan, dikarenakan bentuknya yang kecil. Sehingga ketika mengalami permasalahan ataupun kondisi mendesak, alat ini mampu dilakukan sebagai alat untuk memukul misalkan binatang liar, dan lain sebagainya. Keberadaan dari alat ini memang hanya tinggal cerita saja, namun demikian masih patut untuk diketahui sebagai wawasan.

senjata tradisional jawa barat Gada

Baca Juga Postingan Lainya Sob Tentang :

Memang negara kita tercinta ini penuh dengan keaneka ragaman budaya, bahasa, ciri khas dan masih banyak lainya. Karena itu kita sebagai orang indonesia khususnya yang di Jawa Barat untuk selalu menjaga budaya dan adat istiadat yang baik baik saja. Dengan kita melestarikan untuk sesuatu yang menunjang kepada budaya kita dari nenek moyang, seperti Alat tradisional, perkakas, barang peninggalan sejarah, situs kuno dan yang sedang kita bahas Senjata Tradisional Jawa Barat. Dengan melestarikan hal tersebut kita bisa mewariskanya untuk generasi kita selanjutnya, baik itu pengetahuan maupun sebuah benda. Sekian dan Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *