Senjata Tradisional

Senjata merupakan salah satu alat yang diciptakan untuk berperang serta untuk pertahanan diri. Indonesia sendiri terdiri beragam suku bangsa serta budaya yang tersebar di berbagai pulau. Sehingga tidak heran manakala memiliki beragam senjata tradisional Indonesia. Keberadaan senjata tersebut menjadi nilai sejarah budaya nusantara, yg dimana pada zaman itu mengartikan kemajuan masyarakat pada abad itu.

Senjata Tradisional

Dari sejarahnya yang saya ketahui bahwa senjata itu dulunya merupakan alat untuk berburu, namun seiring perkembangan zaman fungsi fungsinya berbeda. Tidak lepas dari peran senjata mau dipakai untuk yang baik baik atau tindakan yang tidak baik, namun peranan senjata itu cukup penting di dalam kehidupan budaya indonesia.

Senjata tersebut tentu masing-masing dijabat tersebut dengan keunikannya masing-masing. Sebagai orang Indonesia, sebaiknya kita harus lebih jauh mengenal senjata khas dari daerah Indonesia berikut ini.

Senjata Tradisionaldari Berbagai Wilayah di Indonesia

  1. Klewang, senjata khas Sumatera Selatan

Senjata ini berupa pedang bermata satu yang panjang. Klewang merupakan senjata yang berada di antara golok dan kampilan. Dikarenakan Indonesia terdiri dari berbagai macam budaya maka Klewang semakin bervariasi. Secara umum Klewang ini memiliki panjang sekitar 38 hingga 76 cm. Selain itu terdapat juga Klewang yang di bagian ujungnya dibuat lurus serta agak sedikit melengkung.

Klewang pada zaman dahulu digunakan ketika Perang Aceh. Senjata ini saat efektif manakah digunakan untuk pertarungan jarak dekat. Oleh pasukan Belanda, klewang ini ternyata cukup ditakuti. Masyarakat Sumatera Selatan pada zaman dahulu membawa senjata satu ini untuk berjaga-jaga manakala diserang.

  1. Senjata Tradisional Kurambiak Senjata Khas Minangkabau

Senjata Tradisional Kurambiak

Apakah kalian pernah menonton film Indonesia dengan judul The Raid? Pasti kalian pernah melihat jenis senjata satu ini. Senjata ini memiliki bentuk yang kecil, yaitu Kerambit. Awalnya tidak banyak orang yang sadar jika senjata kecil ini ternyata merupakan senjata asli khas Indonesia. Dan itu juga merupakan senjata asli yang dipercaya berasal dari suku Minangkabau.

Saat ini, senjata ini penyebarannya sudah sampai ke Malaysia, Filipina serta beberapa negara di Eropa. Senjata ini memiliki bentuk yang mirip dengan cakar dari macan. Oleh masyarakat Minangkabau, senjata tradisionalsatu ini kerap dimanfaatkan untuk mencabut akar dan menanak nasi.

Dikarenakan memiliki bentuk yang kecil dan melengkung senjata ini maka dijadikan cetak bela diri yang membuat luka potong yang cukup serius.

  1. Belati dari Papua

Senjata Tradisional Belati Papua

Belati merupakan salah satu senjata khas yang berasal dari Papua. Berbeda dengan pisau pada umumnya yang menggunakan bahan logam, orang Papua menciptakan setan pisau belati menggunakan bahan dasar tulang. Adapun tulang yang digunakan sebagai bahan pembuat belati diantaranya tulang kaki aswari yang memang banyak ditemukan di Papua.

Pisau belati ini hampir sama dengan busur dan panah yang menjadi salah satu senjata khas dari masyarakat Papua itu sendiri. Baik dari zaman dahulu hingga sekarang. Untuk busurnya menggunakan bahan dari bambu atau pohon.

Bagian  tali busurnya menggunakan bahan rotan. Dan untuk panah orang Papua menggunakan bahan bambu, kayu, atau tulang kangguru. Pisau belati ini juga digunakan untuk berburu hewan atau untuk perang.

  1. Senjata Tradisional Rencong Senjata yang Berasal dari Aceh

Senjata Tradisional Rencong Aceh

Setelah kita membahas senjata tradisionaldari ujung timur Indonesia. Kini saatnya kita beralih ke ujung barat Indonesia. Berpindah ke Provinsi Aceh, ternyata Aceh memiliki senjata khas tradisional yang dapat dikatakan mirip dengan pisau. Senjata  tersebut memiliki nama Rencong.

Rencong yaitu senjata tajam panjang yang mirip dengan pisau. Jenis senjata daerah satu ini memiliki sejarah yang kuat di tanah Aceh serta telah menjadi salah satu simbol Pria Aceh di masa lalu.

Pada zaman penjajahan, orang-orang di Aceh, akan menggunakan senjata Rencong ini untuk berperang serta mengusir lawan. Hingga saat ini, Rencong masih digunakan sebagai senjata untuk bela diri. Banyak komunitas atau suku yang ada di Aceh, yang menganggap Rencong sebagai senjata pusaka. Bahkan ada di antaranya ada yang menganggapnya sebagai jimat.

  1. Senjata Tradisional Parang dari Maluku

Senjata Tradisional Parang Maluku

senjata tradisional ini Pada zaman penjajahan Belanda, masyarakat  Maluku memanfaatkan satu senjata yang digunakan untuk berperang melawan penjajah. Senjata tersebut dengan nama Parang Salawaki. Sebut saja nama singkatnya parang. Manakala dibandingkan dengan pisau, senjata khas satu ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Di Maluku terdapat salah satu Sosok Pahlawan sejarah yang memiliki jasa sangat besar dalam berperang. Yaitu Kapitan Pattimura. Pattimura ini ternyata menggunakan senjata satu ini sebagai senjata untuk melawan pasukan Belanda.

  1. Senjata Tradisional Celurit dari Madura

Senjata Tradisional Celurit Madura

Madura memiliki senjata khas yang sangat terkenal. Celurit namanya. Di beberapa berita, senjata ini muncul dikarenakan sering digunakan sebagai salah satu alat kekerasan. Bentuknya mirip dengan bulan sabit. Membuat senjata ini diberi nama Sabit atau Celurit.

Pada dasarnya, senjata yang berasal dari Madura ini merupakan alat yang digunakan untuk memotong rumput yang diberikan kepada sapi. Hingga sekarang senjata satu ini lebih sering digunakan sebagai alat kriminal. Meskipun asal dari Madura, ternyata persebaran senjata satu ini sudah sangat luas. Bahkan  sudah sampai ke pulau Jawa.

  1. Senjata Tradisional Kujang Berasal dari Sunda

kujang-jawa-barat

Orang-orang di zaman sekarang mungkin lebih mengenal senjata satu ini dengan nama bedok. Pada zaman dahulu, kita satu ini lebih dikenal dengan sebutan Kujang. Adalah senjata tradisionalorang Sunda. Berbeda dengan golok, golok merupakan senjata khas orang Betawi.

Kujang ini memiliki bentuk yang cukup unik. Selain itu,  ternyata ditemukan dan digunakan oleh orang-orang yang ada di Jawa Barat. Oleh masyarakat Jawa Barat, senjata satu ini lebih sering digunakan bagi mereka yang berprofesi sebagai petani. Senjata satu ini lebih sering dibawa dan memang lebih praktis.

  1. Pedang Jenawi dari Riau

Senjata Tradisional Pedang Jenawi Riau

Jenis senjata tradisional selanjutnya ini berasal dari Riau. Ternyata Riau  juga memiliki senjata yang disebut dengan nama pedang jenawi. Senjata satu ini biasanya digunakan oleh panglima perang sebagai senjata.

Pedang ini memiliki bentuk lurus panjang serta terdapat benjolan kecil pada bagian ujung pegangannya. Pedang ini mencapai panjang kurang lebih satu meter. Senjata lain bernama kelewang yang digunakan prajurit tempo dulu.

  1. Karih dari Sumatera Barat

Senjata Tradisional Karih dari Sumatera Barat

Sumatera Barat ternyata memiliki senjatakhas yang disebut dengan nama karih. Senjata ini memiliki bentuk mirip dengan garis atau pedati dengan ukiran indah di bagian gagang serta sarung. Keris ini diletakkan pada bagian depan. Fungsi lain yang bisa digunakan yaitu sebagai tombak, landing, serta golok. Senjata ini biasanya digunakan oleh raja Minangkabau untuk menjaga dirinya.

  1. Sulimat dari Jawa Barat

Senjata Tradisional Sulimat Sunda

Masyarakat Sunda merupakan masyarakat yang gemar menyobek kulit kelapa. Untuk membantu mengelupasnya, maka di Sunda terdapat senjata senjata tradisional Khas yang bernama Sulimat. Sulimat ini memiliki bentuk seperti sebilah pisau yang pada bagian ujungnya runcing serta ujung yang berlawanan.

Untuk menggunakannya, sebuah kelapa tersebut ditancapkan ke pisau yang memiliki bentuk runcing tersebut. Setelah itu, kemudian masuk di dorong ke bagaian arah lainnya hingga kulit kelapanya menjadi sobek. Hingga sekarang senjata ini masih banyak digunakan oleh masyarakat Jawa Barat.

Beberapa Fungsi Senjata Tradisional

  1. Lambang atau simbol misalnya untuk logo pemerintah atau organisasi.

senjata tradisional Kita tahu  dan melihatnya sendiri bahwa banyak sekali senjata yang dijadikan simbol, ciri khas dan logo dari suatu lembaga baik pemerintahan maupun non pemerintah. Contohnya adalah Kujang dari Jawa Barat yang dijadikan logo pemerintah dan di ikuti oleh kota / daerah di provinsi tersebut.  Bahkan nieh sob lambang negara atau logo ada juga loe yang digunakan yaitu kerajaan Arab Saudi terletak pada bendera nasional mereka.

Logo Prov Jawa Barat

2. Senjata Tradisional Digunakan sebagai alat pertanian.

iya sob kalo anda pernah tinggal di kampung/pedesaan pernah kali melihat orang atau petani memakai  senjata untuk melakukan pekerjaan mereka. Contoh senjata tradisional parang ( Cerulit ) itu biasanya dipakai untuk menebas rumput rumput liar dengan cara tradisional, sangat effektif dan cepat. Golok juga sering tuh dipakai petani. Senjata utama petani dari dulu ya Cangkul sob itu merupakan alat utama dalam pertanian cocok tanaman.

Cangkul senjata Tradisional

3. Senjata tradisional Digunakan sebagai hiasan atau pajangan.

Istilahnya adalah benda pusaka, senjata tradisional yang memiliki nilai sejarah tinggi pasti cocok untuk di pajang. Bagi orang yang hobi / Kolektor barang barang antik pasti sangat suka memajangkan senjata dijadikan sebagai hiasan. Dari segi design ruangan mungkin akan menambah gaya classic dan elegan. Tapi ingat ya sob meskipun itu senjata pusaka jangan sampai di keramatkan bahkan disembah sembah.

Hiasan Senjata Tradisional

4. senjata tradisional ketika perang.

yaps ini sih udah lumrah sekali, sangat mainstream sekali. Dari zaman dahulu kala hingga sekarang ini masih berlaku sekali. Orang orang terdahulu memakai pedang untuk berperang melawan musuh musuh mereka. di zaman sekarang meskipun senjata perang sudah canggih tapi tetap saja pedang dan pisau selalu dipakai dalam peperangan. Amit amit ya sob mudah mudahan kita terhindar dari peperangan.

Senjata Perang

5. senjata tradisional Digunakan untuk melindungi diri.

Sengaja atau tidak disengaja kita membawa senjata untuk melindungi diri kita dari tindak kriminal kejahatan. Yaps mungkin itu di negara / daerah yang tidak aman kali ya sob, di Negara kitamah aman aman saja meskipun ada beberapa kejadian yang tidak terduga. Contohnya adalah Polisi dan tentara mereka sengaja sob membawa senjata untuk melindungi diri dan keperluan lainya jika ada kondisi yang memaksa mereka menggunakan itu.

Jangan Lupa Sobaca Juga Postingan Lainya Tentang :

Yaps sobs mungkin itu saja pembahasan kita kali ini mengenai Senjata Tradisional mudah mudahan bermanfaat dan dijadikan referensi sobat. Jika ada salah kata / Informasi mohon kritik ya. Kalian bisa kasih masukan ke kontak web ini. Terimakasih.