Ukuran Bola Voli Standar Terbaru Nasional & Internasional

Ukuran bola voli sejatinya mengikuti standarisasi secara asosiasi perkumpulan olah raga cabang voli ini. Bola voli bukanlah sekadar permainan untuk memantulkan bola semata. Namun yang perlu diketahui yaitu berupa, bagaimana caranya untuk bisa menyerang dan bertahan menggunakan konsep, agar bisa menjaga wilayah lapangan untuk tidak kemasukan bola dari lawan.

Ukuran bola pada hakekatnya tidak lah memiliki ciri khusus ketika dipergunakan untuk anak-anak, ataupun remaja, dan dewasa. Berbeda halnya ketika melihat tentang bola basket yang memiliki ukuran khusus pada masing-masing umurnya. Namun demikian, memang dikarenakan ukuran dari bola voli yang tidak terlalu besar, sehingga bisa dipergunakan oleh seluruh umur.

Ukuran bola voli

JenisUkuran Bola Voli

  1. Berat Bola Voli

Ukuran bola voli yang memiliki keseimbangan yang baik dan kualitas terbaik, maka akan memiliki berat berkisar antara 260 gram – 280 gram. Berat bola ini memang telah menjadi standar dari bola voli seluruh dunia. Sehingga apabila menemui bola voli dengan berat di atas itu ataupun di bawahnya, maka dapat dinyatakan jika ada permasalahan pada bola voli tersebut.

Berat pada bola voli ini menjadi penting dikarenakan akan mempengaruhi tentang laju dari bola tersebut. Sehingga ketika bola mampu mendapatkan berat yang ideal, pastilah ketika dilakukan sebuah tepukan pada bola, maka bola tersebut akan mampu melaju dengan cepat. Berbeda halnya dengan bola dengan berat yang tidak standar, pastilah laju bola tidak beraturan.

Sebegitu dampaknya sebuah berat yang dimiliki oleh sebuah bola voli. Ketika kualitas bola baik, maka ketika dilakukan tepukan sedikit saja, pastilah akan menjadikan bola tersebut bergerak cepat dan kencang menghujam. Namun ketika bola dengan berat yang tidak sesuai, maka laju bola voli pun tentunya tidak akan mampu akurat ketika dilakukan tepukan pada permukaan bola tersebut.

Meskipun pemain yang melakukan pukulan pada permukaan bola dengan cara yang keras. Belum menjamin bola akan masuk ke wilayah lawan. Namun akan pasti ketika bola dipukul pada wilayah permainan voli dengan kondisi bola voli yang standar, pastilah laju bola akan sangat kencang dan akurat.

  1. Keliling Bola Voli

Ukuran bola voli dengan keliling 65 cm sampai 67 cm menjadi panjang bola voli yang standar. Dampak yang akan didapatkan ketika keliling dari bola voli ini tidak standar yaitu, tentunya akan menjadikan permukaan dari bola tersebut terganggu. Tidak hanya itu saja, ketika penggunaan bola ini berlangsung dan dengan keadaan panjang bola voli sedemikian, maka akan mengganggu.

Ukuran Bola Voli Berikutnya

Ukuran standar yang telah dijelaskan sebagai salah satu aturan dan peraturan penting yang wajib untuk dipatuhi. Karena memang ketika bola voli ini melebihi dari batas maksimalnya, tentunya akan mengganggu pertama tentang laju dari bola voli itu sendiri. Ketika bola tersebut mampu melaju secara baik, namun pastinya akan lama untuk bisa merespon setiap pukulan kepada bola.

Bola dengan kualitas baik ini nantinya akan menghasilkan sebuah kecepatan dari bola tersebut, yang akan sangat sulit untuk bisa dibendung oleh tim lawan. Namun ketika bola tersebut tidak memiliki keliling bola yang sesuai dengan semestinya, maka akan memperlambat laju bola dan akan sulit untuk bisa memasukkannya ke wilayah bidang lawan.

  1. Diameter Bola Voli

Ukuran bola voli standar memiliki diameter sepanjang  18 – 20 cm. Diameter menjadi hal penting juga dikarenakan, ketika bola melaju pada sebuah bidang atau lantai, maka perputaran bola dengan diameter yang baik akan mampu memutar secara sempurna. Tetapi ketika bola dengan diameter yang tidak sempurna, maka pastilah laju bola tidak akan mampu lurus ataupun sesuai keinginan.

Dengan diameter antara 18 cm ini, menandakan jika diharapkan dalam memainkan permainan bola voli ini akan tercipta keakurasian pada sebuah permainan bola voli. Sehingga dampaknya yaitu permainan akan berjalan secara lancar, dan sesuai dengan strategi yang ada. Banyak kekalahan tercipta dikarenakan laju bola yang tidak presisi, sehingga laju bola tidak beraturan.

Maka dari situlah menggunakan standar dari sebuah permainan bola voli. Ini dibutuhkan agar senantiasa mampu mendapatkan permainan bola voli yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah yang berlaku. Ketika dari segi permainan dan instrumen yang ada telah sesuai standar, maka pastilah permainan dan  hasil yang akan diperoleh pun akan bisa menyenangkan dan memuaskan hati.

Tekanan dan Lapisan Bola

  1. Tekanan Udara Bola Voli

Tekanan udara menjadi hal penting pula dalam memainkan sebuah permainan bola voli. Dengan tekanan udara yang baik, maka kecepatan dari bola voli tersebut akan mampu terjaga secara baik. Penjagaan tekanan udara di dalam bola voli yaitu 294,3 mbar. Ketika bola voli tersebut mampu memiliki stabil angka tekanan udara, maka pastilah jangan khawatir tentang laju dari bola voli.

Saat ini sudah sangat banyak sekali alat yang mampu menjaga tekanan udara pada bola tidak cepat menurun. Hingga jika saat ini masih ada bola voli yang tidak standar, maka sangat disayangkan. Kerugian ketika menggunakan bola voli dengan tekanan yang tidak jelas ialah, akan mampu mengurangi laju kecepatan dari bola tersebut dan merubah arah laju dari bola.

Maka begitu pentingnya penjagaan dan pengkondisian dari bola voli, agar senantiasa tetap terjaga tekanan udara pada bola voli. Banyak kasus yang terjadi ini ialah bobot dari bola voli yang ketika dilakukan smash, tidaklah mampu menyusur ke wilayah lawan secara tepat dan akurat. Bisa dikarenakan dari permasalahan ini, sehingga dampaknya ialah menurunnya laju keakurasian bola.

  1. Lapisan Bola Voli

Ada klasifikasi dari bola voli yaitu berupa bahan yang dipergunakan pada permukaan dari bola tersebut. Pada umumnya, standar dari penggunaan bahan dari bola ini ialah sama. Namun dari sekian banyak brand atau merek bola voli, patutlah kita untuk memahami tentang kualitas sisi positif dan negatif dari bola voli tersebut.

Bahan yang paling laris dipergunakan pada acara pertandingan ataupun event tertentu yaitu, berupa bahan karet lembut. Sehingga dari segi keawetan dan tidak mengalami pelapukan pada bola voli tersebut. Akan sangat mungkin bola voli yang dengan kualitas yang tidak baik, akan mempercepat proses penurunan daya pakai dari bola voli tersebut. Oleh sebab itu, perlulah perhatian khusus untuk Ukuran Bola Voli .

Penutup

Ada banyak bahan berkualitas tinggi pada sebuah bola voli. Namun cukup dengan melihat pula history ataupun dari pemakaian secara akumulasi. Maka akan mampu menentukan bola voli brand apa yang cocok dan layak untuk digunakan. Sehingga mampu menghadirkan sebuah permainan yang berkualitas, dan mampu menghibur bagi siapapun yang menyaksikannya.

Baca Juga Konten Lainya tentang :

Sejatinya sebuah permainan haruslah menghibur, karena dari sinilah maka akan mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi orang yang menyaksikannya. Akan sangat disayangkan ketika melakukan permainan bola voli namun mendapati hasil dan proses permainan yang kurang sesuai. Oleh karena itu, saling mengingatkan dan saling memberikan informasi terkati bola voli adalah keharusan.

Terimaksih sob sudah mampir dan membaca postingan kali ini tentang Ukuran bola voli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *