Ukuran Lapangan Bola Voli Standar ( Detail sketsa & Video )

Ukuran Lapangan Bola Voli - Olahraga voli sangat familiar banget di indonesia. Masyarakat kita sering sekali bermain voli baik itu kegiatan sehari hari maupun pertandingan resmi. Sejak sekolah dasar selalu menjadi salah satu murid murid karena teknik dasar nya cukup mudah dipraktekan. Banyak sekali manfaat yang didapat selain untuk kesehatan juga bisa meningkatkan kerjasama tim lewat komunikasi yang baik.

ukuran lapangan bola voli

Ukuran Lapangan Bola Voli Standar

  1. Lebar lapangan totalnya 9 meter persegi
  2. Panjang lapangan totalnya 18 meter persegi
  3. Garis serang lapangan ukuranya 3 meter persegi
  4. Total luas lapangan 18m x 9 m yaitu 162 meter persegi
  5. Untuk garis lapangan boli 5 cm
  6. Servis area lapangan ukuranya 3 meter

Penjelasan Detail Ukuran Lapangan Bola Voli

Sobat bisa liat Video dibawah ini untuk melihat tatacara awal mengukur pembuatan lapangan

Sebelum kita membuat lapangan bola voli baik itu permanent maupun semi permanent tentu yang harus kita butuhkan adalah sebidang tanah dengan ukuruan lebih dari 18 meter persegi panjang. Untuk lebih sederhanan kita harus menyiapkan berupa tali dan meteran untuk membentuk sebuah lapangan voli yang sesuai dengan ukuran di atas tadi.

Adapaun lapangan yang ingin kita buat tergantung pada kita, apakah lapangannya profesional atau hanya untuk sekedar membentuk ukuranya saja. Kalo di kampung saya itu lapangan cukup tanah saja dasarnya tidak di tembok, dan garis lapangan hanya di cat biasa saja. Nah untuk bagi sobat atau ingin membuat lapangan nya untuk sarana olahraga lain lagi, kita perlu bahan bahan tambahan, seperti pasir, semen dan bahan bangunan lainya.

Anak SMA pun bisa loe membuat lapangan voli karena sangat mudah sekali, kita hanya perlu mengetahui ukuran yang benar nya saja. Lapangan bola voli luar negeri, dalam negeri dan di kampung ukuranya sama aja namun yang membedakanya adalah bahan bahanya saja. Warna garis dan ornamen lainya itu tergantu pada kreatifitas kita mau di buat seperti apa jadi tidak tergantung pada 1 patokan saja.

Baca Juga :

Ukuran net dalam lapangan voli

  • Panjang net bola voli 9 meter
  • Tinggi net untuk wanita 2,24 meter
  • Tinggi net untuk pria 2,43
  • Lebar net sekitar 1 meter
  • Tinggi tiangnya 2,55 meter
  • Tinggi antenanya 80 cm
  • Jarak garis tepi dan net sekitar 0,5 - 1 meter
  • Ukuran jala net/ jaring net yang berbentuk persegi itu 5 cm
  • Pita tepian samping ukuranya 5 cm
  • Pita tepian atas 5 cm

Perlu kalian perhatikan setiap detail ukuranya karena ini akan sangat berpengaruh sekali akan jalanya pertandingan. Mungkin kita pemain amatiran tidak akan berasa sekali bahkan tidak ada perbedaan. Berbeda sekali jika ada sesuatu yang sala dengan ukuran ukuran diatas pasti akan terasa oleh pemain profesional yang memang setiap hari nya berada dilapangan.

Kalau pembuat lapangan berada di kampung diatas tanah merah ya salah salah sedikit saja mungkin gak akan ngaruh. Namanya saja untuk mengisi kegiatan olahraga biasa saja. Aktifitas bola voli di daerah kamu mungkin hanya sekedar hiburan saja, jadi wajar saja ada banyak sedikitnya miss dalam ukuran.

Kesimpulanya adalah dalam membuat lapangan voli itu harus tahu ukuran standar lapanganya. Jika kita sudah mengetahui akan sangat gampang sekali bikinya. Biasanya dilakukan lebih dari 5 orang agar cepat selesai pengerjaanya.

Olahraga voli di indonesia sudah maju sekali dibandingkan dengan zaman dahulu, baik itu dari segi prestasi maupun infrastruktutnya. Saya kira di tiap kota pasti ada lokasi khusus yang disediakan untuk bola voli.

Penemu Olahraga Bola Voli

Pertama kali yang memplopori dan menciptakan permainan olahraga voli ini adalah william G. Morgan. Dia adalah seorang instruktur olahraga jasmani bisa dibilang pendidik khusu di bidang olahraga dan jabatanya adalah Director of Phycal Educatiaon di YMCA. Lahir pada tahun 1870 dan wafar 1942.

9 Februari dia akhirnya menemukan jenis olahraga ini tepatnya tahun 1895 di amerika serikat. Sebelumnya nya adalah Mintonette dan akhirnya diganti jadi voli. Mungkin inspirasinya adalah pas dia ketemu sama pencipat basket yang namanya james naismith kemudian di berfikir untuk menemukan olahraga lainya yang menggunakan tangan.
hingga tersebarlah olahraga ini ke seluruh dunia.

Bagi sobat yang ingin mempelajari olahraga ini kalian harus tahu dulu aturan aturan yang ada. Contohnya adalah mengetahui ukuran ukuran lapangan voli sebagai pengetahuan dan pengenalan awal. Kelengkapan informasi yang sobat terima akan menjadi bekal nantinya terhadap taktik dan strategi saat bermain.

Voli ball menggunakan tangan cara mainya tapi bukan hanya asala tepak saja, ada teknik teknik yang sobat kuasai agar pantulan bola tersebut susah diterima lawan. Apakah sobat berminat menjadi atlet profesional?. Mudah mudahan ada ya, karena karir kedepanya saya kira akan cerah sekali.

Belajar bermain voli serius, terutama kemampuan teknik yang benar, komunikasi dan kerjasama tim. Satu lagi sobat jangan takut sama bola karena kalau kalian takut mustahil akan bisa menguasai teknik. Fisik dalam permaianan ini sangar menguras tenaga sekali karena kita harus bergerak cepat dan mampu memprediksi datangnya bola. Fokus adalah kunci utama setelah kalian menguasai teknik dasa lainya.

Ok sob cukup sekian saja pembahasan kali ini tentang Ukuran Lapangan Bola Voli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *